Skincare Ibu Hamil dan Menyusui yang Aman dari Mama's Choice

Halo! Beberapa bulan terakhir ini sepertinya produk skincare lokal sedang rame banget ya launch produk baru mereka. Gimana nih, bu ibu, uda pada kalap nyobain produk-produk skincare baru, apa masih maju mundur cantik karena memilih setia dengan skincare ibu hamil dan menyusui yang aman? Wkwkwkwk….

Saya ada di tengah-tengah niiii! Sempat khilaaaaaaaffff…. #ngakudosa

Questionable Ingredients Bikin Worry

Jadi beberapa bulan lalu, saat masih menyusui, saya sempet nyoba satu produk baru yang mengandung alpha arbutin. Setahu saya, ingredients tersebut masih questionable keamanannya untuk ibu menyusui. Ada dokter yang bilang boleh, tapi ada juga yang bilang sebaiknya dihindari karena bahan tersebut merupakan turunan hidrokuinon dan belum ada riset yang menjamin keamanan alpha arbutin untuk ibu menyusui. Nah loh….

Karena perbedaan pendapat tersebut, bingung kan hamba ini sebagai orang awam. Akhirnya saya ga lanjut pakai satu produk itu lagi, karena kalau pakai jadi kawatir gitu. Biarlah orang berkata kita kawatir berlebihan, bla bla bla…. Kita kan pakai skincare biar happy ya, kalau endingnya jadi worry dan ga happy, ya mending mundur teratur.

Istilahnya, better worry than sorry. Buat janin/ bayi yang masih sangat lemah, saya rasa saya rela kok untuk bertindak ekstra hati-hati.

Ibu pasti menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya. Foto di atas adalah foto saat saya sedang hamil anak kedua saya.

Pentingnya Merawat Kesehatan Kulit

Tapi bukan berarti mundur sama sekali nggak pakai skincare juga ya! Karena bagaimanapun, kulit itu adalah bagian tubuh kita. Malah bagian tubuh kita yang paling besar dan fungsinya juga sangat penting buat melindungi tubuh kita. Jadi harus tetap dirawat. Apalagi, belajar dari pengalaman baik anak pertama maupun kedua, masa hamil dan menyusui itu kadang membuat kondisi kulit kita jadi “berbeda”.

Seperti saya, kulit saya yang normal to dry serta ada bawaan alergi, saat hamil/ menyusui jadi makin mudah kering dan kusam. Dan kalau kering, jadi gampang eksim, gatel-gatel. Kebayang kan, badan lagi nggak nyaman karena bawaan hamil atau capek karena begadang menyusui, ditambah eksim.

Jadi nggak hanya sekedar masalah estetika, tapi masalah kenyamanan dan kesehatan juga si. Jadi saya rasa nggak bijak juga kalau stop semua perawatan kulit, mengingat proses dari hamil sampai selesai menyusui itu bisa sampai 3 tahun. Lama, bok!

Solusi untuk bisa tetap pakai skincare selama masa kehamilan dan menyusui menurut saya si ada 2 ya…..

  1. Pakai skincare yang dijual umum, namun bener-bener riset dulu keamanan ingredientsnya,
  2. Pakai skincare yang memang diformulasi khusus untuk ibu hamil dan menyusui.
Merawat diri itu penting supaya ibu tetap happy dan sehat.

Kurangi Worry dengan Skincare yang Aman untuk Bumil dan Busui

1 . Riset Ingredients Skincare untuk Dipakai Ibu Hamil dan Menyusui

Di bagian ini saya akan coba rangkum beberapa pendapat dari dermatologist dan juga artikel kesehatan terkait bahan skincare apa saja yang aman atau tidak aman bagi ibu hamil dan menyusui dari yang santai tapi tetap serius alias “no worry” pakai skincare sampai ke pendapat yang “extra hati-hati”.

Berbagai Pendapat tentang Ingredients Skincare yang Tidak Bumil/ Busui Friendly

  • Pendapat dr. Listya Paramita, Sp.KK (Spesialis Kulit dan Kelamin) di akun Instagramnya @drmita.spkk, menyebutkan kalau bahan aktif yang MUTLAK DILARANG untuk ibu hamil adalah HIDROQUINON dan RETINOIC ACID. Pendapatnya langsung bisa dicek di link ini.
  • Claudia Christin, Ph.D (Dermatology) di akun Instagram @funskincare pernah membuat semacam Basic Guideline untuk memilih skincare selama kehamilan dan menyusui. Highlight ingredients untuk topical skincare yang MUTLAK dilarang saat kehamilan adalah Hidroquinon dan Retinoids. Hidroquinon juga dilarang saat menyusui. Bahan yang tidak disarankan (atau harus berkonsultasi dengan dokter) selama kehamilan dan menyusui adalah Arbutin. Sementara yang tidak disarankan digunakan saat kehamilan namun boleh dipakai saat menyusui adalah Salicylic Acid dosis tinggi (di atas 2%). Dalam basic guidelines yang dia buat, tercantum juga bahan actives yang aman, treatment, serta catatan lain yang menurutku sangat helpfull. Teman-teman bisa mendapatkan informasi lengkapnya di sini.
  • Dalam website Mama’s Choice, disebutkan bahkan penggunaan SLS, bad alcohol, paraben, fragrances/ essential oil tertentu pun sebaiknya dihindari karena bisa bersifat toxic. Yuk, cek penjelasan tentang 4 bahan yang perlu dihindari tersebut di sini.

Dengan list di atas, teman-teman bisa membandingkan ingredients yang ada pada skincare yang sudah dimiliki dan memutuskan untuk tetap menggunakan atau memilih menggantinya dengan produk lain.

Tantangan Melakukan Riset Ingredients

Tantangan dalam melakukan riset ini adalah nama kimia ingredients (atau turunannya) yang dicantumkan oleh brands bisa jadi tidak familiar bagi kaum awam. Trik yang biasa saya lakukan adalah dengan mengeceknya di website www.cosDNA.com, www.skincarisma.com atau incidecoder.com. Pada website-website tersebut mencantumkan penjelasan dari ingredients skincare.

Namun, memang membutuhkan waktu, kesabaran dan ketelitian untuk melakukan riset ini. Pun kalau akhirnya masih ada keraguan, jangan segan untuk bertanya langsung kepada dokter spesialis kandungan Teman-teman, karena merekalah yang paling memahami kondisi kesehatan kandungan Teman-teman.

Kalau tidak mau ribet cek sana dan sini, Teman-teman bisa memilih cara kedua berikut ini.

2 . Memilih Skincare yang Khusus Diformulasikan untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Pada anak pertama dulu, saya belum tahu ada brand yang secara khusus membuat rangkaian produk skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Saya baru tahu, saat saya hamil anak kedua saya. Itupun saya hanya tahu satu brand saja yang dijual secara bebas di Indonesia, yaitu Mama’s Choice.

Ada LIMA produk skincare untuk kulit sensitif ibu hamil dan menyusui dari Mama’s Choice, yang disebut sebagai MAMA SKIN EXPERT SERIES:

  • Gentle Face Wash,
  • Sheet Mask (2 varian: Revitalizing dan Soothing Protective), 1 box berisi 3 sheets,
  • Daily Protection Moisturizer dengan SPF,
  • Intensive Nipple Cream (bisa digunakan juga sebagai lip balm),
  • Stretch Mark Cream.
rangkaian skincare aman untuk ibu hamil dan menyusui
Nipple Cream (kiri atas), Gentle Face Wash (tengah atas), Face Moisturizer (kanan atas), Stretch Marks Cream (kiri bawah), Revitalizing Sheet Mask (tengah bawah), Soothing Protective Sheet (kanan bawah)

5 Skincare yang Aman Saat Hamil dan Menyusui dari Mama’s Choice

Lima produk Mama’s Choice tersebut diatas adalah rangkaian produk yang diformulasikan aman untuk ibu hamil dan menyusui sebagai solusi yang cukup lengkap agar tubuh dan wajah #MamaNaturalGlow.

Skincare routine untuk wajah meliputi Gentle Face Wash, Sheet Masks (ada 2 varian) dan Daily Protection Moisturizer. Sementara bodycare-nya adalah Intensive Nipple Cream dan Stretch Mark Cream.

Skincare Routine dengan Mama’s Choice

Urutan penggunaan skincare Mama’s Choice adalah:

  1. Membersihkan wajah dengan Gentle Face Wash. Face wash ini tidak menimbulkan busa, namun cukup mampu membersihkan kotoran dan keringat di wajah no makeup. Yang terpenting lagi,di kulit normal to dry saya tidak mengakibatkan kulit saya kering.
  2. Menggunakan Sheet Mask selama 15 – 20 menit. Step ini sangat penting untuk memberikan hidrasi ke kulit. Apabila Teman-teman sedang buru-buru dan menganggap 15 menit terlalu lama, Teman-teman bisa menggunakan cairan dari sheet mask sebagaimana menggunakan hydrating serum. Proses ini akan lebih praktis karena waktu serapnya lebih cepat. Sheet masknya sendiri bisa digunakan saat Teman-teman punya waktu me-time. Adem enaaaaaak!
  3. Step terakhir adalah mengoleskan Daily Protection Face Moisturizer sebagai pelembab sekaligus perlindungan dari sinar matahari karena produk ini mengandung Zinc Oxide sebagai mineral/ physical sunscreen (SPF 20 PA++).
Langkah 1. Cuci muka dengan Mama’s Choice Gentle Face Wash untuk membersihkan kotoran di wajah. Setelah cuci muka, tidak ada rasa ketarik sama sekali.

Produk Gentle Face Wash adalah produk favorit saya dari Mama’s Choice! Tube face wash ini adalah tube ketiga yang saya gunakan. Saya pernah mereview produk Gentle Face Wash secara tersendiri di artikel ini. Saat hamil, saya juga pernah mereviewnya bersama dengan Daily Protection Cream di video YouTube saya ini.

Langkah 2. Menggunakan Mama’s Choice Sheet Mask. Ukuran mask sesuai dengan wajah rang Indonesia secara umum, jadi pas tidak terlalu kecil di wajah saya. Serumnya juga tidak terlalu kental, sehingga tidak lengket dan nyaman digunakan.
Langkah 3. Gunakan Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer saat kulit wajah masih lembab agar tidak piling. Moisturizer ini mengandung sunscreen, sehingga cocok digunakan sebagai day cream di siang hari. Saya menggunakan cream sejumlah yang disarankan oleh Mama’s Choice, yaitu seukuran panjang dua jari.
Tekstur Mama’s Choice Face Moisturizer ini cream ya. Sebagaimana natur dari physical sunscreen, jenis sunscreen ini tidak terserap ke dalam kulit melainkan akan sit on permukaan kulit dan bekerja seperti tirai pelindung wajah kita dari sinar matahari.
Sisi kiri belum menggunakan cream, sisi kanan sudah. Ada sedikit perubahan warna, yang tertangkap kamera seperti whitecast. Tapi buat saya, tidak terlalu mengganggu.
Foto ini diambil beberapa saat setelah meratakan produk, warnanya sudah menyatu dengan kulit. Feel akhirnya terasa lembab namun finishnya velvety (bukan dewy, namun juga bukan dead matte).

Bodycare Mama’s Choice

  • Intensive Nipple Cream : Produk ini bisa digunakan sejak hamil untuk merawat payudara dan terutama bagian puting agar tidak lembab dan mudah iritasi. Produk ini juga bisa digunakan sebagai lipbalm. Saat akan menyusui, Teman-teman tidak perlu membilas sisa produk di kulit, karena produk ini bersifat food grade dan juga mendapatkan logo halal MUI. Key ingredients produk ini: ekstrak kurma, coconut oil, shea butter.
  • Stretch Mark Cream : Sebaiknya digunakan setelah mandi, saat kulit masih lembab. Gunakan produk ini pada perut, paha, betis atau anggota tubuh yang terasa gatal akibat timbulnya strecht marks. IMO, gunakan produk ini sejak kehamilan awal untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit ya, dengan demikian bisa mencegah timbulnya stretch marks. Key ingredients produk ini: lipobelle soyaglycone, aloe vera, shea butter.
Tekstur produk Mama’s Choice: (atas) Strecthmarks Cream berupa lotion, (tengah) Face Moisturizer berupa thick cream, (bawah) Nipple Cream berupa waxy gel kekuningan.

Disclaimer sekali lagi, saya bukan dokter atau dermatologist, semua sumber informasi, saya cantumkan di artikel di atas dengan link, supaya Teman-teman juga bisa membaca langsung dengan lebih jelas.

Untuk teman-teman yang memerlukan produk-produk di atas, teman-teman bisa dapatkan Mama’s Choice Skin Expert lebih hemat di sini! Teman-teman bisa pantau juga web Mama’s Choice dan Instagram @mamaschoiceid.

Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk Teman-teman ibu hamil atau sesama ibu menyusui yang sedang bingung dengan masalah perawatan kulit yang aman ya…. Salam sayang!

***

Baca Juga:

Cerita tentang Pengalaman Keguguran dan Rainbow Baby Kesayangan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget