DIY Pengharum Ruangan dengan Biji Kopi

Sebenarnya sudah lama sekali pengen membuat pengharum ruangan dengan biji kopi ini. Lama terealisasikan gara-gara malas gerak untuk beli biji kopinya. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Teman kantor dapat oleh-oleh biji kopi dari Papua dan tidak ada yang punya grinder kopi. Jadi biji kopi ini cukup lama nganggur di laci “ransum” kantor. Setelah minta izin, saya angkut pulang ke rumah untuk saya bikin-bikin.

Sebelumnya sebagian biji kopi sudah saya buat sebagai hiasan brush holder. Nah, banyak yang komen kalau dibikin hiasan brus holder kalau tumpah jadi berantakan. Terutama untuk nyonya-nyonya yang punya anak masih kecil-kecil dan suka ikut nggeratak meja rias ibunya. Untuk pengharum ruangan kali ini, aman banget. Karena bentuknya yang dibungkus, membuat kopinya tidak mudah ditumpahin. Apalagi dengan bentuk bungkusan bungkusan demikian, bisa memudahkan nyonya untuk menggantungnya di tempat yang tidak terjangkau anak kecil.

Selain itu, kopi yang tidak diseduh ternyata dapat mengilangkan bau tak sedap loh. Makanya kadang di penjual paketan duren kiloan atau di tempat orang meninggal sering ditaburi bubuk kopi. Hal tersebut untuk menghilangkan bau tak sedap. Selain itu jika ditaruh di lemari es juga dapat menghilangkan bau tak sedap khas kulkas. Hanya saja makanan lain jadi terkontaminasi bau kopi ya. Hehehe…

Bau kopi juga dipercaya dapat memberikan efek relaksasi. Maka dari itu sering dipakai sebagai aroma di salon perawatan tubuh seperti spa atau tempat massage. Mau rileks saat bermacet-macet ria di dalam mobil, taruh saja kopi di dalam mobil. Kalau lagi sumpek, bisa dicium-cium baunya. Klau tidak mau dengan kopi bubuk karena bikin kotor mobil, ikuti saja tutorial pengharum ruangan dengan biji kopi ini ya. Karena manfaatnya bukan hanya untuk mengharumkan ruangan kok, buat mobil juga bisa.

Bahan:

pengharum-ruangan-dengan-biji-kopi-1

1 . Biji Kopi yang telah disangrai/ di panggang, beberapa nyonya bertanya beli biji kopinya dimana. Kebetulan saya dikasih teman kopinya. Jika nyonya-nyonya mau beli tapi ga mau ribet, di online shop sebenarnya banyak, search saja di T*kopedia, atau *lx, pastinya ada yang jual,

2 . Pita/ tali/ kawat pengikat,

3 . Kain jaring

Tips irit:

Sebenarnya pita maupun kain jaring bisa menggunakan bahan bekas. Saya sendiri menggunakan kain jaring an pita kawat dari bekas bungkus souvenir pernikahan sbb:

pengharum-ruangan-dengan-biji-kopi-2

Cara Membuat:

1 . Siapkan kain jaring dan pita kawat. Masukkan segenggam biji kopi, atau sejumlah yang dibutuhan ke dalam kain jaring. Pasikan tidak ada lubang pada kain jaring.

pengharum-ruangan-dengan-biji-kopi-3

2. Buat buntalan dan ikat ujungnya, hingga biji kopi tidak tumpah.

pengharum-ruangan-dengan-biji-kopi-4

3. Taraaaaa…. dengan dua langkah di atas saja, pengharum ruangan dengan biji kopi sudah siap digunakan. Bisa diletakkan begitu saja di sudut ruangan, di rak atau di dalam lemari. Jika ingin digantung, buat pita yang sedikit panjang sebagai pengikat/ gantungan. Pengharum ruangan DIY sudah siap digunakan. :)

pengharum-ruangan-dengan-biji-kopi

Kamu punya ide lain tentang DIY menggunakan biji kopi? Feel free untuk tinggalkan pesan ya…. Siapa tau bisa saya coba dan buatkan tutorialnya…. Thanks for reading! :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah