7 Kelebihan Ketika Beli Tiket Citilink

Karena saya orang Surabaya, yang bandaranya ada 2 dan berjauhan, saya cenderung lebih suka beli tiket maskapai Citilink (untuk low cost carrier), karena bandaranya tol ke tol dari dari rumah. Hihihi jadi dekeeettt dan predictable banget traffict jalannya. Cuma memang, selain alasan tersebut, IMO, Citilink punya beberapa kelebihan ya dibandingkan dengan maskapai lain di jajaran low cost carrier. Setidaknya ada 7 kelebihan yang akan didapat, ketika memesan tiket Citilink di Traveloka, dibandingkan tiket maskapai lainnya. Berikut ini, adalah beberapa kelebihan yang dimaksud:

1 . Harga yanglebih terjangkau 

Saya bilang terjangkau, bukan yang paling murah memangsecara umum. Ada satu maskapai yang biasanya lebih murah. Tapi kalaudibandingkan lebih jauh dari segi fasilitas yang diberikan oleh maskapai,kenyamanan, ketepatan waktu, keramahan kru, dll, maka harga yang diberikanCitilink terbilang cukup murah.

Karena buat saya yang dulu Jakarta – Surabaya PP tiap satu –dua minggu sekali, harga tiket dan ketepatan waktu itu kunci banget ya. Percumakalau harganya murah, tapi sering delay atau sering reschedule mendadak. Waktusaya ketemu keluarga ya cuma dari Jumat malam sampai minggu sore, kan…. #curhat

2 . Gratisbagasi 

Kelebihan lain yang akan didapat ketika membeli tiketCitilink adalah fasilitas bagasi gratis. Hal ini untuk semua rute penerbangan. Jadiwalaupun citilink ini low cost carrier, tapi tetep ada fasilitas penting ini. Terakhirsaya terbang pakai Citilink itu di pertengahan Januari 2020, masih bisa bawa barangmaksimal 20 kg. Artinya barang yang berukuran besar dapat dibawa di dalamlambung pesawat, atau di bagian dalam pesawat, yang tidak dapat diakses olehpenumpang secara langsung. 

Seperti yang disebutkan di atas, layanan bagasi ini adalah gratis, artinya para penumpang tidak akan terkena charge atau tambahan biaya sewa bagasi. Batas berat barangnya sekitar 20 kg atau kurang, tidak akan dikenakan biaya apapun. Sedangkan jika bebannya berlebih, tentu saja akan dikenakan biaya tambahan. Keterangan fasilitas ini dapat di lihat di lembar boarding pass Temen-temen, jika temen-temen melakukan web checkin sebagai berikut:

Luggage/ bagasi 20 kg.

3 . Bagasi kabinyang luas

Selain mempunyai bagasi yang besar, Citilink juga mempunyairuang kabin yang luas. Jika dilihat secara umum, maka ukuran ini terbilangstandar, untuk ukuran kabin pesawat. Dimana ukuran kabin yang diberikan sekitar7 kg saja, dengan dimensi 56 x 36 x 23 cm. Backpack saya (Eiger) kemarin sayaisi full pakaian saya (tanpa bawa anak) untuk perjalanan 4 hari 3 malam masihbisa masuk kabin. Jadi Anda yang membawa sedikit barang, dapat menyimpan didalam kabin atau di dalam pesawat itu sendiri, yang posisinya ada di bagianatas kepala Anda.

TIPS:

Hehehe, ini penting buat yang mau cepet cepet moving. Jadinggak perlu masukin barang ke bagasi, turun pesawat bisa langsung cawww!!!

4 . Adanyalayanan check in online 

Selain mempunyai layanan check in, di counter Citilink,biasanya saya check in online dulu dalam waktu 24 jam sebelum penerbangan bisadilakukan di web atau aplikasi. Saya biasanya pakai web. Senengnya lagi bisaweb check-in walaupun dengan posisi bawa infant (terakhir saya bawa bayi pakaiCitilink di akhir tahun 2018). Jadi nggak perlu terlalu lama menunggu dibandara.

Hal ini bisa jadi solusi buat yang tidak mau terlambat untuk check in, dan mau memroses check in dimana saja. Kebayang kan, misalkan saja saat ini Temen-temen masih berada di dalam kendaraan menuju bandara. Tidak ingin terlambat, maka Temen-temen bisa menggunakan fasilitas tersebut. Cukup kunjungi halaman check in yang ada di Citilink, dan masukkan kode booking, dan detail informasi lainnya. Apabila sudah selesai, dan prosesnya benar, maka kartu boarding pass akan didapat.

Boarding Pass saya, pertengahan Januari lalu. Bagian barcode sengaja diblur.

Kartu ini yang nantinya dapat dicetak, di kios Citilink yangada, dan mengikuti prosedur standar lainnya. Atau dicetak sendiri denganprinter juga bisa. Untuk yang nggak bawa bagasi, hal ini bisa dilakukan,jadinya lebih praktis dan cepat movingnya.

5 . AdanyaCitilink Comunity

Ini adalah salah satu komunitas penggemar olahraga sepeda,yang sengaja dibentuk khusus, untuk para penumpang Citilink. Dimana parapenumpang dapat mendaftarkan diri sebagai anggotanya, dan membayar biayakeanggotaan sejumlah tertentu. Biaya ini sendiri akan berlaku selama 1 tahun.Keuntungannya adalah, adanya tambahan kapasitas bagasi sekitar 20 kg, untukmembawa sepeda. Ada juga kartu anggota Citilink, dan diskon sebesar 10%, untukCitilink Cars, dengan menggunakan kode promo khusus. Kalau yang satu ini, sayasendiri belum pernah coba, Cuma FYI aja, karena kayanya banyak ya yang sukagowes. 

6 . Destinasi danJam Keberangkatan yang beragam    

So far, karena kebanyakan tujuan perjalanan saya di daerahJawa dan Bali, kalau pakai Citilink banyak banget pilihan penerbangannya. Kalauminggu masih ada acara keluarga misalnya, dulu saya masih bisa milih balik keJakarta di Senin paling pagi buat ngejar ke kantor, telah telat dikit, nggaksampai harus izin sehari.

Hal ini beneran praktis, karena dengan moda transportasi yang makin terintegrasi, kita bisa moving dengan fleksibel. Kemarin pas pertengahan Januari saya datang ke Jakarta pakai Citilink pun, dari depan terminal kedatangan saya bisa naik Kalayang untuk kemudian naik Kereta Bandara. Kapan-kapan saya cerita lebih detail ya, saya kasih spoiler foto atu dulu hihihi….

Solo travel, maunya serba praktis dan cepat.

Bahkan di Bandara Jogja yang baru yang deket sama Purworejo(tempat Nenek Kakek saya) itu pun sudah ada penerbangan Citilink. Hihihi,tengah tahun ini kayanya saya bakal first time pulang kampung nyobain Bandara Baruitu, pakai Citilink dong tentuuuuu!

7 . Adanyakebijakan refund dan reschedule dari Citilink 

Kelebihan lainnya yang akan didapat, ketika beli tiket Citilink seperti ini adalah, adanya kebijakan refund dan reschedule. Kebijakan ini, tentunya tidak ada di semua maskapai, namun di maskapai Citilink, memilikinya. Dengan adanya kebijakan refund untuk beberapa alasan pribadi. Maka pihak penumpang, dapat melakukan proses pembatalan, atau mengubah ulang jadwal penerbangan yang ada. 

Sedangkan untuk kebijakan reschedule, maka pihak Citilink akan mengatur ulang tanggal, jam, rute yang akan digunakan. Tentunya hal ini akan dilakukan dengan beberapa persyaratan tertentu. Hal ini penting, karena sebagai pejuang LDM, dulu seringnya beli tiket Citilink kan jauh-jauh hari ya….

Saya juga pernah bandingin pengalaman saya naik tiga maskapailow cost carrier. Ada satu pengalaman yang bikin saya kapok dan nggak pernahnaik maskapai itu lagi. Maskapai apa hayoooo tebaaak!!!

Baca di: Pengalaman Naik 3 Maskapai Low Cost Carrier Lokal Bawa Bayi

Semoga sharing kali ini bermanfaat yaa!!! Salam sayang!  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah