Awww!!! Menghilangkan Bulu Ketiak Tanpa Rasa Sakit dengan Erhair Removeasy

Rambut ketiak atau yang juga sering disebut bulu ketiak adalah sesuatu yang sebenarnya alami tumbuh saat tumbuh dewasa. Namun, pertumbuhan yang berlebihan seringkali mengganggu penampilan. Adanya rambut yang tumbuh tidak beraturan, menimbulkan kesan tidak bersih dan jorok. Iyuuuhhh…. Siapa yang mengalami masalah sulit menghilangkan buku ketiak ini? Tos dulu, kitaaaa!

Menghilangkan bulu ketiak dengan berbagai cara pernah saya coba. Dari mencabut, mencukur dan juga dengan krim. Namun, hasilnya belum memuaskan.

Seperti cara mencabut, cara ini selain ribet, karena harus nyabutin atu-atu sampai leher pegel, juga menimbulkan rasa sakit. Jangankan sakit karena waxing, sakit karena dicabut satu-satu saja saya nggak tahan. Rasa sakit itu akibat luka di bekas cabutan. Kadang malah terbentuk seperti jerawat kecil akibat infeksi. Jerawat kecil-kecil tersebut membuat kulit saya tampak seperti kulit ayam mentah yang habis dicabut bulunya. Brudul-brudul gitu. Sedih deh.

Mencukur pun tidak kalah menyakitkan, seringkali timbul iritasi ringan yang menimbulkan warna kehitaman di ketiak. Dan biasanya akan tumbuh rambut yang lebih tebal dan keriting di bekas area cukuran.

Saya saat melihat information book sambil registrasi.

Beruntung saya dapat info tentang treatment ERHAIR Removeasy Hair Removal by IPL dari Mbak Caca, kenalan saya. Treatment ini bertujuan untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan pada bagian tubuh tertentu. Prosesnya menggunakan teknologi Intense Pulsed Light (IPL) di Erha Apothecary & Erha Clinic.

Karena di dekat rumah saya kebetulan ada Erha Clinic, saya berniat mencobanya. Hihihi, soalnya dengar-dengar, metode ini tu prosesnya cepat, tidak sakit dan juga bisa menghilangkan rambut secara permanen. Kan menggiurkan tu….

Berikut adalah pengalaman saya mencoba ERHAIR Removeasy. Sebelumnya, saya kasih warning dulu kalau nanti mungkin akan ada gambar ketiak yang muncul. DISGUSTING PICTURE ALLERT. Tapi saya mohon izin untuk tetap menampilkannya ya, supaya teman-teman yang kemarin di IG nanya tentang proses detail dan before after treatment bisa dapat gambaran yang jelas.

Suasana di Lantai 1 Klinik Dermatologi Erha Clinic

ERHAIR Removeasy Hair Removal by IPL

Seperti disebutkan di atas, treatment ERHAIR Removeasy Hair Removal by IPL ini adalah tindakan medis yang menggunakan teknologi Intense Pulsed Light. Teknologi ini berbasis sinar/ cahaya yang berspektrum luas.

Cara kerjanya adalah dengan menembakkan sinar ke area yang rambutnya ingin dihilangkan. Sinar yang dihasilkan akan diubah menjadi energi panas dan saat mencapai folikel rambut, sinar tersebut akan diserap oleh melanin rambut. Dengan demikian, folikel rambut akan mengalami regresi, yang diharapkan menyebabkan pengurangan ketebalan rambut (rambut yang tumbuh lebih halus), pengurangan pigmen rambut, rambut rontok dan mencegah pertumbuhan rambut kembali.

dr. Cahyangi Abi Saka menjelaskan proses treatment
Sumber: digambar ulang dari penjelasan dr. Cahyaning Abi Saka.

Pada gambar di atas, tampak bahwa rambut akan rontok dengan sendirinya selama dua minggu setelah perawatan. Kurang lebih 70% rambut/ bulu ketiak akan hilang secara permanen dan sisanya akan tumbuh lebih halus dan tipis. Apabila tindakan hair removal dilakukan secara terus menerus (4-5 kali) sesuai prosedur yang dianjurkan, maka akan memberikan hasil yang permanen.

Selain info di atas, dr. Cahyangi juga memberikan info bahwa energi dari sinar tersebut dapat menghancurkan pigmen di dalam kulit, mengurangi produksi minyak di kulit, mematikan rambut, hingga merangsang pertumbuhan serat kolagen kulit (peremajaan). Sehingga nantinya kulit ketiak akan menjadi lebih cerah dan sehat.

Dokter Cahyangi juga memberi infor beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pasien sebelum datang untuk treatment:

  1. Sebaiknya tidak berjemur sebelum melakukan treatment.
  2. Hindari infeksi.
  3. Jangan melakukan waxing 3-4 minggu sebelumnya.

Tahapan Pelaksanaan Treatment Hair Removal

Berikut adalah gambaran tahapan pelaksanaan treatment ERHAIR Removeasy Hair Removal by IPL:

Tahap demi tahap pelaksanaan treatment.

1 . Konsultasi dengan Dokter

Sebelum treatment dilaksanakan, perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dalam sesi konsultasi ini, dokter akan menginfokan tentang IPL, memberikan gambaran treatment yang akan dilakukan lalu menjelaskan beberapa hal yang harus dijaga after treatment.

2 . Persiapan Treatment

Kemudian suster akan membersihkan area ketiak terlebih dahulu. Jika teman-teman belum bercukur sebelumnya, tidak usah kawatir karena nanti akan dibantu dicukurkan terlebih dahulu. Kemarin dr. Cahyangi juga menganjurkan, sebaiknya memang tidak dicukur sendiri agar menghindari iritasi. Karena treatment tidak dapat dilakukan apabila kondisi kulit sedang iritasi.

Kondisi kulit sebelum treatment juga didokumentasikan oleh pihak klinik. Pada tahap ini, mesin terkomputerasi, yang digunakan untuk mengatur kekuatan sinar dinyalakan.

3 . Dokter menggambar area ketiak yang akan menjadi area IPL menggunakan pensil berwarna putih.

4. Suster memberikan gel pada area IPL.

Gel gunanya menjadi medium, sehingga alat IPL tidak langsung kontak dengan kulit. Sehingga menghindari terjadinya iritasi. Selama treatment, gel ini dibersihkan dan ditambah sesuai dengan kebutuhan.

5 . Proses penyinaran.

Proses penyinaran dilakukan oleh dokter, mengingat hal ini adalah tindakan medis. Saat proses penyinaran, mata saya ditutup menggunakan penutup mata.

6 . Proses pembersihan akhir dan pemberian sunblock pada area IPL.

Teman-teman juga dapat melihat video berikut untuk mendapat gambaran yang lebih nyata atas pelaksanaan tahapan menghilangkan rambut/ bulu ketiak menggunakan teknologi IPL di Erha Clinic:

Before and After

Sebagaimana gambar di bawah ini, kondisi sebelum treatment saya ada beberapa daerah berwarna kehitaman akibat sering dicukur menggunakan pisau cukur (area yang ditunjukkan dengan garis putus-putus). Selain itu juga ada masalah seperti jerawat kecil.

Setelah perawatan, daerah yang kehitaman mengecil/ warna kehitamannya memudar. Saya tidak mengalami kemerahan maupun bula (lepuh). Karena saya menuliskan artikel ini beberapa hari setelah treatment, hasil rontoknya rambut/ bulu ketiak belum tampak. Akan saya tambahkan di akhir bulan Oktober ya.

Kondisi ketiak sebelum dan sesudah treatment.

Kalau biasanya setelah cukur, saya mengalami perih dan jerawat, paska IPL saya tidak mengalami masalah tersebut. So far, saya senang karena tidak ada efek samping yang saya alami. Tinggal menunggu hasil bulu ketiak/ rambut rontok saja.

Apa yang harus diperhatikan setelah treatment:

Berikut adalah hal-hal yang dipesankan oleh dokter dan saya praktikkan setelah treatment.

  1. Minimal lima hari setelah treatment, hindari aktivitas yang menyebabkan timbulnya keringat berlebih (seperti fitness), berenang, dan sauna. Selalu gunakan sunblock sebelum melakukan kegiatan.
  2. Tidak diperbolehkan untuk menyabut paksa rambut halus yang tumbuh paska perawatan, karena akan rontok dengan sendirinya.
  3. Apabila terjadi kemerahan, kompres area tersebut dengan icepack/ kompres dingin. Apabila keluhan berlanjut hubungi dokter (kontak ke Erha Clinic).
  4. Mengulang treatment dalam periode 3-5 minggu untuk hasil yang lebih optimal. Saya sendiri diminta untuk ulang treatment di awal bulan November.
  5. Menghindari tanning selama 3-6 bulan setelah treatment.

Pelayanan di Erha Clinic Rungkut

Saya datang di hari Minggu pagi pukul 10.00 WIB, saat itu saya mendapatkan antrian pertama untuk treatment. Dari administrasi, konsultasi sampai dengan treatment, saya rasa pelayanan di Erha Clinic Rungkut sangat sopan, informatif dan helpful.

Dokter, suster dan ruangan treatment.

Untuk ruang tunggu di lantai 1 bergabung dengan Erhastore yang menjual skincare product on the counter. Ruangannya tidak terlalu luas, namun cukup nyaman. Ruang tunggu di lantai 2, dekat dengan ruang konsultasi dokter, lebih lega dan tetap nyaman. Di ruang tunggu lantai 2, dilengkapi dengan toilet yang bersih.

Ruangan treatmentnya juga cukup nyaman dan bersih. Paling utama yang saya nilai adalah kebersihannya. Penting sekali karena kebersihan di klinik kecantikan ini menyangkut kesehatan juga.

Selain kebersihan, saya mengapresiasi dokter dan susternya. Kebetulan saya ditangani dr. Cahyangi Abi Saka, dibantu suster Fani. Saat konsultasi, apa yang saya tanyakan dijawab dan dijelaskan dengan baik. Dokter juga tidak menutup-nutupi risiko yang mungkin timbul dan menjelaskan juga bagaimana penanganannya jika hal itu terjadi (kemerahan).

Fequently Asked Questions

  • Sakit atau tidak? Saya tidak merasakan sakit. Ketika penyinaran hanya terasa hangat dan sedikit silau. Di video di atas, saya tampilkan percakapan saya dengan dokter saat treatment.
  • Berapa biayanya? Untuk underarm, Single  Rp 399.000,00, Paket 5x Rp 1.795.500,00, Paket 10x Rp 3.391.500,00. Biaya administrasi Rp 15.000,00 dan biaya konsultasi dokter Rp 150.000,00. Harga berbeda untuk area tangan dan kaki. Oiya, di bulan Oktober sedang ada promo untuk treatment ini dan juga bisa pakai OVO untuk mendapatkan cashback.
  • Bagian tubuh mana saja yang bisa dilakukan ERHAIR Removeasy Hair Removal by IPL? Underarm (ketiak), lengan/ tangan dan kaki.
  • Selain treatment ERHAIR Removeasy, teknologi IPL untuk apa saja? Setahu saya di Erha selain untuk Hair Removal, teknologi IPL juga digunakan pada treatment ERHA TRUWHITE Ultimate Radiance by IPL (dipadukan dengan diamond peel microdermabrassion). Treatment ini untuk wajah dan atau leher, dengan tujuan sehingga kulit tampak lembut, cerah dan glowing.
  • Dimana saja yang menyediakan treatment ini? ERHA Apothecary & ERHA Clinic. Untuk tahu lokasi terdekat dengan teman-teman bisa cek di website: https://www.erha.co.id/ IG Erha Official: @erha.dermatology.
  • Berapa kali treatment? Rata-rata untuk menghilangkan bulu ketiak diperlukan 4-5 kali treatment dengan jeda kurang lebih satu bulan di tiap treatment.

Namun, tentu saja, review ini berdasarkan pengalaman saya sebagai pengguna. Bukan sebagai ahli, jadi pengalaman saya tidak bisa dijadikan pengganti advice dokter ya. Jika teman-teman, memiliki permasalahan kulit dan rambut yang serius, saya rasa tetap penting untuk konsultasi langsung dengan dokter di cabang terdekat.

Semoga sharing kali ini bermanfaat ya. Terimakasih sudah membaca. Salam sayaaang!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget