Daily Skin-Hair-Body Care Menggunakan Bio Oil

Nyonya-nyonya pasti sudah banyak yang tahu kegunaan Bio Oil yang pokok: mengatasi masalah kulit seperti stretchmarks, scars, uneven tone, tanda penuaan dan kulit kering. Sebelumnya saya juga pernah membuat artikel tentang pengalaman saya menggunakan Bio Oil untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut di artikel Penggunaan Bio Oil untuk Ibu Hamil. Tapi ternyata setelah saya ikut Talkshow “Love Your Skin, Love Your Life” bareng Watsons Mall Kelapa Gading 3, saya jadi tau kegunaan Bio Oil yang lainnya. Kegunaannya ternyata masih banyak!!! Bermanfaat dari ujung kaki ke ujung kepala. Narasumber talkshow sendiri ada tiga orang: dr. Febby Karina – dokter spesialis kulit, Gisella Anastacia – mamaknya si imut Gempita dan Ibu Nurhayatini- product manager Pt Radiant Sentral Nutrindo (distributor Bio Oil di Indonesia).

talkshow-bio-oil

Penjelasan Daily Skin Care Routine oleh dr. Febby Karina

Sebelum pembahasan tentang manfaat Bio Oil untuk Daily Skin-Hair-Body Care, narasumber pertama yaitu dr. Febby memberikan beberapa penjelasan tentang kesehatan kulit dan bagaimana merawatnya.

1 . Ketahui Jenis Kulit

Mengetahui jenis kulit yang tepat akan membuat kita juga dapat memilih daily care yang tepat. Jangan sampai salah pilih produk yang membuat kulit kita malah menjadi bermasalah. Nah, jenis kulis sendiri sebenarnya dibedakan berdasarkan ciri-cirinya sebagai berikut:

  1. Normal: Memiliki Oily T-zone dan Oily di bawah bibir, sementara pipi tidak berminyak dan juga tidak kering.
  2. Oily Skin: Memiliki zona minyak di daerah T-zone, di bawah bibir dan di pipi. Atau dengan kata lain di seluruh permukaan wajah.
  3. Dry Skin: Kulit teras kering di seluruh bagian wajah. Tidak memiliki Oily T-zone.
  4. Combination Skin: Memiliki Oily T-zone dan Oily di bawah bibir, sementara pipi terasa kering.
  5. Selain keempat jenis di atas, dr. Febby Karina juga menambahkan tentang kulit sensitif. Ciri kulit sensitif adalah kulit yang mudah mengalami redness atau kemerahan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di foto berikut:

tipe-kulit-wajah

2 . Diagnosa kesehatan dan masalah kulit

Menurut dr. Febby Karina, kulit dinyatakan sehat apabila memiliki ciri sbb:

  1. Consistent Color,
  2. Smooth Texture,
  3. Good Hydration Levels,
  4. Good Sensation.

masalah-kulit-wajahSementara kulit Nyonya bisa dibilang memiliki masalah apabila terdapat tanda sbb:

  1. Scars, atau bekas jerawat,
  2. Dehydrated Skin,
  3. Stretchmarks,
  4. Aging,
  5. Uneven Skin Tone.

3 . Bagaimana merawat kesehatan kulit

  1. Healthy Intake,
  2. Good Life Style,
  3. Oral and Topical Medicine,
  4. Bio-Identical Hormon Replacement Therapy,
  5. Chemical Peeling, Microdermabration, Laser Filler, Botox.

4 . Tahapan Daily Skin Care

Sekarang sedang happenning banget tahap daily skin care ala Korea yang bisa sampai sepuluh atau lebih tahapan skin care. Nah, pas Talkshow kemarin, dr. Febby Karina memberikan insight tentang tahapan skin care secara basic:

daily-skin-care

  1. Cleanse : Bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan lapisan luar sel kulit mati. Dilakukan sebanyak 2x sehari.
  2. Exfoliate : Saya menyimpulkan poin 2 ini adalah physical exfoliate (penulis). Bertujuan untuk menghilangkan sel kulit mati. Dilakukan sebanyak 2x seminggu.
  3. Tone : Bertujuan untuk menyeimbangkan pH dan menghilangkan mineral-mineral sisa pembersihan sebelumnya. Dilakukan sebanyak 2x sehari.
  4. Correct : Bertujuan untuk memperbaiki kerusakan, menambah kekurangan tertentu pada kulit atau melakukan pencegahan tanda-tanda penuaan. Dilakukan 2x sehari.
  5. Moisturize : Bertujuan untuk menghidrasi kulit dan melembabkan. Dilakukan 2x sehari.
  6. Protect : Melindungi kulit dari terbakar akibat sinar matahari serta melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas. Dilakukan setiap tiga jam apabila berada di bawah paparan matahari.

Penjelasan Manfaat Bio Oil pada Daily Care

Fakta bahwa Bio Oil bermanfaat untuk perawatan/ pengobatan masalah kulit, terutama bagi ibu hamil, memang tidak dapat terelakkan. Namun, bagi kulit yang tidak memiliki masalah, produk ini pun bermanfaat banget.

product-manager-radiant-indonesia

Bu Nurhayatini dari Bio Oil menjabarkan setidaknya ada beberapa manfaat Bio Oil selain manfaat utamanya:

1 . Manfaat Bio Oil untuk Daily Skin-Hair-Body Care:

  1. Rambut : Bio Oil bermanfaat untuk memberikan kelembaban tambahan pda rambut. Digunakan setelah keramas dalam keadaan rambut setengah basah tanpa dibilas. Hal ini disampaikan oleh Gisella, yang mengiyakan manfaat Bio Oil pada rambutnya yang kering.
  2. Body Care : Bio Oil dapat dioleskan pada siku, lutut yg kering dan hitam, serta bisa digunakan sebagai bath oil (campuran air mandi di bath tub) maupun campuran perawatan mingguan seperti masker atau lulur.
  3. Skin Care (wajah) : Bio Oil pada daily skin care dapat berperan sebagai tahapan correcting maupun moisturizing. Jika digunakan sebagai produk correcting maka Bio Oil hanya dioleskan pada bagian yang memerlukan perawatan khusus. Sementara apabila digunakan sebagai moisturizer maka Bio Oil dioleskan secara tipis dan merata ke seluruh bagian wajah dan leher. Jangan kawatir untuk yang berjerawat pun dapat tetap memakainya.

Yang ditekankan oleh Ibu Nurhayatini adalah tentang keistiqomahan menggunakan produk skin care. Wajib disiplin. Dua kali sehari ga boleh bolong-bolong. Supaya manfaatnya terlihat nyata mempesona. Ingat ya Nyonya, jangan malas kaya saya…. Hehehe….

2 . Resep DIY untuk Perawatan Tambahan ala Salon

Nah selain perawatan harian, Ibu Nurhayatini juga memberi beberapa tips penggunaan Bio Oil yang kreatif banget untuk perawatan tambahan ala-ala salon. Jadi Beliau ngasih tiga resep perawatan Do-It-Yourself menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur. Pas materi ini diberikan, saya langsung semangat mencatat deh…. Soalnya DIY kan Nyonyamalas banget! Nah resep yang dibagikan Ibu Nurhayatini adalah sbb:

skin-care-tambahan-diy

  1. Masker Rambut : 1 buah alpukat + 2 sendok teh minyak zaitun + 1 sendok teh madu + 1-5 tetes Bio Oil. Resep ini masih bisa di otak-atik loh. Misalnya saja, kalau rambut kamu pendek dan 1 buah alpukat dirasa terlalu banyak. Maka potong saja resepnya jadi 1/2 porsi. Jadi 1/2 buah alpukat + 1 sendok teh minyak zaitun + 1/2 sendok teh madu + 1-3 tetes Bio Oil. Lebih hemat kan…. Sisa alpukat dan madunya bisa dimakan. Jadi cantik luar dalam, plus kenyang lagi. Hehehe….
  2. Masker Wajah: 1/2 buah naga putih + 2 sendok makan madu + 2 sendok makan yoghurt tawar + 4 sendok makan tepung beras + 3-4 tetes Bio Oil. Untuk resep ini, Ibu Tini menekankan banget untuk pakai buah naga yang warna dagingnya putih. Bukan yang merah. Hal ini karena buah naga yang merah meninggalkan stain merah di kulit. Ga mau kan muka jadi warna merah kaya mutan setelah maskeran.
  3. Rendaman Tangan dan Kaki : 1 sendok makan garam laut + 1 sendok teh perasan air lemon + 1/2 liter air hangat + 3-4 tetes Bio Oil. Berhubung, setelah ikutan talkshow ini, saya nemenin suami keliling Mall Kelapa Gading yang segede bagong itu, kaki saya kerasa pegal banget malamnya. Dan paginya, saya langsung eksekusi resep ini, cuman jumlah bahannya saya kali 2, biar kaki kerendem sampai pergelangan. Mmmm…. rasanya nyaman bangeeeettt…. Rileks dan lembut! Cobain deh!

Nyonya-nyonya yang mau eksperimen dengan resep lain juga bisa loh. Karena kandungan Bio Oil yang alami, IMHO aman-aman aja klo mau dicampur-campur dengan bahan alami lainnya. FYI, kandungan alami Bio Oil sbb: Vitamin A, Vitamin E, Purcellin Oil, Mintak Rosemary, Minyak Lavender, Minyak Kalendula dan Minyak Kamomil. Tinggal Nyonya sesuaikan saja bahan yang mau dicampur dengan kebutuhan kulit kamu. Untuk pembahasan review produk lebih lengkap Nyonya bisa juga merujuk ke artikel Review Produk Bio Oil ini.

Love Your Skin, Love Your Life! Selamat menggunakan Bio Oil!

daily-skin-hair-body-care-menggunakan-bio-oil

Disclosure: Artikel ini disponsori oleh Bio Oil dan Watsons Mall Kelapa Gading yang mengundang Blogger dari Kumpulan Emak Blogger menghadiri Talkshownya.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah