Gudeg ala Jogja Modifikasi

“Gudeg is Javanese cuisine, made from young unripe jacfruit boiled with palm sugar and coconut milk“, kira-kira demikiankah saya menjabarkan jika harus menggambarkan apa itu gudeg kepada orang asing. Tampang gudeg yang cokelat kadang tampak kurang apetizing, sementara bagi beberapa orang tampilan adalah perwakilan rasa. Kadang gudeg senikmat apapun jadi “tidak menjual”. Pekerjaan rumah bagi kita, orang Indonesia, untuk meyakinkan dunia, bahwa warisan budaya yang satu ini pun tak kalah nikmat dengan makanan Indonesia lainnya. Awalnya saya ragu membuat masakan ini karena takut ribet, tapi setelah diutak atik jadilah resep gudeg jogja praktis ini.

“Gudeg is Javanese cuisine, made from young unripe jacfruit boiled w/ palm sugar & coconut milk” via http://bit.ly/1VxzTzw @emanuellaeman click to tweet!

Sebagaimana masakan Jawa kebanyakan, rasa dominan pada masakan ini adalah manis. Gudeg dari daerah Jogja cenderung lebih manis daripada gudeg dari Solo. Jenis gudeg sendiri yang pernah saya temui (cmiiw) ada dua macam, gudeg kering dan gudeg basah. Untuk yang ada di Jakarta dan masih penasaran apa bedanya gudeg kering dan gudeg basah, bisa mencari rumah makan gudeg di sekitaran Jakarta. Untuk gudeg basah contohnya adalah Gudeg Pejompongan yang terletak di Bendungan Hilir. Sementara contoh gudeg kering adalah Gudeng Pak Atmo, Gandaria. Kedua rumah makan ini cukup ngetop. Terbukti banyak artikel di situs maupun blog yang membahas tentang dua rumah makan ini. Rumah makan yang disebutkan terakhir malah disebut-sebut dimiliki oleh seorang mantan kepala koki di Istana Mangkunegara yang bernama Pak Atmo. Sajian gudeg di kedua rumah makan sama-sama dilengkapi ayam, sambal goreng krecek dan telur sebagai lauk.

Resep kali ini akan membahas bagaimana cara membuat gudeg jogja yang tipikalnya kering. Saya sebut resep ini modifikasi karena tidak menggunakan areh sebagai toping dari gudeg keringnya. Lauk pendampingnya sendiri hanya telur yang dimasak bersamaan dengan gudeg, demi mengedepankan segi kepraktisan.

gudeg-jogja-praktis

Bahan:

nangka muda 250gram, potong-potong lalu rebus,

nangka muda gudeg

santan kental 200ml

6 butir telur rebus, kupas

telur gudeg

300ml kaldu dari 2 potong iga

kaldu iga

 

Bumbu:

4 butir bawang merah

2 siung bawang putih

2 butir kemiri

1 sendok teh ketumbar

4 lembar daun salam

5cm lengkuas

segenggam gula merah

bumbu gudeg

 

Cara membuat:

1. Haluskan bumbu halus, masukkan bumbu dalam panci.

bumbu halus gudeg

2. Masukkan nangka muda ke dalam panci.

bahan nangka muda rebus

3. Masukkan telur rebus kedalam panci. Telur yang kami gunakan bertekstur marble kuning karena sebelumnya kami gunakan sebagai percobaan tapi gagal. Hehehe… Pada resep ini telur rebus biasa pun dapat digunakan.

bahan gudeg telur rebus

4. Masukkan kaldu dan potongan iga sapi rebus. Rebus sampai mendidih. Tambahkan gula merah dan garam.

bahan gudeg lengkap

5. Masukkan santan sambil sesekali diaduk.

bahan gudeg santan

6. Rebus sampai santan menyusut habis dan nangka telah lunak.

gudeg jogja modifikasi

Mudah bukan? Selamat mencoba dan selamat menikmati! :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah