Minyak Telon untuk Bayi Kulit Sensitif, Mama's Choice Calming Tummy Oil

Saya menggunakan minyak telon untuk bayi kulit sensitif saat memijat anak kedua saya karena sebelumnya, anak pertama saya pernah mengalami iritasi ringan saat mengunakan produk perminyakan (((perminyakan))). Jadi tambah hati-hati gitu dalam memilih produk karena tidak semua produk bayi bisa digunakan untuk bayi baru lahir.

Tips Memilih Minyak Telon untuk Bayi Kulit Sensitif

1 . Cek Kemasan: Apakah Formula Minyak Telon Cocok Untuk Bayi Kulit Sensitif?

Untuk mengetahuinya apakah produk itu aman atau tidak untuk bayi baru lahir, pertama-tama teman-teman bisa memeriksa di kemasannya ya. Adanya BPOM itu wajib ya, ga bisa ditawar untuk produk yang dijual bebas di pasaran. Selain itu, periksa juga saran penggunaan produk untuk usia berapa.

Saya pernah menemukan produk telon berbentuk balsam yang baru bisa digunakan untuk usia anak 2 tahun ke atas. Di grup per-oil-an (saya pengguna essential oil, FYI), juga sempat dibahas tentang penggunaan Eucalyptus dan juga Cajuputi yang kadang ditemui terlalu harsh untuk kulit dan pernapasan bayi kalau konsentrasinya terlalu tinggi, jadi perlakuannya tentu berbeda dengan penggunaan dengan orang dewasa atau toddler.

Selain memeriksa saran usia penggunaan, teman-teman juga bisa memeriksa bagian ingredients.

Sekarang sudah sangat mudah ya, karena teman-teman bisa googling bahan yang tercantum di kemasan produk yang akan digunakan. Hindari produk produk yang memang sudah nyata mengandung bahan yang toxic dan juga irritant.

2 . Melakukan Patch Test

Pun jika mau mencoba produk baru, ada baiknya untuk melakukan patch test terlebih dahulu ya, alias mencoba produk baru tersebut di area kulit tertentu seperti belakang telinga, dan melihat reaksinya, sebelum terlanjur membalurkannya ke seluruh tubuh.

Karena bagaimanapun, kulit bayi memang masih sangat sensitif ya. Tapi teman-teman tidak perlu banyak worry juga dan jadi takut takut kalau mau menggunakan produk bayi yang dibutuhkan, selama berhati-hati dalam memilih dan menggunakannya.

Nah, dalam artikel kali ini saya mereview produk minyak telon untuk kulit bayi sensitif (diformulasikan aman untuk bayi). Saya sudah coba sejak anak saya new born dan cocok. Produk telon ini termasuk baru ya, tapi dari brand yang sudah terpercaya. Jadi, siapa tahu bisa jadi alternatif buat teman-teman yang sedang mencari produk minyak telon.

mama's choice calming tummy oil

Mama’s Choice Calming Tummy Oil

Pas saya post foto produk Mama’s Choice Calming Tummy Oil ini, ada teman yang nanyain sebenarnya produk ini tuh produk apaan si. Mengingat memang produk ini tidak diperkenalkan secara gamblang dengan nama MINYAK TELON, yang lebih familiar dengan telinga orang Indonesia.

Deskripsi Produk:

Kalau di kacamata saya, Mama’s Choice Calming Tummy Oil itu sejenis oil blend. Campuran beberapa jenis minyak yang diklaim dapat digunakan untuk memijat dan memberikan efek relaksasi pada bayi.

Ingredientsnya: Minyak Kelapa, Minyak Zaitun, Minyak Anis, Minyak Sereh, Minyak Pala, Minyak Lavender, Ekstrak Chamomile.

Kalau dilihat dari ingredientsnya di atas, minyak kelapa dan minyak zaitun berfungsi sebagaimana minyak carrier, atau minyak pengencer. Sementara Minyak Anis, Minyak Sereh dan Minyak Pala adalah Essential Oil utamanya dan Lavender serta Chamomile extract sebagai bahan yang memberikan manfaat tambahan.

minyak telon untuk kulit bayi sensitif

Apakah Termasuk Minyak Telon? Cocok untuk Kulit Sensitif?

Kalau menurut saya minyak ini sih bisa dikategorikan minyak telon ya…. Cuma biasanya kan kalau minyak telon itu formulanya cuma tiga (telon berasal dari kata telu yang dalam bahasa jawa artinya tiga). Biasanya minyak telon terdiri dari Minyak Kelapa sebagai carrier oil dan Minyak Kayu Putih, Minyak Anis, Minyak Adas atau hot oil lain yang berfungsi sebagai agent penghangat.

Bedanya kalau di produk Mama’s Choice Calming Tummy Oil ini tidak mengandung Cajuputi atau Kayu Putih tapi menggunakan Nutmeg Oil (minyak pala) yang baru kali ini saya temui di produk minyak telon yang umum ditemui di pasaran.

Tapi ketiadaan Cajuputi ini bagus si. Saya nggak anti Kayu Putih ya, saya punya juga minyak telon lain yang mengandung Kayu Putih. Maksud saya bagus adalah, produk ini jadi bisa jadi alternatif bagi bayi-bayi yang kulitnya sensitif sama kandungan Kayu Putih gitu….

Manfaat Minyak Telon dari Mama’s Choice

Sesuai dengan klaim yang disampaikan Mama’s Choice, yaitu produk ini dapat digunakan untuk membantu memberikan kenyamanan pencernaan dan juga membuat bayi tidur lebih nyenyak. Saya merasakan klaim-klaim tersebut terbukti.

Saya biasanya menggunakan minyak telon ini untuk memijat bayi saya. Dan biasanya both saya dan juga bayi, sering banget buang gas sehabis prosesi pijat memijat ini. Hihihi…. Maaf jorok, LOL.

car memijat bayi

Related Post: Cara Memijat Bayi Baru Lahir

Setelah tu biasanya tidur bayi juga jadi lebih tenang. Mungkin karena pencernaannya nyaman. Dan kemungkinan juga karena ada pengaruh dari Lavender dan juga Chamomile yang memang terkenal bisa menenangkan dan merelaksasi ya….

Pengalaman ini berdasar penggunaan Mama’s Choice Calming Tummy Oil sudah hampir habis dua botol dalam waktu kurang lebih tiga bulan ya….

Selain menggunakannya untuk anak kedua saya (3,5 bulan) saya juga menggunakannya untuk anak pertama saya (4 tahun) dan kadang juga saya dan suami saya pakai, karena memang enak banget baunya, kami cocok.

Pros & Cons:

  • + manfaatnya sesuai klaim pastinya, formulanya bagus (cocok),
  • + kemasannya berbentuk pump, jadi praktis banget kalau mau mengeluarkan produk dengan satu tangan (satunya megangin bayi),
  • + teksturnya nggak lengket tapi cukup bisa lama melumasi kulit saat digunakan memijat (nggak kesat, nggak cepat kering),
  • – belum ada di minimarket, jadi masih agak susah nemuinya secara offline. Tapi jangan bingung jangan pusing, produk Mama’s Choice bisa di dapetin di Marketplace kesayangan ibu-ibu semua (Shopee) sama di web mamaschoice.id. Buat yang mau belanja di web mamaschoice.id bisa pakai kode voucher MAMAELLA pas checkout, jadi dapat DISKON 25k minimal pembelian 90k.

Semoga sharing kali ini bermanfaat yaaa! Salam sayang!!!!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Review dan Pricelist/ Harga Mom n Jo Bintaro