Review Diapers Premium vs Ekonomi, Perbandingan 2 Varian Diapers Merk Goon # Seri Perlengkapan Bayi

Setelah saya membahas sabun yang bebas SLS dan bebas paraben di seri perlengkapan bayi sebelumnya, kali ini saya akan melakukan review diapers alias popok sekali pakai. Bahasan kali ini lebih fokus ke perbandingan antara diapers premium dan ekonomis ya. Kalau tentang gonta ganti merk diapers saya sudah pernah membahasnya juga di artikel Gonta Ganti Merk Diaper, Yay or Nay. Berikut saya mau coba bikin perbandingan dua varian diapers dari satu merk (biar adil ya jamaah, saya bandingin yang satu pabrikan), yaitu Goon.

Langsung saja karena biasanya bakal panjang. Hahaha…. Ini diaaaaa perbandingannyaaa…..

Deskripsi Produk

Goon adalah produk diapers yang berasal dari Jepang, mulai masuk ke Indonesia (diproduksi di dalam negeri) mulai tahun 2010. Ada beberapa varian produk yang dikeluarkan oleh Goon: Excellent Soft, Excellent Dry dan Smile Baby. Dalam artikel ini kata diapers premium merujuk ke Goon Excellent Soft Pants yang ukuran L, dan kata diapers ekonomis merujuk ke Goon Smile Baby Pants yang ukuran L.

Goon Excellent Soft (Premium)
Goon Excellent Soft (Premium)
review diapers goon smile baby bungkus
Goon Smile Baby (Ekonomis)

Harga

Kalau ngomongin harga sudah dipastikan kalau yang Smile Baby lebih hemat dong dibandingkan dengan yang Excellent Soft. Tanggal 1 Oktober 2017, saya cek di jd.id, harga yang Excellent Soft Pants ukuran L isi 26 pcs itu seharga Rp 68.000,00 atau Rp 2.600,00 per pc popok. Sementara yang Smile Baby ukuran L isi 20 pcs itu seharga Rp 31.000,00 atau Rp 1.550,00 per pc popok. Harga ini bisa jadi lebih murah di toko online lain yak. Rajin-rajin bandingin aja…. :)

Untuk harga terbaru bisa dipantau di official store Goon juga di Shopee (klik di sini) yak!

Bahan Baku Diapers Goon

Kekhawatiran awal ketika menggunakan diapers pada bayi saya adalah kabar bahwa diapers menyebabkan isu kesehatan. Sebagai orang awam, tentunya deg-degan juga ya terhadap kandungan kimia pada setiap produk yang bersentuhan dengan bayi kita. Untuk itu saya lumayan rajin mencari info lebih lanjut terkait bahan-bahan apa yang sebaiknya ada dan tidak ada di produk bayi. Ada beberapa hal yang saya temukan yang membuat saya cukup tenang menggunakan produk ini:

  • Artikel dr. Rina (neonatologist) menyebutkan bahwa orang tua sebaiknya waspada atas bahan-bahan kimia berupa dioxide, baik sulfur maupun chlorine dioxide yang dapat menyebabkan kanker. Artikel selengkapnya di sini. Saya googling lebih lanjut tentang chlorine dioxide, tenyata bahan ini biasanya digunakan dalam proses bleaching dan sebagai disinfektan.
  • IDAI menyebutkan bahwa bahan polyester memiliki kemampuan menyerap yang baik. Selain itu juga menekankan untuk memilih popok yang memiliki lapisan dalam yang lembut dan memiliki ventilasi yang baik (untuk diapers berarti memilih diapers yang permukaan luarnya berpori-pori). Artikel selengkapnya di sini.
  • Artikel Mioki yang mereview tentang produk-produk diapers dari Jepang menyebutkan bahwa produk Jepang tidak menggunakan chlorine sebagai bleach pada pabrik-pabrik diapers sejak tahun 1998. Artikel selengkapnya di sini.

review popok goon

Disclaimer: Artikel di atas tidak menyebutkan merk Goo.N secara eksplisit (kecuali artikel no.3). Artikel 1 dan 2 hanya menyebutkan bahan-bahan apa yang patut dihindari atau yang sebaiknya ada, dan saya membandingkan dengan komposisi material yang dicantumkan di kemasan Goo.N. Karena saya tidak menggunakan produk diapers lain, sementara ini saya hanya dapat mengecek material dari Goo.N ya Nyonyah nyonyah. Mohon berkenan membaca ketiga artikel rujukan di atas dan juga melihat kemasan dari diapers yang digunakan bayinya masing-masing ya…. :) Feel free untuk memberikan koreksi, terutama dari rekan-rekan yang memiliki keahlian di bidang ini. :)

Berikut saya cantumkan bahan mentah penyusun kedua varian ini, sumbernya dari kemasannya ya.

Top sheet: Polyefin non-woven. Absorbent pad: Pulp, Super absorbent polymer, paper. Waterproof material: Polyolefin film. Back sheet: Polyolefin non-woven. Elastic: Polyurethane. Construction: Styrene elastomer synthetic resin. Package: Polyethylene.

Perbedaan antara yang premium dengan yang ekonomis ada pada persentase absorbent pad-nya sebagaimana gambar di bawah ini:

review diapers goon premium materialreview diapers goon economis material

Review Diapers Goon 2 Variasi

Perbandingan fitur antara diapers premium dan ekonomis saya sandingkan dalam bentuk tabel sbb yaaa:

review diapers perbandingan varian goon

Impression Setelah Pemakaian

Secara umum Ning Gaya anak saya tidak mengalami ruam saat menggunakan baik varian premium maupun yang ekonomis. Selain itu, saya merasa kedua varian ini pun lumayan tipis, tidak gembung, bentuk diapersnya pun tidak ketat yang bikin pingget namun juga tidak kendor sehingga so far anak saya bisa tetap bebas bergerak.

Disclaimer: Kalau premiumnya sudah saya pakai sekitar 7 bulanan lebih, kalau yang ekonomisnya memang baru pakai satu bungkus, baru sekali repurchase.

kuatINHO

(In Nyonya’s Humble Opinion)

Pilih mana ekonomis atau premium?

Secara umum saya lebih banyak menggunakan yang premium daripada yang ekonomis. Seperti tersirat dari namanya premium bisa jadi lebih mahal, namun secara kualitas biasanya memang lebih yahut. Nah, setelah banyak diskusi di forum emak-emak, akhir-akhir ini saya mulai untuk menggunakan dua varian ini secara mix, walau tetap penggunaan dominan di diapers premium.

Tips dari pengalaman saya seperti ini:

1. Gunakan varian premium dan ekonomis secara mix, demi penghematan. Hihihi.

Related Post: Happy Diapers, premium diapers yang kualitas dan desainnya bikin happy.

2. Tetap mencari DISKON baik premium maupun ekonomis.

Akhir-akhir ini saya perhatikan di Indomaret dan Alfamaret uda mulai sering promo diapers ya. Dan merk yang diskon pun beraneka ragam. Tidak hanya merk yang menguasai pasar aja, merk Goon pun, yang dulu di awal-awal saya pakai masih susah ditemukan di toko sebelah tersebut, sekarang mulai banyak diskonnya yeeeee! Saat diskon ini adalah saat krusial untuk nyetok diapers. Karena Nyaaaahhh, diskon popok adalah kunci keamanan dompet keluarga.

3. Saat perjalanan atau ngemall gunakan varian premium.

Pengalaman pribadi saya traveling ke Salatiga dan Surabaya membawa bayi, cerita lengkapnya di sini, saya menggunakan yang varian premium so far aman. Pertimbangannya adalah sebagai berikut:

  • Karena masa guna premium lebih lama (6x pipis) dibandingkan dengan yang ekonomis. Jaga-jaga siapa tahu mengalami kesulitan untuk mengganti popok selama perjalanan.
  • Yang premium ada fitur roll tapenya alias selotip. Jadi kalau ganti di perjalanan, gampang ngeringkes diapers bekasnya. Tinggal gulung. Jaga-jaga kalau kehabisan kresek, atau pas di nursery roomnya ga ada diapers bag.
  • Walaupun sama-sama tipis, saya merasa yang premium bentuk elastis di sekitar pinggang lebih slim fit gitu. Lebih rapi, saya sempat coba foto sebagai perbandingan sbb. Sebenernya ga terlalu masalah ya, apa saya aja yang bawel ya? Hihihi. Etapi walaupun slimfit, tapi sofar si nggak pingget ya.

elastis waist goon economiselastis waist goon premium

4. Menggunakan diapers ekonomis di waktu-waktu pendek.

Saya bisanya akan menggunakan diapers ekonomis di waktu-waktu pendek sehari-hari, misal Gayatri pupup mendekati jam mau mandi. Ya kan mau tidak mau harus ganti diapers kan, saat seperti ini mending pakai ekonomis. Daripada pakai premium hanya sebentar dan ga maksimal manfaatnya, ya mending pakai ekonomis kan. Ngirit. Coba kalau sehari bocah pup 1-2 kali (anak saya umur 8 bulan), kalau sekali aja per hari pakai ekonomis, saya bisa irit 30 pc diapers premium kan, jadi kira-kira bisa save Rp 50.000,00 (harga sebungkus premium dikurangi sebungkus ekonomis). Mayan 50 rebu bisa beli sebungkus lagi yang ekonomis, plus kembaliannya buat beli thai tea, wkwkwk.

5. Malam hari saya lebih memilih untuk menggunakan varian premium.

Jaga-jaga saya kelupaan ganti popok tengah malam, hehehe…. Jujur yak, saya sering kelupaan soalnya. Kadang kalau bayi ga bangun, saya ga bangun juga. Molor, hehehe. Untung suami kadang bangun. Terimakasih suami siagaaa!

review diapers goon judul

Demikian sharing saya tentang perbandingan diapers premium dan ekonomis. Pada akhirnya saya memilih untuk menggunakan secara mix dengan dominasi penggunaan varian premium. Mungkin pilihan Nyonyah bisa berbeda sesuai kondisi dan kebutuhan. Saya juga menghormati pilihan ibu-ibu lain yang memilih menggunakan popok ain, clodi, atau diapers merk lain. Namun, jika ditanya mana yang paling baik, tentunya saya tidak dapat menjawab. Karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk saya, saat ini, pilihan diapers yang saya share di atas adalah yang paling sesuai dengan kondisi saya.

Update Mei 2020:

Nah, GooN mengeluarkan varian baru GooN Smile Baby (Ekonomis) yang Night!!! Bedanya apa saya review diapers tersebut di video Youtube di bawah ini. Ditonton yaaa…. Semoga bermanfaat!

Where to buy? Minimarket terdekat atau di Official Store Goon di Shopee.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah