Berburu Tiket Kereta Api

25 Februari kemarin uda dapat tiket kereta api belom buat mudik?

Belum?

Kasiaaan. Saya doooong! Nggak mudik. #mintadigaplok Hehehe….

Saya sendiri, walau nggak pernah ikutan mudik pakai kereta api. Selalu kecipratan hebohnya perburuan tiket kereta api. Bagaimana tidak, hampir sebagian besar eks teman kantor kan orang rantau ya. Jadi pasti pada berburu tiket kereta bareng-bareng, tu. Saling pantau di grup kantor. Atau malah saling titip. Rame banget deh.

2019-03-19 07.32.03 1-1024x768

Tips Berburu Tiket Kereta Api Lebaran

Berikut beberapa tips berburu tiket kereta api untuk mudik yang saya dapatkan dari rekan-rekan kantor:

1 . Pastikan jaringan internet kamu lancar.

Yang paling sering kejadian adalah, tiket udah dipilih, tiba-tiba loading lemot, trus keburu disamber orang. Rasanya tu, perih, kaya mantan baru putus sebulan uda kawin sama temen sendiri.

2 . Siapkan jadwal kereta api.

Sebelum beli, sebaiknya kita sudah tahu jadwal kereta api yang mau kita pilih.

Pastikan tanggal berapa mau berangkat dan kapan mau kembali. Jangan on the spot milih di web baru mikir. Sesuaikan jadwal cuti pasangan, jadwal liburan anak, misalnya. Tarik ulur ini kadang-kadang makan waktu ya, jadi dipastikan dulu.

Kota tujuan juga ya, sudah ditetapkan dulu. Buat yang single ini mah bukan perkara sulit ya. Yang uda berkeluarga ni, mudik bisa jadi satu sumber pertikaian rumah tangga. Mau mudik ke rumah orang tua atau mertua ni?

3 . Simpan data penumpang terlebih dahulu.

Catat nama lengkap, nomor KTP, dll, supaya saat pengisian data lebih cepat. Daripada disamber orang maning kan, karena kita lama isi datanya. Lebih mudah lagi kalau kita pakai aplikasi yang memang sudah menyimpan data penumpang sebelumnya. Jadi tinggal login, dan satu klik aja uda keisi datanya. Cepat dan ringkas.

4 . Siapkan pembayaran online.

Yakali tengah malem mau keluyuran bayar tiket di minimarket kan. Paling mudah dan cepet, ya bayar online aja. Jangan lupa handphone diisi pulsa, yang masih pakai token, dicari dulu tokennya.

5 . Tabah dan istiqomah.

Kalau belum dapat, cek beberapa jam kemudian. Siapa tahu ada yang cancel atau lewat batas pembayaran. Jadi tiket dilego ulang di aplikasi.

6 . Kalau bisa nyari tiket bareng-bareng.

Setidaknya sama istri atau sama temen. Jadi bisa saling pantau kondisi di masing-masing aplikasi.

2019-03-19 07.34.47 1-1024x768

Telat ya saya ngasih tips ini, harusnya bulan lalu ya, hehehe. Tapi saya doain deh, semoga yang sampai hari ini belum dapat tiket segera dapat cancelan. Atau dapat tiket kereta tambahan ya nantinya.

Pengalaman Beli Tiket Terburu-buru

Ngomong-ngomong tentang berburu tiket, saya juga pernah sih berburu tiket kereta api. Setidaknya dua kali.

Tidak pada musim menjelang lebaran. Namun, saat mendengar kabar duka yang mendadak.

Yang pertama saat meninggalnya nenek saya dari ayah. Dan yang kedua saat meninggalnya nenek dari suami saya.

Paling mendadak tu pas denger kabar neneknya suami, buyutnya Gayatri meninggal dunia. Saat itu pas jam pulang kantor, tepat saat saya dan suami barengan jemput Gayatri.

Satu-satunya jalan pulang ke kampung ya pasti naik kereta malam kalau kondisinya begitu. Naik bus nggak mungkin karena jamnya uda lewat. Naik pesawat pun uda ga mungkin go show lagi kan.

Terbirit-birit sambil pulang dan packing barang kami berburu tiket kereta api.

Deg-degan dalam perjalanan ke stasiun. Karena kami belum dapat tiket.

Syukurlah, dalam perjalanan, sambil menenangkan diri akhirnya kami memesan tiket kereta api online. Dan dapat! Padahal di hari H. Bersyukur banget rasanya. Karena kalau nggak ada kejelasan tiket, kasihan kan Gayatri harus terkatung-katung di dinginnya stasiun.

hiks

Sejenak saya flashback, jaman baheula, ketika membeli tiket kereta api harus antri di loket. Betapa tekhnologi sekarang begitu memudahkan manusia ya. Terasa terutama saat mengalami saat-saat genting begini.

Berkat aplikasi online, kami bisa sampai tepat waktu keesokan harinya. Mengantar jenazah Uyut ke peraduan terakhirnya.

Btw ada yang belum pernah menggunakan aplikasi online untuk membeli tiket? Sebenarnya ada banyak ya platform yang menjual tiket kereta api secara online, bahkan di web PT KAI pun juga jual.

Aplikasi Baru Pegipegi

Namun, saat ini saya mau share aplikasi yang punyanya Pegipegi. Aplikasinya baru diperbaharui ni soalnya, per 1 Maret 2019 ini.

Aplikasinya sebesar 27,87 MB. Buat smartphone jaman sekarang si enteng enteng aja ya. Saya merasa navigasinya juga enak dan nggak banyak delay karena bug, pop up nggak penting, dll. So, saya pikir ini perbaikan yang bagus si.

Sekilas tentang aplikasi ini dan perbaikannya dapat dilihat pada description box apps Pegipegi Hotel Train Flight di Apps Store maupun Play Store ya. Kurang lebihnya sbb:

PhotoGrid_1552956492791-1024x768

Untuk pembelian tiket kereta api, di bagian home, kita bisa pilih icon kereta api. Kemudan akan muncul laman Pesan Tiket Kereta dimana kita bisa isi stasiun asal dan tujuan serta tanggal keberangkatan. Di bagian atas ada piliha pulang pergi untuk memudahkan calon pembeli yang mau beli sekalian tiket pulang pergi.

Setelah dipilih akan muncul pilihan kereta yang tersedia beserta detail dan keterangan harga tiket kereta apinya. Saya simulasi pemilihan tiket untuk hari H ya, jadi tanggal keberangkatanya saya samakan dengan tanggal pembelian.

PhotoGrid_1552954142430-1024x768

Selanjutnya proses pemilihan tiket kurang lebihnya sbb ya…. Kalau pas jauh-jauh hari, pilihan kereta bisa jadi lebih banyak daripada ini. Untuk itu untuk memudahkan pemilihan, kita bisa menggunakan fitur Filter dan atau fitur Urutkan.

PhotoGrid_1552954197955-1024x768

Setelah kereta dipilih, kita bisa langsung melengkapi data. Pilihannya ada dua, menggunakan data yang ada dengan log in atau ketik manual. Jika log in enaknya adalah data kita tersimpan, jadi kalau beli tiket lagi tidak perlu isi data berkali-kali. Ini bermanfaat banget lo kalau sedang buru-buru, seperti pas rebutan tiket lebaran gitu….

PhotoGrid_1552954259382-1024x768

Selanjutnya, seperti biasa, kita akan diminta konfirmasi pembelian lalu pembayaran. Praktis banget kan ya proses pesan dan beli tiket kereta api, kalau mau via web bisa juga dengan klik link tadi ya….

Sungguh, saya happy banget si dengan banyaknya aplikasi travel seperti ini. Beneran memudahkan hidup ya…. Nggak perlu antri di stasiun dan pembayarannya pun nyaman.

So, mau pulang kampung kemana tahun ini? Semoga perjalanannya lancar dan aman ya semuanyaaa! Salam sayang!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah