Barang Antik dan 7 Koleksi untuk Investasi yang Menguntungkan

Saya punya sepupu yang hobi banget blusukan ke kampung-kampung dan mbongkari gudang demi mencari benda-benda unik. Yah sebenarnya banyak benda-benda yang dia ambil, saya anggap tidak bernilai. Tapi, sebaliknya justru dianggap sebagai investasi olehnya dan mungkin juga orang lain yang memiliki hobi sama dengan sepupu saya itu. Saya jadi menyesali momen-momen bersih-bersih yang pernah kami lakukan di rumah eyang. Seharusnya banyak benda-benda tua dan kuno yang menurut saya sudah rusak dan layak buang yang bisa jadi untuk koleksi atau dijual kembali sebagai barang antik. Bisa untung mayan cuy!

Lesson learnnya si, buat kamu yang punya koleksi mainan-mainan yang dianggap kuno tapi masih berfungsi dengan baik seperti Game Boy, action figure, hingga benda-benda lawas seperti perangko, uang jadul, piringan hitam, dan lain sebagainya. Jangan buru-buru buang yak. Jika tidak membutuhkannya, kamu bisa menjualnya daripada hanya disimpan di gudang dan menuh-menuhin rumah.

nitendo

Trus…. jualnya dimana?

Tidak perlu khawatir, kalau berdasar pengalaman sepupu saya, barang-barang tersebut pun bisa dijual secara online atau di komunitas. Enaknya dengan ada toko online, kita tidak perlu mencari pelanggan sendiri, tidak perlu membuka toko yang membutuhkan biaya besar, dan tidak perlu melakukan promosi macam-macam. Karena semua itu sudah dilakukan oleh toko online yang bersangkutan.

Seperti online shop Bukalapak misalnya. Sehingga, sebagai penjual kita hanya perlu melakukan registrasi atau mendaftar sebagai jual. Kemudian pajang saja barang yang akan dijual. Tinggal duduk manis di rumah, segera pembeli akan berdatangan. Jika ada pembeli yang tertarik atau jika ada penawaran, aplikasi toko online akan secara otomatis memberikan kita notifikasi.

Saya sendiri pernah berbelanja series komik jadul Harlem Beat (komik jaman saya dan suami SMP) buat seserahan nikah, secara online. Hihihi…. Habisnya komik itu uda nggak terbit lagi di toko-toko buku. Dicari kemana-mana susah. Padahal tu seri ada nilai historisnya buat hubungan kami, jadi pengeeeen banget punya. Eh, nemu online…. Happyyyy!!!!

Related post: Antara Irit dan Wishlist

Bagi kamu yang tertarik dan ingin membeli atau mencari benda-benda seperti buku kuno maupun baru, mainan seperti action figure, remote control, video game, batu cincin atau batu akik, perlengkapan musik dan alat musik, senjata tradisional, miniatur mobil, gamepad bluetooth, boneka, gitar, hingga bibit tanaman, coba deh cari juga deh di Bukalapak. Siapa tahu nemu di mari.

Oiya balik lagi tentang barang-barang koleksi yang bisa dijadikan investasi karena bisa dijual lagi. Coba deh cek, siapa tahu di gudang rumahmu, atau di gudang rumah eyang banyak menumpuk benda-benda berikut:

7 benda koleksi atau barang antik yang bisa dijadikan sebagai investasi menguntungkan:

1. Buku

Buku adalah jendela dunia sekaligus sumber ilmu yang sangat berharga. Ada banyak buku_buku kuno yang menyimpan ilmu-ilmu penting dan dianggap sebagai barang berharga oleh para kolektor dan pecinta buku. Kalau kamu punya buku-buku menarik yang sudah berusia, dan tidak membutuhkannya lagi. Kamu bisa menjualnya di olshop Bukalapak. Siapa tahu ada yang kayak saya kan, nyari buku yang sentimentil buat seserahan nikahan atau kado buat orang tersayang….

2. Perangko

Perangko dianggap sebagai barang antik yang berharga mahal. Banyak orang menganggap perangko sebagai sesuatu yang bernilai tinggi karena tingkat kelangkaannya. Perangko yang saat ini tidak lagi kita gunakan merupakan benda yang banyak dikoleksi dan dijual dengan harga mahal.

perangko

3. Uang kuno

Walaupun tidak bisa digunakan untuk transaksi tapi dianggap sebagai benda langka Uang jadul, atau biasa kita dikenal juga dengan istilah uang lawas dan uang kuno adalah benda bernilai tinggi yang juga sering dikoleksi oleh para kolektor layaknya perangko.

4. Action figure

Action figure adalah mainan modern yang semakin banyak diminati karena harganya yang mahal. Mahalnya harga action figure tidak lepas
dari tingkat kerumitan pembuatan dan detail pada mainan tersebut.

5. Kamera jadul

Kamera jadul bisa jadi benda antik yang harganya sangat mahal. Sekalipun tidak berfungsi lagi, jangan buang kamera-kamera jadul yang kamu miliki. Pasalnya, masih banyak kolektor yang ingin mengoleksi benda-benda seperti ini. Buat pajangan juga cakep kan.

kamera

6. Piringan hitam dan kaset

Piringan hitam dan kaset adalah benda yang mulai dianggap langka dan unik. Jika kamu punya koleksi benda-benda seperti ini sebaiknya jangan dibuang dan rawatlah dengan baik.

7. Tanda tangan orang terkenal dan populer

Tanda tangan bisa jadi sangat bernilai terutama apabila berkaitan dengan public figure yang bersangkutan. Misalnya jika kamu punya tanda tangan
di atas kaos Timnas dari pemain bola populer Indonesia seperti Evan Dimas contohnya. Tanda tangan yang mereka akan sangat bernilai beberapa puluh tahun kedepan atau ketika pemain sudah pensiun dan punya banyak prestasi.

Apa lagi ya barang-barang jadul lain yang bisa dijual? Ada ide? Atau pernah punya cerita jual/ beli koleksi barang antik atau unik? Yuk share cerita di komen…. :)

Sumber gambar: pexels.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah