Ide Bisnis Modal Kecil Saat Pandemi: Bisnis Pomade

Pandemi Covid-19 sudah lebih dari satu tahun. Awalnya, saya tidak terlalu merasakan dampaknya pada keuangan keluarga kami karena suami bekerja sebagai PNS. Namun, seiring waktu berlalu, sebagian saudara yang penghasilannya berasal dari sektor swasta dan juga berdagang mulai merasakan dampaknya.

Hal ini sering jadi obrolan kami para istri, untuk mencari ide bisnis modal kecil saat pandemi. Mencari solusi di tengah tantangan yang dihadapi. Karena ya, kita tidak mungkin hanya diam dan menunggu kondisi kembali normal seperti dulu. Karena tidak ada jaminan hal tersebut akan terjadi.

Kalaupun, harus di rumah saja, pasti ada jalan keluar untuk mengerjakan bisnis untuk menambah penghasilan. Toh, jaman sekarang dengan adanya teknologi informasi dan juga jasa antar online, kita bisa membeli bahan baku dan juga menjual produk yang kita hasilkan dari rumah. Ide-ide bisninya pun bisa kita dapatkan dari internet. Jadi tidak ada alasan untuk bersedih dan berpangku tangan ya…. Semangaaaatttt!!!

BERGURU: Belajar Ragam Usaha Baru

Buat teman-teman yang sedang mencari ide untuk bisnis dengan modal pandemi bisa juga melihat akun YouTube NinjaXpressid. Akun tersebut menyediakan banyak video yang mengulas bisnis-bisnis kecil menengah langsung dari ahlinya. Sebagai bukti dari dukungan NinjaXpress.co terhadap Usaha Kecil Menengah di masa pandemi.

Ulasan tersebut bisa menjadi insipirasi yang menurut saya cukup bisa ditiru dalam skala rumahan.

Berikut adalah beberapa ide usaha/ bisnis yang ada pada video yang dimiliki oleh NinjaXpressid pada playlist Berguru (Belajar Ragam Usaha Baru):

  • Usaha Cat Hotel (bersama Kekeyi),
  • Ternak belatung,
  • Catering vegetarian,
  • Kaus Tie Dye,
  • Servis dan Perawatan (bersama dr. Tirta),
  • Berjualan Odading,
  • Merajut,
  • Bisnis Jamu Rumahan,
  • Spare part Sepeda,
  • Bisnis Cukur Rambut,
  • Bisnis Ikan Cupang,
  • Daur Ulang Sampah Plastik (bersama Kertabumi Recycle Center),
  • Bisnis Aqua Space,
  • Bertani di Rumah.

Yang saya seneng dari video-video di atas adalah, selain mengupas ide bisnis atau usaha yang riil sudah ada, para pelaku bisnis tersebut juga nggak segan-segan untuk sharing tips dan jatuh bangun dari usaha yang mereka jalankan. Dan yang penting, mereka juga mau share tutorial dari pengolahan produknya loh!

Bisnis Pomade: Cuma Modal Minyak Sama Lilin, Tapi Bisa Raup Omset Jutaan!

Seperti video Bisnis Pomade Smith yang baru-baru ini diulas di segmen Berguru. Michael Nugroho, pemilik bisnis pomade ini menunjukkan bahan, peralatan serta cara membuat pomade, yang ternyata bisa dilakukan dengan mudah.

1 . Bahan dan Peralatan

Michael Nugroho menyatakan bahwa bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan pomade adalah:

  • micro crystal wax,
  • beeswax,
  • petroleum jelly,
  • oil mix,
  • pewarna.

Sedangkan peralatan yang dibutuhkan adalah: sendok untuk mengaduk dan double boiler. Double boiler adalah istilah untuk dua panci berukuran berbeda, dimana yang besar nantinya akan diisi air, sementara yang kecil digunakan untuk mengolah bahan. Kurang lebihnya seperti ini:

Jadi nanti bahannya tidak langsung dipanaskan di atas api ya, tapi melalui perantara air mendidih pada panci besar.

2 . Cara/ Tutorial Membuat Pomade

Langkah pertama adalah memasukkan micro crystal wax ke dalam double boiler dengan panas mencapai 100 derajat celcius. Aduk wax hingga mencair.

Langkah kedua adalah memasukkan beeswax ke dalam larutan micro crystal wax (hasil langkah pertama). Lalu aduk hingga bahan-bahan tadi tercampur rata.

Langkah ketiga adalah memasukkan petroleum jelly ke dalam campuran micro crystal wax dan beeswax. Aduk hingga merata kemudian dinginkan.

Lihat videonya di sini!

Setelah itu bisa dikemas di dalam tin dan dilabeli dengan stiker sesuai brand yang ingin diusung, Pomade yang diformulasi oleh Michael Nugroho dan tim diberi merk Smith. Kemasan dan label didesain sederhana, menggunakan warna hitam dan putih, sesuai dengan target pasar yang adalah laki-laki.

3 . Tantangan dan Tips Berbisnis Pomade ala Michael Nugroho

Buat yang kepo tentang modal memulai usaha ini, Michael juga membocorkannya di video Berguru. Jadi di awal usaha, Michael menyediakan modal 12 juta rupiah. Namun yang digunakan sebagai modal awal hanya sekitar 4 sampai 5 juta, sisanya dia simpan sebagai kas usaha.

Dipandu oleh Kak Seto, Michael juga menceritakan bagaimana mula usaha yang awalnya hanya sekedar hobi menjadi usaha yang bisa menjadi penghidupan, bahkan sampai saat pandemi seperti ini masih survive. Dalam video juga dibahas tips dalam menjalankan usaha Pomade Smith.

Wah, saya banyak banget spoilerin isi videonya ni. Hahaha…. Seru banget kan?!?!?

Buat yang mau tahu detailnya seperti apa, langsung aja tonton videonya di sini.

Teman-teman juga bisa mencari inspirasi bisnis lain yang sesuai dengan minat atau kondisi teman-teman di playlist BERGURU (Belajar Ragam Usaha Baru) milik NinjaXpressid. Sampai saat ini ada total ada 15 video, yang artinya ada 15 ide bisnis untuk usaha kecil menengah yang mungkin bisa kamu terapkan selama di rumah aja.

Video baru juga akan diunggah setiap minggunya, jadi akan makin banyak ide bisnis modal kecil yang tersedia untukmu. Jadi pastikan Teman-teman tidak ketinggalan, dengan subscribe akun YouTube NinjaXpressid yaaa! Semoga sharing kali ini bermanfaat ya Teman-teman! Salam sayang!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget