Tips Mencuci Botol Susu dan Perlengkapan Bayi

Mencuci botol susu bayi dan perlengkapan lain (alat makan dan mainan) tampak mudah dan sederhana. Namun apabila dilakukan dengan baik, sebenarnya kita sedang melindungi anak kita dari serangan bakteri jahat loh. Karena walaupun tampak bersih, namun bisa jadi ada bakteri jahat yang bersarang di alat makan dan minum anak-anak kita. Di sisi lain kondisi tubuh bayi dalam masa 1000 hari perlindungan atau masa bayi baru lahir s.d. batita, masih sangat rentan terkena penyakit.

Berdasarkan pengalaman saya selama ini, lemak susu yang tertinggal di dinding atau celah-celah sempit botol bayi seringkali tidak dapat terlihat dengan kasat mata. Setelah dicuci, botolnya sudah tampak jernih, namun saat kering, dan diraba masih ada lapisan lemaknya. Duh, sasaran empuk buat bakteri jahat berkumpul ni!

Tips Mencuci Botol Bayi

Demikian juga dengan mainan atau aksesoris lainnya, duh, bocah di bawah satu tahun yang sedang fase oral tu seneng-senengnya ya memasukkan mainan di dalam mulutnya…. Mau melarang, tapi ya memang fase pertumbuhannya demikian, kan ya, Nyaaah, I feel you banget. Semangaaaaattt!!! Beranjak besar dan sudah sapih pun, saya masih sering menemukan bercak kotoran di sedotan air minum Gayatri. Padahal isinya air putih loh. Hal ini bisa berasal dari sisa makanan yang ada di mulut anak ketika dia minum. Sisa makanan itu masuk ke dalam botol, bersama dengan air. Oleh karena itu, botol air putih juga harus dicuci setiap hari ya.

Pertama kali yang mengingatkan saya hal ini adalah kakakipar. Dia menyadari ada rasa yang berbeda dari air minum di botol Gayatri.Selidik punya selidik ternyata sedotannya dong yang kotor. Kotoran itu tidakterlihat karena berada di dalam sedotan dan pas di bagian tutup botol. Sejaksaat itu, setiap mencuci botol Gayatri, saya selalu bongkar komponen, termasuksedotan dan lain-lain.

Selain kotoran di dalam sedotan, yang seringkali sulit untukdijangkau adalah sisa susu yang berada di dasar botol dot. Biasanya hal inidisebabkan mulut botol yang kecil namun dalam atau berukuran di atas 250 ml.

Saya juga dulu merasakan kekhawatiran yang sama. Namunsetelah banyak ngobrol dan dari pengalaman-pengalaman selama ini, jadi ketemujalan keluar dari permasalahan di atas. Jawabannya adalah di peralatan mencuciyang tepat dan pembersih botol yang berkualitas.

Berikut saya sampaikan beberapa peralatan yang akanmemudahkan teman-teman, terutama ibu baru, mencuci botol susu bayi atauperalatan makan anak.

Peralatan Mencuci yang Harus Dimiliki

Perlengkapan Bayi
Peralatan Mencuci Botol Steril

1. Sikat Khusus Botol

Sikat khusus botol yang saya miliki kebetulan merknya samadengan botol susu yang anak saya punya. Karena merk-nya sama, jadi desainnyapas banget bisa menjangkau sampai ke dasar botol dan lekukan-lekukan botol.Karena sikatnya diproduksi oleh produsen botol susu, saya juga jadi yakinkalau, sikat ini tidak akan merusak lapisan plastik botol susu.

2. Pipe Cleaner

Sementara pipe cleaner, bisa anda dapatkan di toko-tokokelontong atau baby shop. Semenjak booming sedotan stainless, pipe cleaner inijuga makin mudah ditemukan kok. Harganya pun sangat murah.  Namun bermanfaat sekali untuk membersihkanbagian dalam sedotan pada tempat minum anak.

3. Spons Khusus Alat Makan Anak

Last but not least, tentunya adalah spons atau sabut pencucipiring. Yang membuat spons ini berbeda, bukan hanya karena warnanya yang pinkya. Melainkan karena spons warna pink ini memang didesain lebih halus agartidak menggores alat makan anak. Spons seperti ini sudah mudah sekali ditemukandi minimarket. Jangan lupa untuk cek keterangan “Untuk Alat Makan Anak” yangtertera di kemasannya.

Cleanser Pencuci Botol, Dot dan Perlengkapan Bayi

Pencuci Botol Susu

Selain peralatan mencuci di atas, yang tak kalah penting,menurut saya adalah cleanser yang digunakan untuk mencuci. Dari Gayatri bayisampai dengan sekarang sudah bisa lari-lari, saya masih setia menggunakan SleekBaby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi.

Selain karena mudah ditemukan di minimarket terdekat, menggunakan produk bayi yang aman ini membuat perasaan saya lebih tenang karena fitur-fitur yang dimilikinya. Fitur pada Sleek Baby Pembersih Botol dilengkapi dengan 8 Proteksi.

Pembersih Botol Bayi
Sleek Baby Pencuci Botol

1 . Anti BacterialAlami. Sleek Baby menggunakan bahan alami sebagai bahan aktifnya,

2. MicrobiologicalTested. Secara klinis, Sleek baby telah teruji efektif membasmi bakteri E.coli (penyebab diare), Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa danAspergillus sp.

3 . Stain Removal.Dengan fitur stain removal ini, Sleek Baby mampu membersihkan kotoran sertanoda yang melekat di peralatan bayi. Sleek baby juga cukup efektif dalammenghilangkan sisa lemak susu serta bau yang kurang sedap pada peralatan makan.

4 . Food Grade.Lambang Food Grade ini salah satu yang membuat hati tenang, karena berartiproduk ini tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan, jadi amanuntuk anak.

5. Paraben Free.Salah satu bahan kimia yang seringkali menjadi sorotan ibu-ibu adalah paraben.To whom it may concern, Sleek Baby tidak mengandung paraben ya.

Selain perlindungan kepada anak-anak yang menggunakan alatmakan yang dicuci menggunakan Sleek Baby, produk ini juga memberikanperlindungan kepada para pencucinya looooh. Hihihi, so sweet yak. Terbukti adaperlindungan-perlindungan berikut ini.

 6. Hypoallergenic.Sleek baby diformulasikan hypoallergenic. Sehingga meminimalisasi terjadinyairitasi kulit, gatal-gatal dan kulit kasar.

7. DermatologicallyTested. Formulasi tersebut sudah diuji secara klinis oleh ahli kulit.

8. High QualityConcentrate. Yang terakhir ini adalah perlindungan terhadap kantong.Hihihihi. Teman-teman mungkin akan menyadari kalau tekstur cleanser ini sedikitberbeda denga sabun cuci piring biasanya. Tenang saja, walau demikian,efektivitasnya tetap terjamin kok. Dengan sedikit produk, kotorannya bersih.

Untuk info terkait produk Sleek Baby Pembersih Botol Dengan8 Proteksi dapat didapatkan di FB : https://id-id.facebook.com/SleekJugaSayangAnak/dan IG :

TutorialMencuci Botol Bayi dan Anak

Jika ada teman-teman yang memerlukan gambaran lebih lanjut, step by step mencuci peralatan minum bayi, berikut adalah video ilustrasi bagaimana saya biasanya mencuci botol susu maupun botol minum Gayatri.

Saya harap sharing di atas cukup jelas ya. Namun, jika adahal-hal yang masih belum jelas, silakan DM di IG atau tinggalkan komentar ya….Akan saya balas, as soon as possible. Terimakasih sudah mampir.

Salam sayang!

#SleekBaby #SleekBabyAlamiMelindungi #SleekBaby8Protection#1000HariPertama

#PerlengkapanBayi #ProdukBayi #BayiBaruLahir #PembersihBotol

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget