Review The Body Shop Camomile Sumptuous Cleansing Butter

Produk The Body Shop Camomile Sumptuous Cleansing Butter ini saya beli di awal tahun 2016, dan baru mulai saya pakai di akhir tahun 2016. Saya sukaaaaa produk ini karena selain membersihkan dengan optimal, rasanya juga lembut dan nyaman di kulit. Saya baru kepikiran untuk bikin reviewnya setelah baca artikel Female Daily kalau produk ini termasuk salah satu dari tiga produk first cleanser bagus terfavorit tahun 2016. Karena di FD belum ada reviewnya, saya harap review ini akan bermanfaat untuk yang penasaran dengan produk ini.

the body shop camomile sumptuous cleansing butter 1

Keterangan Produk

Produk Camomile Sumptuous Cleansing Butter ini merupakan produk dari brand tersohor The Body Shop. Walaupun ada embel-embel butter, teksturnya tidak seperti body butter-nya TBS. Bentuknya malah seperti lilin, yang uniknya akan meleleh ketika kita oleskan di wajah. Lumer bersama makeup dan kotoran di wajah. Saat lumer ini teksturnya seperti butter (bukan body butter, tapi butter beneran yang biasa dimakan). Wanginya lembut dan cukup bikin rileks.

Kemasan:

Menggunakan jar gepeng dari alumunium dengan ukuran 90 ml. Produk ini tidak menyediakan spatula dalam kemasan, untuk itu saya menyarankan untuk menyediakan sendok kecil atau menggunakan stik eskrim saat mengambil produk dari jar-nya tetap higienis. Saya pernah menggunakan tangan, dan mengambil kedua kali dengan tangan, dan jadi disaster. Hehehe, beberapa bagian lumer dan jadi kelihatan kotor. Sayanya ceroboh sih T.T

the body shop camomile sumptuous cleansing butter 2

Formula:

Ethylhexyl Palmitate (Skin Conditioning Agent), Synthetic Wax (Binder/Emollient), PEG-20 Glyceryl Triisostearate (Skin Conditioning Agent), Olea Europaea Fruit Oil/Olea Europaea (Olive) Fruit Oil (Emollient), Butyrospermum Parkii Butter/Butyrospermum Parkii (Shea) Butter (Skin Conditioning Agent – Emollient), Caprylyl Glycol (Skin Conditioning Agent), Tocopherol (Antioxidant), Parfum/Fragrance (Fragrance), Aqua/Water (Solvent/Diluent), Linalool (Fragrance Ingredient), Limonene (Fragrance Ingredient), Helianthus Annuus Seed Oil/Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil (Emollient), Anthemis Nobilis Flower Extract (Natural Additive), Citric Acid (pH Adjuster).

FYI, kalau teman-teman penasaran nyari bahan camomile di daftar ingredientsnya, anthemis nobilis flower extract yang disebutkan kedua dari terakhir itulah camomile. Yang patut digaris bawahi: produk ini bebas mineral oil dan paraben.

Kegunaaan dan Anjuran Pemakaian:

Web TBS menyatakan bahwa produk ini ditujukan untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kulit sensitif dan pengguna soft lenses. Cara menggunakannya adalah dengan mengambil produk kurang lebih sebanyak satu ruas jari kelingking dan meratakannya di wajah yang kering (ber-make up maupun tidak). Setelah diratakan di wajah, maka tekstur produk yang awalnya seperti lilin akan berubah menjadi butter. Bersihkan dengan air hangat atau dengan wash lap untuk hasil yang lebih baik.

Saat meratakan produk di wajah, saya suka sambil dipijat lembut. Rasanya rileks dan enak banget, karena wanginya yang lembut dan tidak menyengat. Namun, jika digunakan untuk membersihkan make-up, sebaiknya dilakukan dengan cepat jangan sampai butter yang telah bercampur dengan make up mengering lagi di wajah. Kan malah jadi cemong, hehehe. Untuk yang suka double cleansing, produk ini bisa dijadikan first cleanser.

Results:

Kulit saya bertipe kombinasi. Secara umum saya puas dengan produk ini, karena tidak membuat kulit saya yang kering semakin kering dan daerah T yang berminyak pun tidak semakin berminyak. TBS tidak mengklaim bahwa produk ini bisa digunakan untuk membersihkan make up waterproof, namun beberapa review menyatakan bisa, dan memang benar. Saya mencoba membersihkan maskara waterproof dengan produk ini dan hasilnya sbb:

the body shop camomile sumptuous cleansing butter 3

Pros and Cons:

Pros: Membersihkan dengan baik, produknya lembut cocok untuk kulit saya yang bertipe kombinasi dan cenderung sensitif, bisa membersihkan make up waterproof, wanginya enak.

Cons: Kurang cocok digunakan saat travelling karena harus sedia air hangat atau washlap, kemasannya tidak menyertakan spatula, harganya cukup pricey untuk produk cleansing.

Related article : Produk first cleanser lain yang pernah aku review adalah Garnier Micellar Water.

Rating: 4/5

Repurchase? No.

Availability & Where to Buy:

Counter TBS, website TBS. Aku sendiri membelinya di counter warehouse The Body Shop yang letaknya di Bintaro, karena di situ sering banget ada diskon yang lebih gede dari counter lain. Hehehe. Hidup diskon!

Harga:

Saya cukup lama belinya, jadi harga di kemasan masih harga lama yaitu Rp 139.000,00. Saya membelinya saat diskon kurang lebih 30% jadi harganya sekitar Rp 97.000,00. Kalau tidak salah harga-nya sekarang adalah Rp 199.000,00 untuk ukuran 90ml.

Kalau produk cleansing kamu apa? Boleh dong sharing di komen :)

the body shop camomile sumptuous cleansing butter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah