Perawatan Rambut Rontok untuk Ibu Menyusui

Pasca melahirkan Hayu (anak kedua saya), syukurlah saya tidak mengalami kerontokan yang parah sebagaimana anak pertama saya dulu. Jadi saya mau sharing apa saja perawatan rambut rontok untuk ibu menyusui yang saya lakukan, yang kemungkinan membuat rambut saya lebih kuat dibanding sebelumnya.

Rambut Rontok Karena Menyusui, Mitos atau Fakta?

Paska persalinan pertama saya dulu rambut saya rontok banyak. Suami sampai komplain karena saking banyaknya sering menyumbat saluran air kamar mandi. Jadinya pas mandi dan keramas harus rajin rajin pungutin tu rontokan rambut supaya tidak masuk saluran pembuangan air.

Nah, banyak yang bilang kalau kerontokan rambut itu karena aktivitas menyusui….. Padahal engga looo…. Mau menyusui atau tidak, kerontokan rambut pada ibu paska melahirkan itu wajar terjadi dalam bulan-bulan pertama sampai dengan satu tahun. Hal itu itu karena perubahan-perubahan di dalam tubuh ibu.

Kesimpulan ini saya dapatkan dari berbagai sumber yang saya baca. Jadiiiiii, rambut rontok KARENA menyusui itu mitos ya Bu Ebuuuu…. So, jangan jadi ragu menyusui karena takut botak ya…. Hehehe….

Kondisi Rambut saat Hamil dan Persalinan

Penyebab Rambut Rontok Paska Persalinan

1 . Hormonal

Saat kehamilan, hormon-hormon seperti estrogen, progesteron, oksitosin, dan prolaktin itu berubah. Selain itu, volume dan sirkulasi darah dalam tubuh ibu juga mengalami peningkatan. Dua hal ini dapat membuat rambut menjadi lebih kuat selama hamil. Rambut yang seharusnya rontok di masa hamil, juga mengalami penundaan.

Kemudian paska persalinan, kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh ibu mengalami penurunan, demikian juga volume darah. Rambut yang tadinya ada dalam kondisi prima, menjadi rontok. Hal ini disebut dengan postpartum hair loss.

“In pregnancy, increased numbers of hair follicles remain in the anagen phase for longer periods due to hormonal changes and return to the telogen phase within 3–6 months of delivery with a sudden drop in hormone levels. This results in excessive shedding of hair known as post‐partum telogen effluvium…. There was no statistically significant difference between the two groups the breastfeeding and non‐breastfeeding groups.” Sumber: Jurnal oleh Gizlenti, dkk.

2 . Kondisi Kesehatan Lain

Kondisi kesehatan seperti anemia, kekurangan zat besi atau vitamin lainnya juga bisa memperparah kerontokan yang timbul. Namun poin ini tidak hanya berlaku pada ibu menyusui saja ya. Pada saat normal pun, kondisi sakit atau kekurangan vitamin dapat mengakibatkan kerontokan rambut ya….

3 . Tidak Sempat Merawat Rambut

Whatttt??? Perawatan?!?!? Sempet mandi aja uda syukur ya Buuu….

Hahaha, i feel soooo related. Ya, memang kalau punya newborn bakal banyak waktu yang tersita untuk bayi dan waktu untuk merawat diri sendiri jadi berkurang. Jangankan sempat ke salon untuk creambath, kadang saja seharian bisa lupa mandi atau skincare-an ya…. Berpelukaaan!

Tapi rambut yang kotor dan berminyak itu juga rawan makin rontok lo. Karena beban rambut menjadi makin berat. Selain berat juga tidak sehat juga ya karena jadi sarang kuman penyakit.

perawatan rambut rontok
Kondisi rambut paska persalinan.

Mencegah Rambut Rontok Semakin Parah

Kerontokan rambut karena perubahan hormon paska melahirkan adalah sesuatu yang normal. Namun, supaya kerontokannya tidak semakin parah, teman-teman bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:

1 . Mengonsumsi makanan yang dipercaya menyehatkan rambut

Makanan yang mengandung banyak vitamin B, vitamin C serta zat besi dipercaya dapat meningkatkan kesehatan rambut.

Buat saya si, nothing to lose saja ya…. Kalaupun tidak berdampak signifikan pada kesehtan rambut, toh nutrisi-nutrisi tersebut memang dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih pada masa paska persalinan, ibu memang harus lebih memperhatikan pola makan, agar bisa pulih dengan baik dan juga menjalani masa menyusui dengan sehat.

2 . Melakukan perawatan rambut

Keterbatasan waktu sebagai ibu yang memiliki newborn memang kadang sulit bagi kita untuk melakukan treatment seperti creambath atau hair spa ya….

Namun, hal-hal sederhana, seperti menggunakan sisir dengan ujung tumpul (untuk menjaga kulit kepela tetap sehat), tidak terlalu sering menggunakan pengering rambut yang terlalu panas, dan juga menggunakan shampoo dan kondisioner yang mild, pun bisa meningkatkan kesehatan rambut lo.

Dengan kondisi rambut dan kulit kepala yang sehat, diharapkan kondisi kerontokan rambut bisa lebih diminimalisasi.

Review Shampoo Ibu Hamil dan Menyusui

Kebetulan di Trimester 3 kehamilan saya, saya mencoba satu merk shampo dan kondisioner baru, yang diformulasikan aman untuk ibu hamil dan menyusui. Klaimnya adalah untuk STRENGTHEN & NOURISH. Produknya adalah Mama’s Choice Treatment Shampoo dan Mama’s Choice Treatment Conditioner.

Mama’s Choice Treatment Shampoo dan Conditioner

Deskripsi

Pada kemasan produk shampoo dan kondisioner ini tertulis bahwa produk ini mengandung ekstrak kiwi, kemiri dan green pea (kacang hijau). Diklaim dappat membantu merawat kekuatan rambut dan membuat rambut tampak sehat dan bersinar.

Terdapat logo Halal MUI dan POM NA 18201000314

Ingredients

Shampoo: Sodium Cocyl Glutamate, Water, Sodium Cocoamhoacetate, Citric Acid, Sorbrth-450 Tristearate, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, PEG-4 Cocoate, Fragrance, Glycerin, Sodium Chloride, Propanediol, PEG-32 Distearate, PEG-175 Distearate, Polyquaternium-10, Actinidia Chinesis (Kiwi) Fruit Extract, Aleurites Mollucana (Candlenut) Extract, Ethyl Lauroyl Arginate HCI, Butylene Glycol, Pisum Sativum (Pea) Peptide.

Conditioner: Water, Cetearyl Alcohol, Glycerin, Bis-Aminopropyl Dimethicone, Behentrimonium Methosulfate, Polyquaternium-10, Dimethicone, Fragrance, Ethyl Lauroyl Arginate HCI, Cetyl Alcohol, Propanediol, Actinidia Chinesis (Kiwi) Fruit Extract, Butylene Glycol, Aleurites Mollucana (Candlenut) Extract, Pisum Sativum (Pea) Peptide.

Tekstur

Tekstur shampoonya cair sementara kondisionernya agak lebih kental daripada kondisioner pada umumnya. Kurang lebih seperti ini teksturnya:

Pengalaman Pemakaian

Ketika awal menggunakan shamponya (tanpa kondisioner), pertama tama terasa kok susah dibusakan dan agak kesat gitu. Tidak seperti ketika menggunakan shampoo biasa yang menggunakan SLS. Rasanya mengingatkan saya pada Castille Soap (natural soap berbahan dasar minyak zaitun).

Saya sempat bertanya-tanya, mungkin ini fase adaptasi karena selama ini menggunakan shampo yang cukup harsh, jadi ketika ketemu shampo ini yang mild dan tanpa SLS, jadi perlu adaptasi kali ya. Namun rasa kesat itu hilang saat menggunakan kondisioner. Setelah dibilas dan juga dikeringkan juga tidak kaku.

Pastinya, dua produk ini sepertinya memang sejoli ya. Jadi better memang digunakan sepaket.

Results

Yang saya suka banget dari produk ini adalah wanginya enak. Lembuuuuuuttt dan relaxing banget. Jadi seneng kalau habis keramas. Wanginya juga tahan lama, tapi nggak nyegrak sama sekali.

Kalau tentang masalah rontoknya, memang saya merasa ada perbedaan pada kehamilan kali ini. Saya tidak mengalami kerontokan yang signifikan dibandingkan dengan kehamilan sebelumnya (sebelumnya belum menggunakan Mama’s Choice). Saya menduga memang ada dampak dari produk ini, karena saya rutin menggunakannya sejak trimester 3.

Dampak yang paling kelihatan di rambutku adalah volumenya tampak mengembang dan sehat. Bagi yang punya rambut tipis dan ingin terlihat lebih tebal, hair treatment ini menurut saya sangat cocok.

Selain itu, walaupun sudah dua hari, rambut saya tetap tidak berminyak dan tidak lepek loh. Cocok bingit buat emak emak yang nggak bisa lama-lama ninggal anak ke kamar mandi kaaann…. Hihihi….

Harga

Temen-temen bisa membelinya di web mamaschoice.id harga Mama’s Choice Treatment Shampoo Rp 99.000,00, Mama’s Choice Treatment Conditioner Rp 99.000,00, harga bundlingnya Rp 179.000,00.

Ada tambahan diskon Rp 25.000,00 dengan pembelian minimal Rp 90.000,00 dengan voucher diskon MAMAELLA. FREE ONGKIR di bulan Desember ya!

Jadi tips saya kalau mau beli, mending dibeli 2x secara terpisah shampoo da kondisionernya pakai kodenya 2x. Jadi dapat harga sekitar 70ribuan jatohnya. Mayan kaaan….

Demikian sharing dariku tentang perawatan rambut rontok untuk ibu menyusui sekaligus rekomendasi produknya. Semoga bermanfaat yaaaa!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah