Perkiraan Biaya Persalinan di Surabaya (Survey ke 4 Lokasi)

Halo hai Nyaaah, memasuki trimester 3 beberapa minggu lalu (sebenernya sejak TM2 juga uda nyari info si), saya mengumpulkan informasi biaya persalinan di Surabaya, baik itu biaya persalinan normal maupun biaya operasi caesar. Awalnya memang kami hanya fokus ke nominal perkiraan biaya persalinan di RSIA Kendangsari Surabaya saja, tempat saya biasa kontrol kehamilan.

Namun, berhubung ada beberapa kendala untuk ngepasin jadwal kontrol SPOG langganan dengan jadwal pekerjaan suami, maka mulai kepikiran untuk nyari tempat kontrol dan persalinan lainnya. Apalagi, kebetulan teman kantor suami, istrinya baru melahirkan juga. Jadi ada beberapa insight baru yang kami dapatkan seputar proses persalinan di masa pandemi Covid-19 ini.

Selain gambaran persalinan saat pandemi, kami juga jadi dapat info tentang biaya operasi caesar menggunakan BPJS dan juga bagaimana layanan persalinan caesar di Surabaya. Karena hal-hal tersebut, kami jadi mulai hunting info tentang RS lain yang melayani BPJS tapi bukan RS rujukan Covid.

biaya persalinan

Hasil cari-cari infonya saya tulis di bawah ini ya.

Disclaimer: Inf di bawah ini berupa perkiraan saja ya, bukan harga paket fix. Besarannya berdasarkan flyer yang kami kumpulkan dari Customer Service RS terkait.

1 . Perkiraan Biaya Persalinan di RSIA Kendangsari Surabaya

Bisa dibilang kalau kita googling tentang tempat bersalin favorit di Surabaya, sepertinya RSIA Kendangsari ini akan muncul sebagai salah satu RSIA yang dipuji puji ibu-ibu ya. Dari sisi SDM, pro RUM, pro ASI, dan fasilitasnya (kecuali tempar parkirnya, hehehe).

Saya setuju si, memang sejak kontrol pun kami naksir. Tapi ya nggak ada salahnya tetap mencari alternatif.

Baca Juga: Pengalaman Periksa Kehamilan di RSIA Kendangsari saat Pandemi Corona

Berikut adalah rincian PERKIRAAN harga pelayanan persalinan di RSIA Kendangsari.

perkiraan biaya persalinan RSIA kendangsari
biaya persalinan normal biaya operasi caesar RSIA kendangsari

Flyer ini mulai berlaku per 1 November 2015. Kami sempat meminta flyer untuk tahun ini, namun info dari Customer Service, flyer ini adalah flyer yang paling terbaru.

Dari flyer di atas bisa diketahui kalau jenis kamar yang dimiliki oleg RSIA Kendangsari paling terjangkau adalah kamar yang diisi oleh 4 orang, kemudian yang paling mahal adalahh VVIP Blue.

Range biayanya bisa dilihat pada tabel di atas ya. Perlu diingat bahwa nominal yang tercantum dalam satuan ribu, dan merupakan harga perkiraan, BUKAN harga paket.

Untuk keterangan lebih lanjut teman-teman bisa menghubungi pihak RSIA Kendangsari ya. Customer Servicenya bisa dihubungi via WA di nomor +62 822-5725-1113.

Lokasi RSIA Kendangsari

Lokasi RSIA Kendangsari adalah di Jalan Raya Kendangsari Nomor 38, Surabaya. Mapnya sebagai berikut yaaaa:

Oiya, RSIA Kendangsari tidak melayani pasien BPJS ya.

2 . Perkiraan Biaya Persalinan di RS Pura Raharja

RS Pura Raharja adalah RS Tipe C (RS Rujukan atau faskes 2 BPJS), RS ini melayani rujukan untuk persalinan yang ditanggung BPJS. Biasanya untuk persalinan normal tanpa penyulit dan sifatnya tidak darurat tetap dilakukan di faskes 1 nya ya, kecuali dengan biaya mandiri.

Sebenarnya lokasinya agak jauh dengan tempat tinggal kami, tapi kami ke sini karena rekomendasi teman. Daaaaaan fun factnya, ternyata RS ini adalah tempat lahir kakak pertama suami saya. Hihihi….

Awalnya sempat jiper juga. Waduh, RS lama ini berarti. Tapi setelah datang, sepertinya RSnya sudah direnovasi besar-besaran kali ya, soalnya nggak ada rasa-rasa gedung lama yang saya rasakan si. Tempatnya terkesan bersih dan cukup baru.

Oiya kalau dari segi ukuran, menurut saya RS ini bukan RS yang besar ya. malah mirip seperti RSIA Kendangsari gitu. Bukan seperti RSU yang banyak gedung dan bangsal.

persalinan RS pura raharja
biaya rawat inap RS pura raharja

Rincian perkiraan biaya persalinan baik normal maupun biaya operasi caesar bisa dilihat di bawah ini ya….

biaya persalinan normal biaya operasi caesar di surabaya

Kalau berencana menggunakan BPJS, ada beberapa dokumen yang diminta dipersiapkan. Info dari Customer Service sbb:

  • Fotocopy KTP Suami
  • Fotocopy KTP Istri
  • Fotocopy Surat Rujukan dari faskes 1 sebanyak 2 lembar
  • Fotocopy Surat Nikah

Lokasi RS Pura Raharja

Alamat RS Pura Raharja adalah di Jalan Pucang Adi Nomor 12 – 14, Surabaya. Telepon 031-5019898 atau WA di +62 877-0302-2301. Mapnya sebagai berikut:

Awalnya saya sempat agak ragu ya, tapi setelah datang saya jatuh hati si. Memang belum bisa cerita banyak tentang layanan persalinannya. Namun layanan administrasinya ramah, susternya yang cek kondisi agak jutek dikit (hihihi, kayanya gara-gara sama-sama pakai masker jadi sempat miskom dikit) tapi teliti banget. Daaaaan, semua yang ditanyakan suster tadi semuanya dicatat dengan baik, dan pas periksa semuanya difollowup sama dokter.

Kan ada tu, di layanan kesehatan lain, hal-hal yang uda ditanyain suster, eh ditanya lagi ama suster lain, trus ditanya lagi sama dokter gt. Berkali-kali. Kalau kemarin enggak. Jadi menurutku sistemnya efisien ya. Catetan medis pasiennya beneran diperhatikan. Nilai plus si buat bumil kaya saya, yang ngos-ngosan jawabin pertanyaan sambil pakai masker. Hihihi….

Lalu yang paling penting, SPOGnya komunikatif dan antrinya ga pakai lama. Saya pas itu sengaja milih SPOG perempuan dan satu-satunya SPOG perempuan di RS Pura Raharja adalah dr. Uning Marlina, MHSM, Sp.OG.

dr. Uning juga praktik di MERR ya, terjangkau dari tempat tinggal saya. Hal ini jadi nilai tambah lagi, karena saya punya alternatif yang lebih banyak pilihan waktu kontrol yang lebih fleksibel, mengingat harus menyesuaikan dengan jadwal dengan suami.

WHY oh WHY harus kontrol nungguin jadwal suami? Karena kan saya punya anak ni, anak saya under 12 yo. Jadi kagak boleh ikut ke baik RSIA Kendangsari sama RS Pura Raharja selama masa pandemi ini (protokol RS secara umum). Dan ga mungkin juga saya tinggal sendirian di rumah. Gituuuuu….

3 . Perkiraan Biaya Persalinan di RSIA Perdana Medica

Satu RS lagi yang kami punya flyer persiapan harganya adalah RSIA Perdana Medica. RSIA ini menerima BPJS juga, faskes 2 ya. Alasan kenapa kok survey juga ke RSIA ini murni karena kedekatan lokasi dengan tempat tinggal kami.

Namun, pilihan RSIA Perdana Medica langsung kami coret dari list karena saat suami datang ke sana, di sana tidak memiliki SPOG perempuan. Semuanya laki-laki. Hehehe….

Jadi saya nggak sempat kontrol atau datang sama sekali, baru suami aja yang ke sana dan ambil flyer rincian biaya trus udah, langsung diputuskan nggak nyoba kontrol ke situ. Jadi bukan karena jelek atau gimana-gimana ya teman-teman. Tapi murni personal preferences untuk punya SPOG perempuan aja.

Berkut adalah foto flyer yang berisi layanan dan tarif persalinan di RSIA Perdana Medica:

biaya rawat inap RSIA Perdana Medica
biaya melahirkan di RSIA Perdana Medica

Lokasi RSIA Perdana Medica

Alamat RSIA Perdana Medica adalah di Jl. Kutisari No.6, Siwalankerto, Kec. Wonocolo, Surabaya. Mapsnya sebagai berikut:

4 . Pengalaman Kontrol di Klinik SIER Rungkut Industri

Sebenarnya di part 4 ini, saya nggak punya rincian perkiraan biaya persalinan di Klinik SIER. Klinik SIER ini adalah faskes 1 BPJS saya. Sengaja saya memilih pindah ke faskes ini saat pandemi COVID-19 adalah karena untuk menghindari banyaknya interaksi dengan pasien lain.

Kalau dibandingkan faskes 1 lain yang dekat tempat tinggal, Klinik ini bisa dibilang cukup sepi. Karena sebenarnya bukan fasilitas umum melainkan fasilitas perusahaan di are Rungkut Industri gitu. Jadi lokasinya pun rada masuk-masuk di komplek kantor ya. Hanya dia juga melayani masyarakat umum.

Lokasi Klinik SIER

Oiya alamat Klinik SIER itu di Jalan Rungkut Industri Raya No.10, Tenggilis Mejoyo, Rungkut Tengah. Mapnya sbb:

Di Klinik SIER ada layanan periksa kehamilan dengan Bidan on call. Untuk membuat janji, kita harus telepon dulu ke adminnya Klinik SIER di nomor (031) 8479095. Kalau bidan nggak di tempat nanti kita diminta WA.

Kalau di faskes 1 biasanya, persalinan dilakukan di Puskesmas atau fasilitas faskes 1 tersebut. Berbeda dengan di Klinik SIER, karena di Klinik SIER tidak ada fasilitas untuk persalinan, maka untuk persalinannya kalau normal dan tanpa penyulit akan dilakukan di tempat Bidan yang ditunjuk (kemarin infonya di Bidan Yevi, Rungkut).

Di Klinik ini saya kontrol sekali, kemudian diberi rujukan untuk USG di faskes 2. Saya si berharapnya bisa dapat di Pura Raharja ya, karena kemungkinan rencana persalinan mau di sana. Jadi kan kalaupun amit-amit harus ada tindakan karena ada penyulit, sudah ada link antara faskes 1 saya di Klinik SIER dengan faskes 2 di Pura Raharja.

Jadi memang tujuannya ke Klinik SIER itu murni berjaga-jaga aja dan mempelajari prosedurnya bagaimana, terutama saat pandemi ini. Harapannya si tetap pengen persalinan normal ya seperti persalinan sebelumnya. :) Supaya bisa cepat pemulihan. Aamiin….

Oiya selain biaya persalinan, jangan lupa tanyakan juga apakah dari RS akan menyediakan perlengkapan bayi baru lahir atau tidak. Kalau tidak hal itu jadi PR tersendiri untuk mencari dan menyiapkan dananya ya.

Saya sendiri di anak kedua kebanyakan menggunakan produk dari Mama’s Choice yang memang didesain aman untuk bayi baru lahir sekalipun. Selain produk bayi, mereka juga ada produk untuk ibu hamil dan menyusuinya juga loh. Kalau teman-teman penasara bisa langsung cus ke web mereka mamaschoice.id.

Related Post: Skincare Yang Aman Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Cerita lebih lanjut tentang proses persalinan dan juga rincian biaya persalinan riilnya, mungkin baru bisa saya jabarin nanti kalau sudah lahiran ya, Oktober nanti…. Doain lancar-lancar yaaa….. Salam sayaaaaanng!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah