Memilih Handsanitizer Aman untuk Anak, Review Mama's Choice Moisturizing Hand Gel

Memilih handsanitizer aman untuk anak atau bayi memang gampang-gampang susah. Di satu sisi, ibu harus mempertimbangkan efektivitas produk dalam melawan kuman penyakit. Di sisi lain, juga harus mempertimbangkan keamanan dan juga kelembutan produk handsanitizer tersebut di kulit anak.

Handsanitizer & Kesehatan Anak/ Bayi

Awalnya saya tidak terlalu concern dengan penggunan handsanitizer. Saya pikir penggunaan tisu basah saja cukup untuk membersihkan tangan anak, sebagai alternatif kalau tidak ada air dan sabun untuk cuci tangan. Sampai kemudian, saat traveling, Gayatri kena Bronchopneumonia (BP) dan harus dirawat di rumah sakit. Saat itu usianya kurang lebih 1,5 tahun.

Saya bingung, kenapa bisa terjadi, padahal tidak ada di antara saya dan suami yang merokok. Dalam perjalanan pun kami tidak berdekatan dengan perokok. Jawaban dari dokter adalah, bahwa kuman dan virus penyebab penyakit paru tersebut tidak hanya berpindah melalui udara, namun juga melalui sentuhan kulit atau barang yang disentuh anak.

Ya, namanya anak 1,5 tahun ya, masih masa oral…. Memang masanya suka memasukkan tangan ke mulutnya. Kadang, baru pegang apa juga, dia masukkan tangan ke mulut. Walaupun tampaknya bersih namun ada banyak kuman penyakit yang menempel di tangannya.

handsanitizer aman
Gayatri sekarang sudah 3 tahun.

Kuman dan penyakit tersebut baru akan “mati” saat kita mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer. Karena sabun dan juga bahan dalam handsanitizer dapat merusak lapisan luar kuman dan virus, sehingga akhirnya mereka inactive dan tidak dapat menyebabkan penyakit lagi. Pelajaran itulah yang kemudian saya ingat sampai sekarang.

Tidak hanya BP dan penyakit pernapasan, tercatat penularan penyakit-penyakit pencernaan seperti diare dan 80% penyakit lain terjadi akibat sentuhan. CDC pun menyatakan bahwa menjaga kebersihan tangan dapat mengurangi risiko penyakit akibat kuman hingga 40%.

Bahan yang Efektif untuk Handsanitizer

Sebelum membahas tentang bahannya, ada baiknya kita membahas sedikit tentang pengertian handsanitizer. Handsanitizer atau hand-rub, atau juga sering disebut dengan hand gel, adalah cairan pembersih tangan, yang kegunaannya adalah sebagai alternatif ketika tidak ada air dan sabun untuk mencuci tangan.

Handsanitizer juga digunakan dalam kondisi tangan secara kasat mata tidak ada noda/ kotoran ya…..

FDA (Food and Drug Administration) – semacam BPOMnya Amerika Serikat – pada 2019, mengeluarkan panduan tentang bahan-bahan apa yang dinilai efektif membunuh kuman penyakit. Bahan tersebut antara lain:

  • benzalkonium chloride,
  • ethyl alcohol, dan
  • isopropyl alcohol.

Ketiga bahan di atas, secara umum dinilai relatif tidak beracun bagi kesehatan manusia apabila digunakan dalam handsanitizer. Namun, memang beberapa bahan yang merupakan turunan alkohol memiliki kecenderungan untuk membuat kulit kering dan iritasi apabila digunakan terus menerus.

Oleh karena itu, beberapa orang tua ada kalanya menghindari penggunaan handsanitizer yang mengandung alkohol untuk anak balita/ bayinya. Hal ini bertujuan untuk melindungi kulit anak/ bayi yang masih sangat rentan iritasi. Karena bahkan untuk orang dewasa saja, penggunaan handsanitizer berbahan alkohol kerap membuat kulit kering, pecah-pecah dan terkelupas.

Review Produk Handsanitizer Anak: Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel

handsanitizer untuk anak

Saya mendapatkan produk ini dari Mama’s Choice dan mencobanya sebelum membuat review ini. Sebagai orang tua saya senang dan mengapresiasi ada brand yang secara khusus membuat formulasi handssanitizer untuk bayi. Akhirnya ada produk yang bisa #KurangiWorry.

Deskripsi Produk

Pada kemasan disebutkan bahwa produk ini adalah produk hand-gel yang memiliki fungsi:

  • melembabkan kulit telapak tangan anak,
  • mengandung antibakteri untuk perlindungan dari kuman dan bakteri tanpa perlu dibilas.

Pada kemasannya terdapat klaim dermatologically tested, hypoallergenic tested, ada logo Halal MUI, BPOM NA 18200104789.

mama's choice moisturizing hand gel

Bahan/ Ingredients

  • Bahan aktif yang digunakan sebagai aktibakteri adalah Benzalkonium Chloride, bahan yang oleh FDA dinyatakan eligible untuk handsanitizer.
  • Bahan pelembab seperti Glycerin, Aloe Vera, Centella Asiatica.
  • Lemon oil sebagai aroma alami,
  • Bahan-bahan lain sebagai mana tercantum dalam kemasan sbb:
bahan alami mama's choice

Tekstur

Tekstur Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel ini seperti aloe vera gel kental, namun tidak ada rasa lengket saat digunakan. Ketika diratakan di tangan, gel yang awalnya tampak kental menjadi lumer seperti air.

Yang unik, sebelum dikeluarkan dari kemasan, gel ini tidak mudah mengalir keluar dari botol. Bahkan saat botol dalam posisi terbalik, produk tidak tumpah sama sekali.

Saya senang si, soalnya, ketika Gayatri iseng mau mainan gelnya, dia tidak berhasil memencet gelnya keluar. Hahahaha!

handsanitizer untuk bayi
hand sanitizer

Review Penggunaan

  • Ada bau lemon yang sangat tipis dan segar,
  • Baunya tidak menyengat bahkan hampir tidak tercium, saya baru ngeh ada baunya bahkan setelah memeriksa ingredient dan menemukan ada bahan lemon oil, baru kemudian saya cium cium untuk memastikan, wkwkwk….
  • Setelah diratakan gel tidak lengket di tangan,
  • Jika terjilat tidak ada rasa pahit sama sekali,
  • Tidak menyebabkan kulit kering atau iritasi.

Where to Buy, Harga dan Voucher Diskon

Harganya Rp 39.000,00 per buah di Website atau Official Store Mama’s Choice di Shopee, klik link di sini.

Di Official Store Mama’s Choice di Shopee, ada DISKON TAMBAHAN pakai Kode Voucher MAMANYM untuk potongan Rp 25.000,00. Minimal pembelian Rp 150.000,00 (berlaku untuk seluruh produk Mama’s Choice).

Info lain tentang produk yang khusus diformulasi untuk ibu hamil, ibu menyusui dan bayi bisa diakses juga di web mamaschoice atau akun IG @mamaschoiceid.

ps. Catatan Tambahan terkait Handsanitizer dan Covid-19

Penggunaan handsanitizer sendiri makin booming saat pandemi Covid-19 ya…. Terlebih setelah ada panduan dari CDC (Centers for Disease Control and Prevention) dan WHO yang menekankan kebersihan tangan sebagai salah satu pencegahan penularan virus ini.

Anjuran CDC terkait hand hygiene pada masa pandemi Covid-19 bagi petugas kesehatan adalah dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan handsanitizer berbasis alkohol minimal 60% ethanol atau 70% isopropanol sebagai bahan aktif.

Terkait dengan pandangan FDA tentang Benzalkonium Chloride sebagai bahan handsanitizer yang eligible, CDC menyatakan bahwa efektifitas bahan ini dalam membunuh kuman dan virus, berada di bawah efektivitas cuci tangan dan handsanitizer berbasis alkohol. Selengkapnya di sini.

handsanitizer covid 19

Menyikapi hal ini, saya sebagai orang tua si yang utama dan terutama adalah menjaga anak-anak saya tetap di rumah saja selama pandemi Covid-19 ini.

Untuk penggunaan handsanitizer kembali lagi sebagai orang tua, kita harus menimbang kondisi anak kita masing-masing dan juga kondisi lingkungan yang sedang dijalani.

Kalau di dalam rumah saja, dan tangan dalam kondisi tidak kotor secara kasat mata, maka saya kira handsanitizer alcohol free yang berbahan alami dan lembut seperti Mama’s Choice Moisturizing Hand Gel adalah pilihan yang relatif aman. Apalagi kalau memang kulit anaknya punya alergi atau sensitif.

Namun untuk orang tua yang harus bekerja di luar rumah, IMO, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan alcohol based handsanitizer adalah hal yang tidak dapat dielakkan. :)

Stay safe and stay healthy ya teman-teman! Salam sayaaaang!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah