Cara Menyusun Resolusi Tahunan dengan Mind Map, Seri 1 #ResolutionsThatWork

Artikel cara menyusun resolusi tahunan dengan mind map ini adalah bagian dari seri #ResolutionsThatWork yang akan saya coba tulis di bulan Januari 2017. Mind map bermanfaat banget untuk saya pribadi dalam menginventarisasi resolusi dengan lengkap. Kadang jika hanya dibayang-bayangkan, ada aja yang kelewatan. Misal saya cuma fokus di resolusi saya sebagai blogger saja, padahal tahun ini saya juga akan jadi Mommy. Maklum nyonya kadang suka ngalamun. Selain karena alasan tersebut, saya suka mind map karena tool ini bersifat visual banget, walaupun agak berantakan sih, tapi otak jadi terstimulasi, fokus dan tidak cepat bosan dibandingkan kalau saya pakai list.

Awal kepikiran bikin artikel ini adalah karena nonton video-nya James Corden dan Meghan Trainor yang satir gitu tentang ngapain bikin resolusi. Lucu sih. Tapi menohok…. Hahaha…. Inti videonya itu cerita tentang tiap tahun bikin resolusi, tapi ga kelakon kelakon (tapi tidak dijalani atau tidak berhasil). Hihihi…. Ya gimana, wong resolusi kan kadang hanya ada di timeline facebook saja. Itu juga diingat hanya pada Januari saja. Ga berkesan. Hahahaha…. Jadi curhat deh. Kalau teman-teman punya tips lain terkait membuat resolusi bisa ninggalin komen di bawah yaaak :). Kalau berupa link, bisa disematkan di bagian URL nama (jangan di badan komen), nanti aku BWin.

Oiya, saya di tahun depan juga akan memulai peran baru sebagai mama muda nan cantik, selain juga tetap bekerja dan juga pengen tetap ngeblog. Saya yakin juga banyak di antara teman-teman yang menjalani kehidupan double agent atau triple agent yang demikian. Lalu bagaimana cara membuat resolusi tahunan yang komprehensif. Yang bisa mengakomodasi seluruh peran kita dengan seimbang. Ya udah, sok atuh kita langsung bahas cara menyusun resolusi tahunan dengan mind map. Semoga bisa menjawab kedua kegalauan di atas ya….

cara-membuat-resolusi-tahunan-dengan-mind-map

Apa itu Mind Map

Mind-map adalah diagram yang menggambarkan suatu hubungan suatu informasi dengan informasi lain dalam tema tertentu. Masing-masing informasi yang disajikan bisa berupa gambar, bisa juga berupa tulisan atau gabungan dari keduanya. Jadi seperti jaring laba-laba yang masing-masing simpulnya ada benang yang saling terkait menuju ke titik simpul di tengah jaring.

Cara Membuat Resolusi dengan Mind-Map

1 . Pertama-tama pilih media yang akan digunakan dalam pembuatan mind-map. Bisa mengunakan kertas dan spidol atau komputer. Saya lebih suka menggunakan kertas dan spidol, karena canggung menggunakan media komputer untuk menggambar.

2 . Tulis tema utama yang mau dibahas di tengah kertas. Boleh dengan tulisan atau gambar. Banyak ahli yang berpendapat bahwa mind map sebaiknya menggunakan gambar. Karena gambar memiliki kesan yang lebih menancap di otak. So, it’s up to you, mau menggunakan gambar atau tulisan. Sementara pada contoh video di atas saya menggunakan tulisan agar lebih cepat pembuatannya.

3 . Inti dari mind map adalah seperti pohon ide. Dari tema sentral yang ada ditengah, dibuat cabang-cabang ide. Cabang tersebut merupakan penjelasan dari tema. Contohnya, ketika kita membuat resolusi tahunan tema utama adalah: Resolusi 2017 Emanuella, cabang-cabangnya bisa berupa peran Emanuella di tahun 2017 atau aspek kehidupan Emanuella di tahun 2017.

4 . Contoh Mind Map Resolusi 2017 dengan anak cabang dari tema utama menggunakan sub tema Aspek Kehidupan adalah seperti gambar di bawah ini. Aspek yang ditulis dalam contoh adalah aspek keuangan, sosial, keluarga, pendidikan, pekerjaan dan kerohanian. Contohnya hanya fiksi belaka ya…. Temen-temen juga bisa menambah aspek kesehatan, dll sesuai aspek kehidupan yang temen-temen miliki.

mindmap-aspek-kehidupan

5 . Contoh Mind Map Resolusi 2017 dengan anak cabang dari tema utama menggunakan sub tema Peran adalah sbb. Peran yang ditulis dalam contoh adalah sebagai mama, sebagai anak, sebagai blogger, sebagai pegawai dan sebagai istri. Dalam penyusunannya, maka kadang akan uncul ide-ide yang spontan. Ditulis saja dahulu. Poin-poin tersebut akan dievaluasi lagi nanti. Pada tahap ini biarkan otak kita mengeluarkan semua aspirasinya.

mindmap-peran

6 . Untuk lebih jelasnya video cara membuat mind map adalah sebagai berikut:

7 . Setelah semuanya ditulis, ujung dari ranting-ranting terluar dapat dievaluasi mana yang prioritas dan mana yang tidak untuk dijadikan resolusi di tahun depan. :) Nah di tahap ini kita sudah mendapatan list resolusi. Jika dilihat lagi, tentunya list ini masih sangat umum untuk satu tahun ya.

8 . Setelah itu, tulis resolusi dan buat breakdownnya ke goals/ rencana pelaksanaan yang lebih aplikatif. Salah satu cara agar membuat resolusi menjadi lebih aplikatif adalah menentukan target secara periodik dan menentukan cara mencapainya. Nah, cara membuat goals yang aplikatif lebih lanjut dapat dilihat di Seri 2 #ResolutionsThatWork.

Tadinya artikel ResolutionsThatWork rencananya akan menjadi satu artikel yang panjang seperti biasanya. Hanya masukan dari suami sebaiknya dipecah menjadi beberapa artikel saja, agar pembacanya tidak pusing. Hihihihi…. Artikel panjang saya yang biasanya bikin pusing ya? Maaf ya…. Semoga artikel kali ini bermanfaat. I hope you enjoy it dan juga mampir ke Seri 2 #ResolutionsThatWork. Selamat membuat resolusi! Semoga Tahun ini lebih baik dari kemarin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah