Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Wkwkwk, judulnya lebay banget aslik! Tapi memang produk satu ini saya suka banget dari sejak baru lahiran anak pertama saya lima tahun lalu, sampai sekarang uda punya anak lagi. Enak trus juga ngefek di saya ya, ga tahu sugesti apa bukan. Yang ga kalah penting si gampang banget ini ditemuin ASI Booster di Alfamart / Indomaret.

Pro kontra tentang ASI Booster, bagaimana prolaktin dan oksitosin bekerja pernah saya bahas di artikel ini ya: ASI Booster favorit Nyonyamalas.

Kalau baca artikel di atas, tentu uda ngerti ya, kalau saya nggak membatasi booster ASI hanya pada produk-produk yang mengklaim dirinya adalah ASI booster. Makanan/ minuman apa aja yang mengandung kacang-kacangan/ biji-bijian seperti almond, kacang kedelai, dan juga kacang hijau, di badan saya efeknya bikin ASI saya kental.

Sekali lagi, saya nggak pernah riset secara khusus bagaimana efeknya ke ibu lain ya. Tapi ke tubuh saya begitu.

Susu Kedelai V-Soy Multi Grain

Nah salah satu produk umum yang saya “jadikan” ASI booster di Alfamart dan juga bisa ditemukan di Indomaret adalah V-Soy Soya Bean Milk yang varian Multi Grain. Khususon V-Soy Multi Grain ya, soalnya yang varian ini menurut saya yang paling enaaaaak, wkwkwk!

vsoy multi grain ASI booster di alfamart
V-Soy Multi Grain Kemasan Baru (Tetrapack)

Deskripsi Produk

Produk V-Soy Multi Grain ini adalah produk minuman kedelai dengan campuran biji-bijian lain seperti beras merah, barley (jali-jali) milk, malt dan wijen hitam. Maka dari itu disebut multi-grain dan membedakan varian ini dengan yang original (soy milk). Selain biji-bijian produk ini juga mengandung bahan lain seperti minyak sawit, tambahan vitamin komplek dan mineral, dan lain-lain.

Untuk ingredients lengkapnya bisa dicek di foto kemasan di bawah ini:

Nutrition Fact & Ingredients V-Soy Multi Grain

Diklaim di kemasannya manfaat dari produk ini adalah untuk meningkatkan kesehatan dan vitalitas. Jadi sebenarnya, produsennya tidak secara spesifik membahas tentang produksi ASI ya…. Namun, teman-temen bisa googling-googling juga deh, riset sendiri lebih jauh tentang manfaat biji-bijian bagi ibu menyusui. Pasti ketemu banyak deh….

Saya sendiri awal mulanya menemukan produk ini ngefek ke ASI saya, awalnya juga coba-coba si. Karena ternyata anak pertama saya itu agak sedikit alergi sama Almond, lalu pas ke minimarket nyoba berbagai susu dari biji-bijian lain. Kebanyakan yang ready di minimarket saat itu memang susu kedelai ya, dan beberapa rasanya ga enak. Singkat cerita, nyobalah si V-Soy Multigrain ini, dan jadi suka.

Kemasan dan Rasa

Dulu kemasannya masih beling ya…. Jadi agak repot ngurusin sampahnya. Sekarang kemasannya ada yang box Tetrapack ukuran 200 ml (sekali minum) jadi lebih praktis. Buat yang mau ukuran lebih besar, setahu saya ada juga yang ukuran 1 liter.

Oiya, to be honest, dibandingkan dengan kemasan yang beling, menurut saya V-Soy Multi Grain kemasan baru ini terasa lebih light sedikit. Sedikit banget si, nggak sekental yang kemasan beling.

Kemarin sempat ngobrol juga dengan satu teman, dia merasakan hal yang sama. Namun buat saya, rasanya tetap enak dibandingkan produk susu kedelai lain yang pernah saya coba.

Produsen & Status Produk V-Soy Multi Grain

V-Soy ini produk Green Spot Co. Ltd dari Thailand. Namun sudah mendapatkan izin BPOM RI ML.NO. 432009872009 dan logo HALAL MUI 00120091801118.

Harga & Where to Buy

Harganya kurang lebih Rp 7.000,00 s.d. Rp 7.500,00 untuk ukuran 200ml-nya ya. Bisa di beli di minimarket seperti Alfamart dan Indomaret maupun Supermarket seperti Superindo, Hero, dan terakhir saya cek di Papaya juga ada.

Sekian deh cerita dan review dari saya tentang “ASI Booster” ini.

Related Post: Skincare Apa yang Berbahaya Bagi Ibu Menyusui

Last but least, tetap jangan lupakan kalau produksi ASI itu sangat dipengaruhi oleh sistem demand-supply di otak kita ya…. Alias permintaan-penawaran. Semakin sering ASInya dikeluarkan/ dikosongkan (disusukan), maka tubuh akan menerima “pesan” untuk memroduksi ASI, jadi semakin banyak juga ASI yang diproduksi.

Jangan hanya terpatok pada makanan yang kita konsumsi saja, tanpa diiringi rajin memberi ASI pada bayi. Karena jika payudara tidak kosong, otak kita tidak menerima “pesan” bahwa ASI di dalamnya diperlukan, dan kemudian juga tidak memerintahkan tubuh untuk memroduksi ASI. Kurang lebih begitu ya….

Perjalanan menyusui bayi memang cukup panjang dan melelahkan ya, peluuuuk dulu ibu ibuuuu! I feel you, semoga kita semua diberi kesehatan dan kekuatan serta kebahagiaan saat menjalani proses ini ya! Salam sayang!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah