Tanda Tanda Hamil Muda (3 Kehamilan Berbeda)

Dalam beberapa bacaan yang saya temukan, ada banyak tanda hamil muda (ciri hamil) yang dialami oleh ibu hamil. Namun, setelah saya mengalami sendiri, dalam tiga kali kehamilan, ternyata tanda kehamilan yang saya alami berbeda-beda ya. Hihihi….

Mungkin karena kondisi tubuh yang berbeda, atau memang (sebagaimana yang saya yakini) tiap kehamilan memang punya cerita masing-masing. Memang ada satu ciri hamil yang sama yang saya alami di ketiga kehamilan, yaitu terlambat datang bulan. Selain itu, perbedaannya akan saya ceritakan di artikel ini.

Oiya, sharing tentang kehamilan ini murni berdasar pengalaman pribadi ya. Bisa jadi apa yang dialami oleh ibu hamil lain berbeda, namun semoga bisa memberikan gambaran sedikit-sedikit dari kacamata seorang ibu hamil. Semoga bermanfaat!

Ciri Hamil Secara Umum

Dari banyak sumber yang saya baca, ciri hamil muda antara lain:

  1. Flek (pendarahan ringan) dan rasa kram pada perut,
  2. Terlambat haid/ terlambat menstruasi,
  3. Perubahan pada payudara,
  4. Merasa mudah lelah,
  5. Frekuensi buang air kecil meningkat,
  6. Morning sickness / mual-mual,
  7. Suasana hati/ mood mudah berubah.
alat tes kehamilan

Berikut adalah cerita tiga kehamilan yang saya alami:

Kehamilan Pertama, yang Tidak Dapat Dipertahankan

Kehamilan pertama saya datang dengan sangat cepat. Terakhir saya mendapatkan menstruasi adalah tepat sebelum pernikahan. Setelah itu, sebulan kemudian saya tidak mendapatkan haid lagi. Mendekati jadwal haid, namun saya tidak merasakan tanda-tanda datang bulan seperti biasanya, saya mulai curiga dan membeli test pack walaupun tidak ada tanda-tanda lainnya seperti mual muntah, dll.

Dan betul hasilnya positif. Kami langsung memeriksakannya ke dokter kandungan, dan betul sudah ada kantung kehamilan yang terbentuk.

Beberapa hari setelah itu, saya mengalami flek. Sayangnya flek tersebut kemudian makin hari makin parah dan akhirnya saya mengalami keguguran.

Ciri Hamil Muda di Kehamilan Kedua: Seperti PMS

Setelah keguguran di kehamilan pertama, saya hanya mendapat menstruasi satu periode setelahnya. Anehnya tidak ada perubahan signifikan di jadwal menstruasi saya. Sebulan kemudian setelah sekali menstruasi, saya kembali telat datang bulan.

Saya memberanikan diri untuk melakukan tes pack, walaupun sekali lagi tidak ada mual muntah yang saya alami. Semuanya masih terasa biasa saja, walaupun memang mood dan suasana hati saya mudah berubah. Kami berpendapat kalau mood saya kala itu mirip sekali dengan pre menstruation syndrom yang memang selalu saya alami. Jadi agak bingung antara mau haid atau memang hamil.

Namun ternyata hasil test pack sekali lagi menunjukkan saya hamil. Agak trauma dengan keguguran sebelumnya, kami memutuskan untuk menunggu dulu dengan sok kalem, hehehehe. Seminggu setelah periode haid saya terlewati dan saya tidak kunjung haid, saya melakukan test pack sekali lagi dan hasilnya positif. Setelah itu baru kami memastikan kehamilan di dokter kandungan. Puji Tuhan, positif.

Selama hamil muda di kehamilan kedua ini, saya hanya muntah sekali dua kali. Bisa dibilang jarang sekali. Tanda hamil yang saya alami ya hanya seperti mau mens (PMS). Jadi rada galak, hehehe. Tapi karena tertutup rasa happy, jadi nggak terlalu sering marah-marahnya.

Oiya, selain itu, nafsu makan saya juga meningkat! Hahaha!

Pokoknya rasanya semua berjalan dengan lancar dan happy. Tidak ada keluhan. Bahkan saya bisa tetap bekerja normal dan sekali melakukan perjalanan dinas ke luar kota. “Ini ibu hamil kebo banget”, kalau kata atasan saya.

Karena pengalaman hamil saya yang shantuy, kadang ada terbersit untuk ngejudge ibu hamil lain yang kesannya kok lemah lunglai dan jadi manjah gitu. Eeeeeeehhhhhh…. Akhirnya saya kena batunya di kehamilan ketiga.

tanda tanda hamil

Tanda Hamil Muda di Kehamilan Ketiga

Di kehamilan ketiga ini sepertinya semua tanda hamil muda yang membuat tak berdaya saya rasakan, kecuali flek.

  • Dari rasa kram di perut, pegal dan ngilu ngilu di pinggang,
  • Mual muntah tidak mengenal waktu (nggak cuma morning sickness hahaha, all-day-night-sickness kali ya, ekekek),
  • Jalan dikit ngos-ngosan, cuci piring aja capeknya berasa lemburan siang malam, cepat sekali kelelahan,
  • Saya jadi sering buang air kecil, bahkan kalau bersin, saya sering kelepasan ngompol, huhuhu….
  • Suasana hati juga mudah berubah dan gampang melo….

Hihihi, ciri hamil di atas saya alami bahkan sampai sekarang lo. Padahal uda lewat TM1 dan memasuki bulan kelima kehamilan. Sepertinya saya kualat. Hihihi….

Baca Juga: Pengalaman Periksa Kehamilan di Masa Corona

Lesson Learn

Setelah mengalami sendiri tanda-tanda hamil yang berbeda-beda, cara pandang saya terhadap kondisi ibu hamil jadi lebih baik. Saya jadi lebih sadar kalau memang hamil itu mengubah kondisi tubuh seseorang. Jadi jangan pernah ngejudge ibu hamil yak! Hihihi….

Selain itu, yang sedang menantikan momongan, atau baru menikah, ada baiknya untuk rajin menyatat kapan periode menstruasinya ya. Sehingga bisa lebih peka dan menjaga kondisi tubuhnya. Hamil muda, masih sangat rawan, jadi harus dijaga baik-baik. :)

Selain untuk masalah kehati-hatian, mengetahui kehamilan sejak dini juga akan memudahkan teman-teman untuk mempersiapkan diri termasuk juga mencari-cari info perlengkapan apa saja yang sekiranya akan diperlukan saat masa kehamilan atau saat post partum.

Jaman kehamilan pertama saya, masih sedikit produk yang dikhususkan untuk ibu hamil dan menyusui ya. Saat ini jauh lebih mudah karena ada brand seperti Mama’s Choice, dll yang punya varian produk terkait ibu hamil dan menyusui yang dijual secara online.

Tetap semangat ya Teman-teman!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah