Tutorial Origami Box buat Wadah Printilan Kantor

Awalnya saya bikin origami box karena emang butuh buat nempatin printilan kantor kaya isi staples, trigonal paper clip, penghapus, dll yang suka nyebar kemana mana. Jadi sebenernya ga niat bikin jadi postingan tutorial cara membuat origami box buat blog nyonyamalas, tapi karena kayanya bisa bermanfaat buat kamu, aku jadi bikin lagi dan foto ulang proses pembuatannya (aku baik dan perhatian kaaaannn…).

tutorial origami box

Bahan:

Satu-satunya bahan yg diperlukan untuk membuat origami box ini adalah selembar kertas. Ukurannya disesuaikan aja dengan kebutuhan. Kalau jenis kertasnya, aku paling suka pakai yang 70-90gram. Kalo ketipisan jadi letoy, kalo ketebelan susah dilipet. Tapi sebenernya sih pakai kertas apa aja juga bisa. Seperti yang saya lakukan sekarang, pakai kertas koran/ majalah bekas. Irit bin pelit bin medhit.  Hehehe…

Step to:

1 . Mulailah dengan kertas persegi aka kertas  segi empat sama sisi. Bentuk ini akan kita sebut persegi A.

tutorial origami box

2. Lipat ujung-ujung persegi ke arah tengah sampai terbentuk empat segitiga dengan ujung yang saling bertemu di tengah. Bentuk persegi yang lebih kecil ini kita sebut saja dengan persegi B.

tutorial origami box

tutorial origami box

3. Lipat sisi bawah dan bawah atas persegi B ke arah dalam. Sehingga sisi atas dan bawah tersebut bertemu di garis tengah, dan terbentuklah suatu persegi panjang (bahasa guwe kok jadi begini ya ngomong-ngomong)

tutorial origami box

tutorial origami box

4. Buka lipatan atas bawah tersebut kemudian lipat dari sisi kiri dan kanan, seperti gambar di bawah ini:

tutorial origami box

tutorial origami box

5. Bongkar semua lipatan itu, dan kembalilah pada persegi A. Eitsss!!! Jangan suudzon dong, saya kaga lagi ngerjain kamu, step 1-4 ini gunanya untuk membuat garis-garis pandu buat kamu lanjutin ngelipetnya di step ke 6.

tutorial origami box

6. Lipat dua ujung kanan kiri persegi A sampai terbentuk gambar seperti di bawah ini.

tutorial origami box

7. Pada sisi yang sama, lipat pada garis persegi yang tadi terbentuk. Lipatan itu akan membentuk dinding kanan dan dinding kiri box. Jadinya akan seperti gambar di bawah ini (maap, susah digambarkan dengan kata-kata soalnya)

tutorial origami box

8. Bayangkan terlebih dulu seperti apa box itu, lalu kepalkan tangan kananmu ke atas. Katakan: aku bisa, aku pasti bisa, ku tak mau berputus asaa… *nyanyi ala afi junior *minta digaplok. Oke skip poin 8. Next!

9. Ujung yang berbentuk segitiga tekuk ke arah dalam, sampai membentuk dinding atas box. Ujung segitiga akan bertemu dengan ujung kedua segitiga dinding kiri dan kanan. Cek gambar yak!

tutorial origami box

10. Jika kamu berhasil bentuk sementaranya akan seperti gambar ini:

tutorial origami box

11. Lakukan langkah ke 8 pada ujung terakhir untuk membentuk dinding ke empat…

tutorial origami box

12. Taraaaaaa!!! Sudah jadiiiii!!!

tutorial origami box

12. Bisa diletakkan di box yang lebih besar atau laci sebagai organizer. :) Bye bye clutter!

tutorial origami box

Tips & Trik Menghitung Kebutuhan Kertas:

Single Box

Nah yang banyak ditanya tu, gimana si nentuin ukuran kertas yang diperluin untuk bikin box dengan ukuran tertentu. Nah gini caranya: Jika kamu memerlukan box ukuran 20×20 cm maka kamu memerlukan tiga kali lebar masing-masing sisi, atau dengan kata lain kamu perlu setidaknya kertas ukuran 60x60cm. Dengan ukuran sedemikian kamu akan mendapatkan tinggi box sebesar 10cm atau setengah 1/6 ukuran panjang awal. Demikian jika kamu memerlukan box ukuran 7x7cm dengan tinggi 3,5cm, maka setidaknya kamu harus menyediakan kertas ukuran 21x21cm. :) Itu kalo satu box aja yang mau dibuat…

Banyak Box dalam Big Box

Nah gimana kalo mau buat divider atau organizer untuk satu laci. Kita coba latian pake matematika sederhana ya… Pake rumus luas! Misal kamu punya laci ukuran 30x40cm. Kamu pengen lacinya dikasi organizer dari origami box yang ukurannya sama 10×10 cm. Dengan masing-masing box tingginya 5 cm. Maka laci kamu akan perlu 12 box ukuran 10×10 cm. Cara menghitungnya adalah dengan menghitug luas alas laci dibandingkan dengan luas alas box.

Luas alas laci: 30 x 40 = 1.200 cm persegi

Luas alas box: 10 x 10 = 100 cm persegi

Jumlah box: 1.200/100 = 12 box

*abaikan masalah tinggi boxnya yak

Untuk membuat 12 box berarti perlu 12 lembar kertas yang masing-masing lebarnya adalah tiga kali lipat lebar alas yang dikehendaki. Lebar alas yang dikehendaki adalah 10x10cm, maka kertas yang diperlukan adalah selebar 30x30cm. Jadi total kebutuhan kamu untuk membuat organizer ukuran 10x10cm dalam laci ukuran 30x40cm adalah 12 lembar kertas ukuran 30x30cm. Kurang lebih seperti itulah.

Lets make Origami Box!

Nah kamu uda tau gimana cara bikinnya, terus juga uda tau gimana cara ngitung kebutuhan kertasnya secara terperinci. Nunggu apalagi???? Yuk keliling rumah atau kantor, kumpulin kertas bekas warna warni dan selamat berkreasi :)

Oiya yang masih bingung aku bikinin videonya sbb yaaak, yuk mari mampir, like and subsribe di channel youtube nyonyamalas :)

With love, nyonyamalas.

.

.

PS. Buat yang suka bikin-bikin DIY kaya aku,temen blogku a.k.a mbak Acipa lagi bikin Giveaway loh, info lebih lanjut yuk cus ke blognya di sini.

how to make a very easy origami box

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah