Cara Mudah Bikin Es Teler

Resep asli es teler sebenarnya cukup mudah tinggal mencampur alpukat, daging kelapa muda, cincau, nangka atau buah lain dengan es serut, santan dan susu kental manis. Tapi bukan nyonyamalas namanya kalo ga nemuin cara yang lebih mudah. Hahahaha… Oke, cara mudah bikin es teler setidaknya meminimaliasi beberapa step di resep asli es teler sebagai berikut:

1. Ga perlu nyerut es batu

2. Ga perlu motongin nangka

3. Ga perlu ngerok kelapa muda

4. Ga perlu pakai santan dan

5. Ga perlu tambah susu kental manis…

cara malas bikin es teler2

Rasanya tetep endeus lho, tetep mempertahankan cita rasa asli Indonesia yang dipunya es teler. OTENTIK pokoknya. Kok bisa gitu? Bisa dong, rahasianya adalah: step 1, 4 dan 5 di atas digantikan dengan satu langkah praktis: pakai es krim nangka. Es krim nangka ya teman-teman, jangan es krim cokelat atau es krim strawberry, nanti rasanya berubah, jadi ga kaya es teller otentik. Hihihihi… Kalau es krim rasa nangka susah ditemui, bisa juga menggunakan es krim dung-dung, intinya pakai es krim yang bahan dasarnya santan. Sementara langkah nomor 3 (ngerok kelapa muda) bisa digantikan dengan langkah praktis berikutnya: langsung pakai daging kelapa di batoknya, tanpa perlu dikerok! Cepet dan paktis! Pas banget kan buat buka puasa… :) haus-haus dan lapar, ketemu yang manis seger serta ga ribet :)

Resep lengkap untuk dua porsi-nya sebagai berikut:

bahan es teler

Bahan-bahan:

Satu Butir kelapa muda (belah), kalo mamang-mamang penjualnya lagi ga sibuk, bisa minta dibikin lebih cantik batoknya. Cuma kalo lagi rame, seperti yang saya alami, yang penting di belah, lalu bagian punggungnya dibuat datar agar bisa diletakkan di meja dengan stabil. Alias kaga nggelundung, hihihi…

Kolang kaling tawar secukupnya

Satu butir alpukat masak, kerok dengan sendok

Sirup coco pandan

Es krim berbahan dasar santan rasa nangka, nyonyamalas menggunakan es krim merk Diamond varian Es Puter rasa Nangka

Cara Membuat:

1. Siapkan batok kepala muda, dan bahan-bahan lain. Jika mau makan es teler berdua dalam satu batok (seperti yang saya lakukan bersama suami), batok satunya bisa dikerok, tapi jika dimakan terpisah tidak perlu dikerok.

langkah membuat es teler

2. Susun bahan-bahan dalam batok kelapa, mulai dari kolang-kaling, alpukat serta es krim. Tak lupa beri sirup sedikit di permukaannya.

langkah membuat es 2

3. Jika suka es krim dalam bentuk masih utuh (masih berbentuk es krim), beri es krimnya sesaat sebelum disajikan. Namun, apabila lebih suka es krimnya lebih cair bisa juga disajikan agak lama sebelum disajikan. Setelah mencair, bisa diaduk… mmmm…. creamyyy yummyyyy… :)

langkah membuat es teler es krim cair

Selamat menikmatiiiii :) Yang bikin makan es ini happy adalah, kalo es teler biasa kan pas terakhir-terakhir tu rasanya uda mulai hambar karena es batunya mencair dan ga ada rasa. Terus isiannya uda abis… hampa terasa deh… *ciela. Tapi kalo cara malas ini, tetep nikmat sampai akhir. Pas tetes terakhir hampir tandas, kamu masih punya lapisan kelapa muda yang legit yang masih nempel di batoknya… mmmmm… yummmmmyyy…. Mau coba?

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah