Serunya Main di Kebun Bibit Surabaya (Taman Flora)

Minggu lalu saya sekeluarga sempat mampir sebentar ke Kebun Bibit Surabaya. Sempat underestimate, karena mengira hanya taman seperti pada umumnya yang hanya rumput dan pepohonan. Tapi ternyata, untuk ukuran taman, Kebun Bibit warbiyasaaaak, Rek!

Saya ingin mengapresiasi Pemkot Surabaya si, yang niat banget menyediakan fasilitas umum yang gratis seperti ini. GRATIS loooo!!!

Playground Anak

Pertama kali masuk melalui gerbang, saya melihat ada perpustakaan di sebelah kiri jalan. Namun tidak sempat masuk ke sana, karena Gayatri keburu lari ke playground. Wkwkwkw…. Dia agak overexcited karena memang banyak playground playground kecil, yang banyak dan menyebar. Jadi dia pengen lari-lari ke playground satu ke playground yang lain.

Nah, di playground ini ada banyak mainan anak (toddler). Baik sekali saya kira untuk menstimulasi motorik kasar anak. Karena ada tangga untuk memanjat, ada prosotan, tangga titian, dll. Dan di bawah mainan itu ada pasir. Jadi relatif aman, menurut saya, untuk anak-anak 3 tahunan ke atas.

Suasana Asri untuk Piknik

Semakin masuk ke dalam taman, makin nyata kalau suasananya itu asri dan teduh banget. Soalnya pohonnya tinggi-tinggi. Sepertinya usia pohonnya memang sudah cukup tua ya. Jadi adeeeeeemmmm banget.

Mungkin karena adem inilah, makanya banyak keluarga yang menghabiskan waktu di Kebun Bibit ini. Banyak yang sampai bawa tikar, bawa banyak bekal, jadi seperti piknik gitu. Asyik banget lihatnya.

Kebun Binatang Mini

Di ujung kanan (dari gerbang) ada kebun binatang mini. Yang paling menyolok adalah kandang burungnya yang seperti kubah besar. Isinya ada merak, katsuari, lalu sejenis burung tapi besar berwarna putih. Kata suamiku, itu kalkun yang albino. Kalkun bule. Tapi saya tak yakin, hahaha.

rumah burung di kebun bibittaman flora

Yang paling berkesan buat saya si kandang rusa, ya. Soalnya rusanya banyaaaaak. Oiya, kita bisa kasih makan si rusa ini pakai kacang panjang atau wortel. Belinya di dekat kandang atau di dekat gerbang masuk. DI sini saya cari papan larangan memberi makan, nggak ada ya. Waktu kami kasih makan juga pengurusnya nggak ada yang negur. Jadi asumsinya boleh-boleh aja kali ya.

rusa di kebun bibit surabaya

Oiyaaaa, rusanya jinak banget. Tapi Gayatri takut. Wkwkwkwk…. Dia antara penasaran tapi takut gitu. Sempat jerat jerit juga. Tapi sambil ketawa-ketawa dasar bocah.

Tempat Outbond

Nah, kata ponakan saya, di ujung taman yang lain ada tempat untuk outbond. Sayang banget ni, pas kami ke sana, mepet sama acara lain yang mau kami lakukan. Jadi nggak sempat ke tempat outbond. Next time kalau saya ke sana lagi, akan saya update ya artikelnya.

Nah, keseruan kami setengah hari di Kebun Bibit Taman Flora Surabaya bisa dilihat di vlog di bawah ini. Jangan lupa likes dan subscribes yaaa….

Tips ke Kebun Bibit Surabaya

Nah, untuk teman-teman yang mau berkunjung ke sana, ada beberapa tips yang mau saya kasih biar pengalamannya mantap maksimal:

1 . Sediakan sandal yang mudah dilepaskan dan dipakai kembali.

Berhubung playgroundnya itu alasnya berpasir, jadi sering masuk pasirnya ke telapak kaki. Kalau pakai sepatu kan repot tu, lepas pasangnya. Jadi lebih nyaman kalau pakai sendal, imho. Sendal sepatu juga nyaman juga.

2 . Datang rame-rame lebih seru. Oiya, kalau datang sekeluarga besar, jangan lupa bawa tikar.

3 . Bawa bekal, terutama air minum.

Sebenarnya di depan pagar ada food court. Tapi untuk mencegah dehidrasi, terutama untuk anak, wajib hukumnya bawa air minum. Saya sendiri bawa air mineral di dalam tumbler Nuby ukuran 532 ml. Khusus untuk Gayatri.

Memang suasananya teduh, tapi aktivitas fisik di taman itu lumayan banget ya. Lari-larian dan juga panjat-panjat. Jadi orang tua harus siaga untuk kasih minum secara berkala ya…. Jangan karena keasyikan main, anak jadi lupa minum.

Botol minum yang saya bawa ini seri Nuby Tritan Flip It Cups motif Unicorn. Bahannya dari plastik yang kukuh, nggak mudah pecah dan tentunya aman untuk makanan dan minuman karena BPA free. Ukurannya pas, nggak terlalu besar tapi juga nggak terlalu kecil. 532 ml cukup banget untuk piknik singkat seperti ini.

Bagian tutupnya juga praktis, karena tinggal dipencet, bisa membuka dengan otomatis. Jadi walaupun tangan kita kotor, nggak akan mencemari air. Sistem tutup botolnya juga mudah dioperasikan oleh anak, tanpa tumpah-tumpah. Sehingga anak bisa minum, tanpa harus menunggu dibukakan orang tua.

nuby tritan plus

Sedotan silikonnya juga lancar, jadi nggak macet-macet. Anak bisa dengan mudah menyedot air dari botol. Sukaaa banget!

Info selengkapnya tentang produk Nuby bisa dilihat di akun IG Nuby Indonesia.

4 . Bawa mainan cetakan pasir (kalau punya).

Di playground, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, ada pasir, namun tidak disediakan cetakan-cetakan pasirnya. Kalau punya di rumah, ada baiknya dibawa. Supaya main pasirnya makin seru!

5 . Bawa tisu basah dan baju ganti anak.

Kalau baju ganti anak sih, sudah pasti wajib ya…. Soalnya keringetan booook. Beberapa wastafel di taman ini mati, jadi ada baiknya bawa tisu basah untuk jaga-jaga.

Gitu aja si paling tipsnya…. :)

rekreasi di kebun bibit surabaya

Buat temen-temen yang ada di Surabaya, uda pernah main belum ke Kebun Bibit Taman Flora ini? Kalau ada rekomendasi tempat lain yang seru, mau dong ditulis di komen yaaa! Saya pengen juga nyobain taman lain ni! Terimakasih! Salam sayaaang!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah