Review Happy Pregnancy, Buku Kehamilan dan Persalinan yang Menyenangkan (Giveaway Alert)

“Buku (Happy Pregnancy, Buku Kehamilan dan Persalinan) yang bagus untuk dibaca para perempuan yang akan menikah ataupun yang sedang hamil pertama, untuk menambah wawasan dan info seputar kehamilan”, dr. Muzayyanah, Sp.Og

.

(Pengumuman Giveaway ada di akhir artikel)

Yang pertama kali saya dan suami lakukan ketika tahu saya hamil adalah: bengong. Hehehe. Kehamilan saya yang sekarang sebenarnya adalah kehamilan yang kedua. Kehamilan yang pertama mengalami keguguran. Nah, yang membuat saya dan suami bengong adalah jarak dari keguguran dan kehamilan berikutnya yang begitu cepat. Satu siklus menstruasi terlewati dan saya tek dung lagi. Seems too good to be true….

Karena sempat mengalami keguguran kandungan, saya cenderung jadi bumil yang agak parno di awal kehamilan. Sedikit-sedikit khawatir, sedikit-sedikit googling cari referensi, sedikit-sedikit ke klinik. Sampai akhirnya dokter kandungan saya geleng-geleng karena saya percayaan banget dengan referensi hasi googling yang kadang bercampur dengan mitos yang membuat saya makin parno. Akhirny dokter menganjurkan saya untuk baca buku.

Sampai saat ini, ada 3 buku kehamilan dan persalinan yang saya baca. Satu buku yang isinya teknis banget (karena ternyata ditujukan untuk kuliah bidan, hahaha), yang satu isinya sharing pengalaman dan motivasi dan yang ketiga adalah buku Happy Pregnancy yang mau saya review di artikel ini.

review-buku-kehamilan-dan-persalinan

Identitas Buku

  • Judul Buku : Happy Pregnancy, Panduan Kehamilan dan Persalinan yang Menyenangkan
  • Penulis : Nana Aditya, S.Si
  • ISBN : 987-602-7572-73-7
  • Penerbit : Stiletto Book
  • Tanggal Terbit : November 2016
  • Harga : Rp 52.000,00
  • Pembelian: tersedia di toko buku per Desember 2016, atau pesan di Stiletto Book WA: 0896-3947-3397, BB: 7A920F5B, Line: Stiletto_Book, Email: orderbuku@stilettobook.com
  • Tebal : 202 halaman

Profil Penulis

Nana Aditya, S.Si adalah Sarjana lulusan Universitas Negeri Yogyakarta jurusan MIPA Biologi. Sebelum menulis buku ini, Mbak Nana pernah menulis buku Biologi untuk SMP/ MTs, beberapa buku pelajaran SMA dan buku soal akademik untuk masuk perguruan tinggi. Buku parenting-nya yang pertama adalah Handbook for New Mom dan buku Happy Pregnancy ini adalah buku parenting-nya yang kedua. Selain bekerja di sebuah lembaga pendidikan, Mbak Nana ngeblog juga loh dan aktif di komunitas RockingMama.

Isi

Buku ini berisi 11 Bab, aku spoiler-in gapapa ya, sebagai pertimbangan untuk yang butuh buku ini:

  1. Chapter 1: Fase awal tau hamil
  2. Chapter 2: Perkembangan janin 0-9 bulan
  3. Chapter 3: Masalah saat hamil dan cara mengatasinya
  4. Chapter 4: Serba-serbi ngidam
  5. Chapter 5: Kehamilan sehat
  6. Chapter 6: Mitos dan fakta tentang kehamilan
  7. Chappter 7: Peran calon ayah dan calon ibu
  8. Chapter 8: Cuti hamil dan melahirkan
  9. Chapter 9: Persiapan melahirkan
  10. Chapter 10: Melahirkan
  11. Chapter 11: Pasca Melahirkan

Hal pertama yang saya sukai dari buku ini, adalah buku ini sangat handy. Ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Kenapa poin ini penting, karena sebagai bumil yang kebanyakan acara, saya tidak selalu bisa baca buku di rumah. Ada kalanya perlu baca buku saat menanti kendaraan atau menunggu aktivitas lain. Hal kedua mengapa poin ini penting buat saya, adalah adanya kemungkinan saya melahirkan di luar kota. Buku panduan kehamilan dan persalinan yang tidak menuh-menuhin tas, sangat saya perlukan. Kalaupun saya melahirkan di klinik dekat rumah, ga mungkin juga kan saya bawa buku segede ensiklopedia untuk saya baca pas nunggu tibanya masa persalinan.

Poin kedua yang saya suka adalah, buku ini isinya compact. Padat dan sederhana. Memang ada dua tipe buku yang kita perlukan saat kita butuh informasi. Buku yang umum dan menggambarkan sesuatu secara sederhana namun utuh. Atau buku yang detail. Untuk buku Happy Pregnancy ini saya kira masuk ke tipe yang pertama. Sebagai ibu hamil yang awam, saya better baca buku seperti ini, karena bahasanya saya ngerti. Hehehe… Menggunakan bahasa Indonesia sehari-hari yang mudah dicerna. Sehingga saya bisa langsung membandingkannya dengan yang saya alami saat itu. Hal ini juga bisa jadi trigger pertanyaan saya lebih lanjut ketika cek di klinik. Penjelasan ilmiah dan teknisnya biar dokter yang memberikan. Kalo terlalu sophisticated trus sayanya kaga paham percuma juga kan yak….

Bab favorit saya adalah Chapter 3 tentang masalah saat hamil dan cara mengatasinya, Chapter 9 tentang persiapan melahirkan (ada list barang yang harus dipersiapkan!! I love list!!!) dan Chapter 11 tentang pasca melahirkan. Chapter 10 tentang melahirkkan juga dibahas dengan sangat baik tahapan per tahapan kelahiran. Bab tersebut paling sering saya ulangi, namun tidak jadi yang favorit soalnya bikin saya merinding disko setiap bacanya. Hahaha… Ini mah sayanya aja kali ya yang nervous….

Giveaway

Nhaini, saya bersyukur banget Stiletto Book mau jadi sponsor nyonyamalas.com bagiin buku yang bermanfaat banget ini. Thanks Stiletto Book!!!!Tersedia dua buah buku untuk dua orang pemenang (masing-masing mendapatkan satu) untuk periode Giveaway tanggal 2427 Desember 2016. Pengumuman pemenang pada tanggal 28 Desember 2016. Pemenang akan kami hubungi, dan buku akan dikirimkan langsung oleh pihak Stiletto Book.

Caranya gampang:

  • Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar postingan ini, dan jangan lupa sebutkan nama, akun IG dan twitter kalian, ya :) Pertanyaannya:  “Apa sih yang terlintas di benak kalian ketika melihat atau bertemu seorang perempuan yang sedang hamil besar?”

Contoh jawaban: Kalau ketemu ibu hamil besar saya jadi pengen nraktir makan deh! ( Emanuella, IG @nyonyamalas, twitter @nyonyamalas)

  • Follow Twitter @Stiletto_Book dan Twitter saya (@nyonyamalas)
  • Like Fanpage Stiletto Book atau follow akun IG Stiletto Book (boleh pilih salah satu)
  • Share foto banner giveaway ini di media sosial (twitter atau IG) kalian masing-masing dengan mention Stiletto Book dan saya (twitter atau IG @nyonyamalas), dan jangan lupa kasih hashtag #HappyPregnancy ya!

happy-pregnancy

Yang ikut boleh siapa aja loh, ga harus ibu hamil, bahkan ga harus perempuaaaaannn!!! Tapi yang pasti harus ada di wilayah Indonesia ya…. :)

Gampang banget, kan syaratnya? Saya tunggu jawabannya sampai tanggal 27 Desember 2016, ya :) Salam!

Edited:

Pengumuman Giveaway #HappyPregnancy

28 Desember 2016

Terimakasih kepada semua Nyonya yang sudah ikutan Giveaway ini. Adapun pemenangnya adalah Mbak Intan Novriza Kamala (@inokari_) dan Mbak Damarojat (@diahdwiarti). Hadiah akan dikirimkan oleh Stiletto Book langsung, untuk itu saya mohon untuk mengirimkan Nama Penerima, Alamat Pengiriman dan No HP ke Direct Message Instagram akun @nyonyamalas. Semoga hadiahnya bermanfaat :)

img_5766

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah