Review Sterimar Baby Nasal Hygiene

Sterimar Baby Nasal Hygiene dikenal juga dengan sebutan Sterimar Nasal Spray alias semprotan hidung, kalau kata anak saya. Pertama kali pakai produk ini pas anak saya usia kurang lebih 9 bulanan. Botol ini adalah botol ketiga (anak saya uda 3 tahun lebih sekarang). Karena sudah cukup lama menggunakannya dan juga merasakan manfaatnya saya jadi yakin untuk menuliskan review Sterimar untuk bayi ini.

Sebagai orang tua, kadang kita sering kawatir apabila bayi sakit atau pilek. Beberapa home treatment bisa dilakukan untuk meringankan gejala pilek pada bayi, terutama untuk mengurangi hidung mampet, agar bayi dapat beristirahat dengan tenang dan kembali sehat. Salah satu yang saya gunakan di rumah adalah nasal spray, merk Sterimar Baby.

Sterimar Baby Nasal Hygiene bisa dibilang termasuk nasal spray atau saline spray ya. Pengertian nasal menurut KBBI, terkait dengan udara melalui hidung. Sementara saline adalah cairan isotonik, atau larutan garam atau cairan infus. Spray sendiri merujuk kepada proses membuat cairan saline tadi menjadi semburan yang sangat halus (microdiffusion) sehingga tidak sakit ketika disemprotkan ke dalam hidung.

sterimar baby nasal spray

Setahu saya, soalnya ada teknik lain untuk menyemprotkan cairan saline dalam rangka nasal hygiene yang bukan menggunakan teknik spray. Biasanya digunakan untuk orang dewasa ya. Saudara saya pernah melakukannya atas petunjuk dokter. Tapi saya kok takut melihatnya, hehehe. Dengan teknik spray, rasanya lebih nyaman kalau buat bayi. IMHO.

Manfaat Sterimar Nasal Spray

Manfaat yang paling kerasa dari penggunaan nasal hygiene ini adalah untuk “membersihkan ingus”. Jadi yang tadinya ngumpul di hidung dan susah dikeluarkan, jadi meler dan plong gitu. Gimana ya bahasanya hihihi….

Intinya membantu pernapasannya jadi lebih nyaman saat pilek. Tapi cara bekerjanya berbeda dengan Vicks yang pelega hidung itu ya. Cara bekerjanya juga tidak menggunakan obat-obatan, melainkan menggunakan air laut yang diproses secara microdiffusion.

Klaim manfaat resminya, bahan baku, cara penggunaan,dll ada di kemasan, sebagai berikut, “Sterimar baby is a medical device and is recommended for cleansing your baby’s nose.

Disarankan di kemasannya, sterimar untuk bayi usia 0-3 tahun. Saya sendiri baru mencoba produk nasal spray ini saat anak saya usia 9 bulan.

Review Sterimar Nasal Hygiene

Kalau yang saya rasakan, cara bekerja dari Sterimar ini membersihkan dan melapisi membran hidung sehingga tetap lembab dan sehat. Saya sendiri pernah mencoba menggunakan Sterimar, dan terasa manfaatnya ya walaupun tidak seketika tapi memang ingusnya luruh.

Lalu ketika saya sedang flu, secara berkala saya semprot, mengurangi rasa tidak nyaman di hidung. Kalau tidak sedang common flu, namun saya merasakan ada alergi dingin, misalnya karena AC (AC membuat udara terlalu kering), saya juga pakai Sterimar ini. So far, terasa meringankan gejala.

Sebenarnya ada Sterimar yang khusus untuk dewasa ya. Namun, sejak pindah ke Surabaya, anak saya jarang pilek lagi. Jadi Sterimar Babynya saya yang pakai, hehehe.

Review Sterimar untuk Bayi Pilek

Cons

Sebagai penganut sabar dan gendong dalam pengobatan pilek, kami memang memahami kalau penggunaan nassal spray untuk bayi ini tidak wajib.

Pun perlu dipertimbangkan kenyamanan anak saat proses penyemprotannya. Karena di awal-awal, anak pasti curious kan. “Apaan ni dimasukin hidung guwe?!?!?” Kalau anak berontak ya bisa kecolok tuh (lihat gambar bagian ujung spray).

Pros

Namun berdasar pengalaman, terutama saat mau naik pesawat dalam kondisi anak pilek, kami biasanya memang semprotkan dulu (sudah konsul dokter juga) dan mendapatkan manfaatnya tadi.

Ketika sudah beberapa kali pakai pun, anak kami sudah nggak merasa terintimidasi lagi dengan ujung spray yang perlu dimasukkan ke hidung. Semprotannya pun halus banget, jadi sebenarnya tidak sakit.

Namun ya balik lagi, lihat bocahnya juga. Anak saya kebetulan kalem (kaya ibunya gitu 😜), bisa dikondisikan, jadi berasa lebih besar manfaat dari mudharatnya, imho.

sterimar untuk bayi

Cara Menggunakan Sterimar Baby

Cara menggunakan Sterimar Baby adalah sebagai berikut:

  1. Buka tutup produk Sterimar Nasal Hygiene,
  2. Secara lembut masukkan ujung nozzle (ujung bulat kecil di bagian atas kemasan produk) ke lubang hidung bayi,
  3. Tekan bagian nozzle yang bergerigi,
  4. Tunggu sesaat, ketika produk Sterimar Baby menyemburkan air dengan lembut,
  5. Tarik ujung nozzle nasal spray,
  6. Biarkan sisa cairan produk mengalir keluar dari lubang hidung sebelum mengelap hidung bayi,
  7. Ulangi langkah-langkah di atas untuk lubang hidung yang lain,
  8. Setelah itu, cuci nozzle dengan sabun dan air bersih, keringkan,
  9. Simpan produk dalam keadaan tertutup,
  10. Lakukan penyemprotan menggunakan Sterimar Baby 2-6 kali sehari setiap di perlukan di masing-masing lubang hidung.

Bahan Baku dan Ukuran Sterimar Baby

Komposisi utamanya adalah air laut 31,82 ml per 100 ml purified water, 100% natural. Diperkirakan dapat digunakan kurang lebih untuk 150 dosis.

Kemasan Sterimar sendiri dalam bentuk tabung spray ukuran 50 ml, sekitar satu genggaman orang dewasa. Tingginya sampai ujung nozzle kurang lebih 15 cm dan diameternya 4 cm.

Foto produk yang saya punya adalah foto kemasan lama ya….

Harga Sterimar Spray vs Harga Saline Spray untuk Bayi Lain

Yang perlu dipertimbangkan lagi mungkin adalah harganya ya. Cenderung pricey kalau dibanding tetes hidung, dll. Hanya jujur, saya belum pernah coba yang lain, jadi tidak bisa memberikan informasi perbandingan lebih lanjut.

Harga Sterimar: Rp 130.000,00 an.

Semoga review Sterimar bermanfaat untuk memberi gambaran ya, bagi teman-teman yang sedang mempertimbangkan beli produk ini. Kalau saran saya si, walaupun tidak perlu pakai resep, sebaiknya tetap konsultasi ke dokter ya….

Semoga kita semua sehat-sehat selalu. Salam sayang!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah