Tips Mempersiapkan Baju Bayi Baru Lahir

Mempersiapkan baju bayi atau perlengkapan bayi baru lahir itu seru seru bingung. Hihihi…. Di artikel ini saya akan membahas spesifik pada mempersiapkan bajunya ya. Mulai dari tips memilih baju bayi, bagaimana mencuci baju bayi secara praktis dan juga beberapa hal lain yang sering terlewatkan saat mempersiapkan baju bayi.

Untuk artikel daftar perlengkapan bayi dan jumlahnya (must have item) juga sedang saya siapkan. Nanti akan saya post setelah lahiran ya, untuk sekalian saya pastikan apakah daftar yang saya siapkan sudah benar-benar efisien atau masih ada perlengkapan bayi yang saya beli yang masih mubazir. Mohon ditunggu ya!

1 . Tips Memilih Baju Bayi Baru Lahir

  • Sesederhana mungkin. Hindari aksesoris yang bisa membahayakan apabila tertelan atau mengganjal. Perhatikan juga apabila terdapat kancing di pakaian bayi, pastikan jahitannya kuat, untuk menghindari terlepas dan tertelan.
  • Pilih yang mudah dibuka dan juga yang mudah digunakan. Saya biasanya memilih yang bukaan depan, karena memudahkan saat menggunakan pakaian ke badan bayi, tinggal di miringkan ke kanan ke kiri sambil tangannya dimasukkan ke lengan. Dibandingkan dengan yang model kaos, yang harus memasukkan kepala bayi yang masih sangat ringkih ke lubang kerah.
  • Pilih yang bahannya lembut dan menyerap keringat.
  • Pilih yang aman (biasanya ada stiker SNI). Ketika mencuci perhatikan apakah bajunya luntur atau tidak.
  • Beli beberapa jenis model atau pakaian untuk menyesuaikan dengan situasi yang berbeda-beda. Misal yang kutung, yang lengan panjang, popok kain, celana pendek, celana panjang, celana buntung.
  • Tentu saja pilihan pakaian ini juga akan menyesuaikan dengan pilihan ibu. Apakah Ibu memilih untuk pakai diapers, pakai ppok kain atau clodi. Bayangkan nantinya ketika digunakan, ya…. Misalnya kalau pakai popok, tembus ke celana. Jika pakai jumpsuit maka harus ganti seluruh pakaian, sementara kalau pakai celana dan baju terpisah, hanya perlu ganti celana saja, dan seterusnya.
  • Beberapa Ibu memilih untuk menggunting merk pakaian. Saya sendiri memilih untuk tidak melakukannya.
  • Bayi baru lahir sangat cepat tumbuhnya, jadi ada baiknya memilih pakaian yang tidak terlalu ngepas dengan ukuran tubuh bayi. Kalau teman-teman membelinya sebelum persalinan, pilih saja beberapa ukuran yang bervariasi dari NB, 3 bulan sampai dengan 6 bulan.

2 . Tips Mencuci Baju Bayi

  • Baju bayi yang baru dibeli, wajib unuk dicuci terlebih dahulu ya…. Untuk menghindari adanya residu bahan-bahan kimia selama proses produksi baju dan juga debu-debu pada proses pemasaran.
  • Saya menggunakan mesin cuci, ketika mencuci saya pisahkan pakaian bayi dengan pakaian lainnya dan menyetel pencucian pada settingan Delicate.
  • Perhatikan proses membilas pakaian. Pastikan detergent telah terbilas dengan baik ya. Supaya kain tidak menjadi kaku serta sisa detergent tidak mengiritasi kulit bayi. Jika Teman-teman menggunakan detergent biasa memang harus memberikan concern lebih dalam proses pencucian dan pembilasan ya. Saya pribadi prefer pakai detergent bayi saat newborn, karena detergent bayi cenderung lebih mudah dibilas, tidak meninggalkan residu dan memang diformulasikan untuk kulit bayi.
  • Jemur segera setelah proses pencucian selesai, agar kuman dan bakteri tidak sempat berkembang di serat kain yang basah dan lembab.
  • Saat menjemur, jangan lupa dikibas-kibaskan terlebih dahulu ya. Supaya serat serat kainnya tidak mengerumbul atau mengkerut kerut. Saya biasa melakukan hal tersebut, sehingga kain jadi lebih lembut saat kering dan bahkan kadang tidak perlu disetrika lagi. Hehehe…. #tipsnyonyamalas Mayan banget lo Nyaaaaah, kalau ga ada ART kan energi kudu disimpen yeeee….
  • Kalau pakaian dijemur di luar ruangan, segera setelah kering masukkan pakaian ke dalam ruangan. Agar terhindar dari debu dan atau serangga. :) Sinar matahari memang bagus untuk membunuh kuman dan penyakit, tapi nggak perlu sampai dijemur berhari-hari juga kan…. Tar jadi keripik, wkwkwk….

3 . Review Produk Detergent Bayi

Saat mempersiapkan baju bayi baru lahir, untuk anak kedua saya. Saya mencoba produk detergent bayi dari Mama’s Choice. Nama Produknya Mama’s Choice Baby Detergent.

Produk ini adalah produk deterjen khusus bayi yang diformulasikan aman untuk bayi baru lahir atau yang memiliki kulit sensitif. Selain formulanya yang lembut, produk ini efektif membersihkan dan juga mengandung bahan antibakteri alami dari tea tree extract.

Bahan-bahan yang digunakan dalam produk ini adalah sebagai berikut:

Produknya tidak mengandung SLS/ SLES, tidak mengandung paraben/ formadehyde, tidak mengandung triclosan. Produk ini juga sudah mendapat izin Kemenkes RI dan juga sertifikasi Halal MUI ya….

Saya secara reguler menggunakan produk ini untuk pemakaian mesin cuci. Namun, produk ini bisa digunakan baik menggunakan mesin cuci ataupun pencucian tangan ya. Nggak panas di tangan.

Baunya produk ini cukup awet, dalam artian ketika dijemur tidak hilang berganti bau matahari. Namun tidak nyegrak gitu. Teksturnya detergentnya encer, hal ini sepertinya yang membuat proses pembilasannya menjadi optimal. Namun teman-teman perlu berhati-hati saat menuangkannya ke mesin cuci atau ember ya. Jangan terlalu bersemangat hihihi…. Pakai tutup botol untuk membantu mengukur takaran pakai.

Informasi lebih lanjut tentang produk ini bisa Teman-teman dapatkan di web Mama’sChoice atau media sosialnya di @mamaschoiceid.

Pembelian produk bisa dilakukan di Official Store Mamachoice di Shopee dengan harga Rp 79.000,00. Ada diskon tambahan untuk pembelian minimal Rp 150.000,00 (seluruh produk) dengan kode diskon MAMANYM.

4 . Membersihkan Mesin Cuci

Satu lagi tambahan dariku, tentang mempersiapkan baju bayi yang sering dilupakan oleh para orang tua adalah tentang kebersihan mesin cucinya. Jangan lupa untuk rutin membersihkan mesin cuci dan deep cleansing secara berkala ya kalau mencuci pakaian bayi atau perlengkapan bayi dengan mesin cuci.

Bagaimana cara membersihkan mesin cuci, teman-teman bisa mengacu pada website brand mesin cuci yang teman-teman pakai. Pada dasarnya kalau saya, tidak apa-apa menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian bayi, asalkan kita benar-benar memperhatikan cara pencuciannya dan juga kebersihan dari mesin cuci.

5 . Kapan Mulai Mencuci Baju Bayi Sebelum Lahir

Kalau menurut saya, kapan waktu mulai mencuci baju bayi sebelum lahir yang tepat adalah selambat-lambatnya di trimester 3 ya. Jangan terlalu dekat HPL (hari perkiraan lahir) karena namanya hari perkiraan ya, jadi bisa lebih cepat juga. Jangan sampai, tiba-tiba harus segera ke RS, sementara bajunya belum kering ya…. Hehehe….

Waktu mencuci baju yang tidak mempet dengan hari perkiraan lahir, juda demi kondisi ibu agar tidak terlalu lelah. Kecuali dicuciin si, beda cerita ya :)

Demikian sharing dariku tentang cara memersiapkan baju bayi baru lahir versiku. Semoga bermanfaat yaaaaa!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah