Hand Sanitizer Food Grade yang Aman untuk Bayi dan Anak, Mama's Choice Baby Moisturizing Hand Gel

Sebentar lagi anak kedua saya mau MPASI nih! Saya excited banget memilah perlengkapan masak yang uda ada, perlengkapan makan (untung dikadoin kemarin hihihi) dan juga tak lupa juga menyiapkan hand sanitizer food grade yang aman untuk bayi dan anak.

Sebenarnya hand sanitizer ini bukanlah produk yang baru saya coba, saat ini saya sudah menggunakan botol ketiga. Soalnya sejak beberapa bulan lalu sejak anak kedua saya fase oral dan juga untuk kakaknya, saya sudah mencoba produk hand gel dari Mama’s Choice yang bisa dipergunakan juga sebagai hand sanitizer ini.

Namanya adalah Mama’s Choice Baby Moisturizing Hand Gel.

handsanitizer aman

Hand sanitizer ini mungil tapi manfaatnya gede banget menurut saya, di masa balita ini. Terutama saat fase oral dan fase MPASI tadi ya untuk menjaga kebersihan tangan. Soalnya, anak dan bayi akan sering banget memasukkan tangannya ke dalam mulut kan. Sementara kita juga tidak selalu bisa tiap lima menit sekali cuciin tangan mereka.

Nah, yang mau saya highlight di artikel ini adalah tentang hand sanitizer yang sifatnya food grade.

Apa itu Hand Sanitizer Food Grade?

Hand sanitizer adalah produk yang digunakan untuk membersihkan tangan dari kuman, sebagai alternatif apabila kesulitan/ tidak memungkinkan untuk mencuci tangan dengan sabun.

Semantara untuk label food grade, suatu produk dikatakan food grade, apabila produk tersebut tidak mentransfer bahan-bahan toxic (berbahaya/ beracun) ketika berinteraksi dengan makanan/ minuman/ peralatan lainnya.

Menurut saya, hand sanitizer penting memiliki kriteria food grade ini apabila penggunaannya sangat erat sebelum makan, atau digunakan pada tangan yang sering diemut seperti tangan anak.

Gitu si kalau pemahaman saya ya, cmiiw.

Related Post: Handsanitizer yang Aman bagi Balita

mama's choice moisturizing hand gel

Ingredients Mama’s Choice Baby Moisturizing Hand Gel

Nah, kalau di Mama’s Choice Baby Moisturizing Hand Gel, bahan aktif yang digunakan untuk membunuh kuman adalah Benzalkonium Chlorida. Bahan ini dinyatakan oleh FDA (Food and Drugs Administration)-nya Amerika Serikat sebagai bahan yang aman untuk digunakan dalam hand sanitizer sekaligus juga efektif membunuh kuman. Lihat lebih lengkap panduannya di sini.

Selain Benzalkonium Chloride, bahan lain seperti ethyl alcohol dan isopropyl alcohol juga dinyatakan oleh FDA efektif sebagai hand sanitizer. WHO juga menganjurkan penggunaan alcohol based hand sanitizer dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Namun, memang hand sanitizer berbasis alkohol ini sifatnya lebih bikin kulit kering ya.

Jadi kami menggunakan dua jenis hand sanitizer ini sekaligus. Yang alcohol based digunakan suami yang beraktivitas di luar rumah. Semantara Baby Moisturizing Hand Gel dari Mama’s Choice mostly saya, bayi saya dan anak saya gunakan ketika berada di dalam rumah. Karena kami kan #dirumahaja.

Bahan lain selain Benzalkonium Chlorida yang terdapat dalam hand sanitizer ini adalah:

  • Bahan yang fungsinya melembabkan kulit seperti Glycerin, Aloe Vera, Centella Asiatica. Sesuai namanya kan ya Moisturizing Hand Gel, jadi jangan heran kalau ada beberapa moisturizing agent dalam produk ini….
  • Lemon oil sebagai fragrance alami tidak menggunakan artificial fragrance,
  • Bahan-bahan lain sebagai mana tercantum dalam kemasan sbb:
bahan alami mama's choice

Review Penggunaan Hand Sanitizer Food Grade dari Mama’s Choice

Seain dari kelebihannya yang food grade tadi, yang saya rasakan saat menggunakan Mama’s Choice Baby Moisturizing Hand Gel ini adalah:

  • tidak membuat kulit menjadi kering,
  • kalau digunakan setelah cuci tangan pakai sabun, hand gel ini terasa melembabkan banget (kulit saya kering, FYI),
  • tekstur produknya kental, sehingga tidak kawatir tumpah,
  • walaupun tekstur produk berupa gel kental, namun produknya cepat menyerap karena seperti meleleh saat diulas di tangan, jadi tidak lengket,
  • setelah menggunakan hand gel, apabila tidak sengaja terjilat saat makan, tangan tidak terasa pahit,
  • baunya segar dan mild, tidak menyengat ( tidak seperti hand sanitizer alcohol based yang baunya cenderung keras),
  • mengurangi kekhawatiran penularan penyakit karena kuman/ bakteri seperti diare,
  • rasanya lebih tenang karena bahan yang digunakan aman bagi bayi dan anak-anak (klaim dermatologically tested, hypoallergenic tested),
  • sudah ada BPOM, sudah ada sertifikasi halal dari MUI.

Poin-poin di atas kayanya sesuai banget sama misinya Mama’s Choice dalam membuat produk untuk bayi ya, yaitu membuat produk dengan formulasi yang mampu #KurangiWorry ibu. Harapannya dengan bahan yang aman, halal dan natural, bisa jadi alternatif produk yang bisa dipilih ibu untuk anak-anaknya.

handsanitizer untuk bayi

Price & Where to Buy:

Buat teman-teman yang butuh, harga produk ini dibandrol Rp 39.000,00 per kemasan. Teman-teman bisa mendapatkannya di website mamaschoice.id dan menggunakan kode diskon MAMAELLA untuk mendapatkan potongan harga Rp 25.000,00 dengan minimal pembelian Rp 90.000,00.

Sekian sharing dan review saya tentang hand sanitizer food grade yang aman bagi bayi dan anak. Semoga sharing kali ini bermanfaat yaaa….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah