Review Sabun Cuci Peralatan Bayi, Mama's Choice Baby Liquid Cleanser

Kali ini saya mereview produk sabun cuci peralatan bayi baru yaitu Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser. Produk sabun cair ini bisa digunakan untuk mencuci perlengkapan bayi seperti botol susu, dot, alat makan, mainan bayi, maupun buah dan sayur ya. Karena produk sabun cuci ini food grade, jadi Nyonyah tidak perlu kawatir dengan keamanannya.

Pengalaman Menggunakan Sabun Cuci Peralatan Bayi dari Mama’s Choice

Mencuci Alat Pumping dan Botol Susu

Awalnya saya mencoba produk ini adalah saat Hayu, anak kedua saya yang masih usia beberapa hari, harus rawat inap di rumah sakit karena kuning. Otomatis saya harus menyediakan ASIP untuk diantarkan ke rumah sakit setiap dua jam sekali. Selama jadi pejuang pumping inilah, saya mencuci peralatan pumping saya dengan Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser.

Saya senang sekali pakai produk ini, karena selain bahan-bahannya diklaim aman, sudah BPOM (dan juga ada logo Halal MUI), produknya juga efektif sekali membersihkan peralatan pumping dan botol yang saya cuci. Tidak ada noda dan lemak ASIP yang tertinggal di lekukan-lekukan botol.

Seperti kita tahu, kalau sampai ada residu susu di botol kan bisa jadi tempat bersarang kuman dan bakteri ya. Bisa berpotensi bikin bayi diare atau sakit. Apalagi di usia anak saya yang masih newborn. Saya concern sekali dengan hal ini karena diare sangat berbahaya buat bayi.

Selain tidak ada noda ASIP, residu dari sabunnya sendiri juga sangat minim. Saya bilas dengan air, sabunnya bisa hilang dengan sangat mudah.

Related Post: Review Detergent untuk Baju Bayi

Mencuci Buah

Selain mencuci alat pumping dan juga borol bayi, saya sudah mencobanya untuk mencuci buah. So far, saya baru coba di buah mangga (musim mangga di Surabaya ni, jadi murmer, nyetoknya mangga mulu, wkwkwkwk). Terasa kalau bersih dan tidak ada bau sabun yang tertinggal, jadinya saya bisa makan mangga tanpa terganggu bau sabun.

Hal-hal seperti ini tentu saja membuat ibu jadi lebih tenang ya. Bisa dibilang, sesuai misi Mama’s Choice, produk sabun cuci peralatan bayi ini berhasil #KurangiWorry saya sebagai ibu.

Berikut adalah info dan review produk ini lebih lanjut.

Review Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser

Deskripsi Perlengkapan Bayi

Pada kemasan produk disebutkan bahwa produk sabun cair ini cocok digunakan untuk mencuci berbagai peralatan bayi hingga buah dan sayuran. Selain itu, terdapat klaim lainnya sebagai berikut:

  • Efektif menghilangkan residu ASI/ susu formula,
  • Memiliki formula antibakterial (membunuh bakteri),
  • Food grade,
  • Dinyatakan Halal oleh MUI (terdapat logo halal),
  • Izin edar Kemenkes RI PKD 20310020208.

Info lebih lanjut tentang produk Mama’s Choice bisa temen-temen dapatkan di www.mamaschoice.com atau cuss cek Instagramnya di @mamaschoice.

Kemasan

Kemasan berbentuk botol 500 ml dengan pump yang memudahkan saat mengeluarkan produk sabun cair. Saya belum tahu, apakah sudah ada kemasan refillnya atau belum. Semoga saja sudah ada atau segera ada ya…. Supaya bisa melakukan isi ulang produknya.

Ingredients

Saat mencari tahu tentang produk ini, saya menemukan info dalam website mamaschoice.id jika dalam produk ini terdapat kandungan tea tree extract (yang berfungsi sebagai antibacterial agent alami – produk ini tidak mengandung Triclosan) dan terdapat kandungan natural saponine yang secara aman membersihkan dan mengangkat noda.

FYI, natural saponine adalah bahan alami yang bersifat seperti sabun, sebagai pengganti SLS/ SLES, yang lebih aman bagi kesehatan. Produk ini juga tidak mengandung paraben sebagai pengawet.

Komposisi Baby Liquid Cleanser: cocamidopropyl betaine 7%, potassium cocoate 5%, lauryl glucoside 5%, glycerin 2%, tea tree extract 0,02%.

Tekstur & Bau

Tekstur sabun cuci Mama’s Choice ini cukup encer dan warnanya bening. Ketika dilarutkan dengan air, busanya tidak terlalu banyak. Namun, teman-teman perlu tahu, kalau sebenarnya yang membersihkan kotoran itu bukan busa sabun ya. Jadi tidak perlu banyak-banyakan busa, yang penting daya bersihnya.

Tekstur sabun yang encer dan busa yang tiak terlalu banyak menurut saya menguntungkan karena memudahkans aat pembilasan. Residu sabun mudah dibilas dan tidak tertinggal pada peralatan bayi.

Bau produknya sendiri mild, tidak terlalu kuat tapi cukup menyegarkan.

Aturan Pakai

  • Larutkan Mama’s Choice Liquid Cleanser dengan air secukupnya,
  • Gunakan spons atau sikat botol untuk membersihkan dengan maksimal,
  • Bilas dengan air mengalir hingga bersih.

Harga & Tempat Pembelian

Untuk setiap botol ukuran 500 ml, harganya Rp 49.000,00. Bisa dibeli di Shopee di official storenya Mama’s Choice.

Kalau temen-temen mau sekalian belanja produk kebutuhan ibu dan bayi, temen-temen bisa pakai kode voucher MAMANYM untuk mendapatkan diskon seesar Rp 25.000,00 dengan minimal belanja Rp 150.000,00. Ketik kode vouchernya di bagian Voucher Toko yaaa…. Jangan keliru di Voucher Shopee. Kalau misalnya bingung, temen-temen bisa DM aku aja di IG @nyonyamalas.

Just My 2 Cents: Higienitas Peralatan Bayi….

Sejak punya anak, terutama dalam usia-usia rentang balita, saya yang rada slebor ini memang jadi lebih perhatian dengan kebersihan dan juga bahan-bahan dalam produk yang digunakan. Saya rasa, teman-teman pun merasakan hal yang sama ya…. Wajar, karena bagaimanapun lebih baik mencegah daripada mengobati kan ya.

Related Post: Handsanitizer untuk Bayi dan Anak

Dan saya senang si, sekarang ada produsen produk bayi yang juga menunjukkan perhatian khusus yang sama dengan memproduksi peralatan bayi dan perlengkapan bayi yang aman secara bahan dan juga nyaman saat digunakan.

Sekian sharing pengalaman dan review sabun cuci peralatan bayi Mama’s Choice Baby Liquid Cleanser dariku, semoga bermanfaat yaaaa! Salam sayang!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget