Makanan Sehat Favorit saat Hamil, Nggak Bikin Eneg!

Hari ini, kehamilan saya kurang lebih sudah berjalan dua bulan. Saya kadang membanding-bandingkan pengalaman kali ini dengan kehamilan sebelumnya. Ada beberapa perbedaan, terutama soal makanan favorit dan ngidam. Walaupun nafsu makan saya baik, baru kali ini saya pengen makan yang macem-macem. Berbeda dengan sebelumnya yang sepertinya nggak banyak mau. Hihihi. Walau begitu, saya tetap punya makanan sehat favorit saat hamil yang tidak banyak berubah dari dulu. Hal ini penting supaya asupan nutrisi tetap terjaga.

Makanan-makanan tersebut antara lain:

1 . Alpukat danbuah-buahan lain.

Alpukat sebenarnya sudah jadi favorit sejak sebelum hamil. Saat merencanakan kehamilan pun saya sudah gemar mengonsumsi alpukat. Buah ini kaya akan asam folat yang baik untuk perkembangan janin, yaitu untuk mengurangi risiko neural tube defects. Info tersebut salah satunya saya baca di artikel Kehamilan Minggu Pertama ini.

Kalau buah-buahan lain selain alpukat, tidak ada yangspesifik saya favoritkan. Meskipun begitu keberadaannya di kulkas penting untukmenghindarkan saya dari kebiasaan cravinges krim dan cokelat. Hihihi…. Entah kenapa saya suka ngemil yang manis-manis.Saya memang tidak benar-benar menghindari makan manis. Namun, dari pengalamankehamilan sebelumnya, saya sempat diminta diet gula saat trimester terakhirkarena berat badang janin yang besar. Jadi belajar dari pengalaman tersebut,saya berinisiatif untuk mencari kudapan yang lebih sehat namun tetap satisfying, sepeti buah-buahan dingin.

2 . Air Kelapa.

Air kelapa ini favorit saya sejak mengandung Gayatri. Entahkenapa kalau mual, atau badan berasa pegel-pegel lalu minum air kelapa, badanjadi berasa lebih segar. Saya pernah menanyakan apakah saya boleh minum airkelapa ke Spog, jawabannya si boleh-boleh saja. Tidak ada efek negatif, jadi entahmanfaat yang saya rasakan itu benar adanya atau sekadar placebo, saya tetap mengonsumsinya karena bikin badan saya nyaman. Apakahada yang suka minum air kelapa juga saat hamil?

3 . Pangsit.

Pangsit yang saya maksud di sini adalah pangsit homemade buatan saya sendiri. Makananini memang comfort food buat saya dananak. Saat hamil, terkadang saya ingin makan sesuatu yang gurih. Daripada sayakebanyakan jajan di luar, akhirnya saya nyetokpangsit di kulkas.

Pangsit juga mudah dibuat dan sehat karena saya membuatnyadari paha ayam dan udang, sehingga kandungan proteinnya banyak.

Bahannya sbb:

  • 150 gram udang
  • 150 gram daging ayam bagian paha
  • Satu sendok makan tepung
  • Garam secukupnya
  • Kaldu jamur
  • Kulit pangsit premade (bisa dibeli disupermaket)

Cara membuat: Cincang udang dan daging ayam menggunakanpisau atau golok. Bubuhi garam dan kaldu jamur secukupnya. Taruh adonan ditengah kulit pangsit satu per satu dan lipat. Pangsit ini bisa digoreng untukcemilan, atau direbus bersama kaldu.

Saat hamil saya sengaja nggak memberi bawang putih dan lada,karena kadang baunya memicu mual buat saya. Tapi preferensi saja, ya. Denganresep sesederhana itu saja, rasanya sudah sangat enak. Kuncinya adalah padakesegaran bahan. Pakai yang benar-benar fresh,terutama udangnya. Udang yang segar akan membuat rasa pangsit jadi lebih gurihdan sedikit manis.

4 . Daging Sapi.

Menurut saya, setiap ibu hamil punya kondisi tubuh yangberbeda-beda. Saya pribadi punya kecenderungan anemia sejak muda. Jadi sayasebisa mungkin mencari bahan makanan yang mengandung zat besi yang mudahdiserap tubuh. Kebetulan makanan yang paling saya suka adalah daging sapi.

Tentunya cara saya mengonsumsi daging sapi saat hamil dansaat sedang tidak hamil berbeda. Misalnya kalau steak, saya biasanya suka tingkat kematangan medium karena lebih terasa juicy.Tapi saat hamil, mau tidak mau harus makan dalam kondisi matang sempurna (well done). Hal ini anjuran dari dokteruntuk menghindari makanan mentah, terutama daging, ikan dan telur mentah.

5 . Kacang Hijau.

Kalau teman-teman googlingdengan keyword “manfaat kacang hijauuntuk kehamilan” pasti akan banyak sekali informasi tentang nutrisi yangterkandung di kacang hijau. Dari protein, asam folat, vitamin dan mineralsampai dengan kandungan seratnya. Untuk yang terakhir saya ingin garis bawahi,soalnya, ini membantu banget buat ibu hamil yang sering banget mengalamikonstipasi ya.

Kalau bosan mengolahnya menjadi bubur kacang ijo yangbersantan, bisa juga lho diolah menjadi jus, ditambah dengan ketan atau malahdibuat gulai bareng daging! Hihihi! Serius, saya juga baru tahu resep dariMadura ini karena suami saya. Dan rasanya enak!!!!

Selain lima makanan di atas, tentunya saya juga tetap makan makanan sehat lain seperti biasanya dan ditambah vitamin. Susu juga kadang minum kalau sedang tidak eneg, hehehehe…. Kalau teman-teman, makanan sehat apa yang jadi favoritnya saat hamil? Sharing yuuuuk!

Related post: Mencegah Stunting Sejak Sebelum Hamil

PS: Kalau kamu ingin membaca lebih banyak artikel tentang kehamilan dan mengurus anak, dari makanan ibu hamil hingga menyapih bayi, kamu bisa menemukannya di Shopee Moms Club! Selain ada artikel, teman-teman juga bisa menikmati promo diskon spesial! Klik link ini untuk cari info lebih lanjut ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah