Cara Memijat Bayi Kolik agar Tidak Rewel

Dulu ketika baru punya anak pertama, saya bergabung di satu komunitas orang tua baru. Salah satu yang yang sering dibicarakan di sana adalah tentang bayi kolik dan cara memijat bayi.

Karena anak pertama saya tidak mengalami kolik, awalnya saya tidak terlalu terlibat dengan pembicaraan tersebut. Namun, setelah beberapa saat berlalu, saya jadi menyadari kemungkinan yang membuat anak-anak saya tidak mengalami kolik adalah karena kami terbiasa memijat tubuh mereka. Selain tentu saja adalah kebiasaan menyendawakan bayi setelah minum ASI.

cara memijat bayi

Apa Itu Kolik

Sebelum lebih jauh membahas tentang hubungan memijat dengan kolik. Kita bahas dulu tentang kolik yuk!

Kalau mengutip Alodokter dan Halosehat, Kolik adalah kondisi bayi baru lahir yang menangis terus menerus (bisa lebih dari 3 jam sehari selama tiga hari dalam seminggu atau lebih) tanpa disertai penyebab yang jelas. Kondisi ini di luar sakit dan umumnya tidak membahayakan bayi. 

Selain rewel tanpa alasan yang jelas, ciri-ciri lainnya adalah saat menangis bayi mengepalkan tangan, lututnya ditekuk ke perut, wajah bayi memerah dan atau bayi melengkungkan punggung.

Penyebabnya sendiri belum diketahui secara langsung, beberapa ahli berpendapat jika kolik terjadi karena gangguan pencernaan. Oleh karena itu ada beberapa dokter yang menyarankan agar ibu menghindari makanan-makanan pencetus alergi yang MUNGKIN terkait dengan gangguan pencernaan bayinya tersebut.

Kebiasaan Memijat Bayi

Sejak anak pertama sampai anak kedua memang saya terbiasa untuk memijat lembut bayi, sejak mereka newborn. Memijatnya pun tidak selalu harus mendatangkan tukang pijat bayi. Seingat saya saya hanya 2x ke tempat pijat bayi saat anak pertama saya kecil. Selebihnya saya memijat mereka sendiri.

Hal ini terinspirasi oleh pembicaraan saya dengan adik saya yang seorang fisioterapis. Dia bilang, pijatan lembut pada bayi sangat baik karena berguna sebagai stimulasi sensori bayi serta meningkatkan bonding dengan orang tua, yang dipercaya berdampak pada perkembangan otak dan tubuhnya secara menyeluruh.

Ya, sebagai orang awam, saya iya iya aja si, hehehe… Tapi ternyata memang banyak manfaatnya ya….

Cara Memijat Bayi

Adik saya mengajari beberapa cara memijat bayi baru lahir. Kesemuanya dilakukan secara lembut ya. Bukan seperti kalau kita pijat badan pegel-pegel. Kan badan bayi juga masih sangat rapuh.

Nah, ada berikut ini adalah cara memijat yang terkait dengan pencernaan bayi:

Pijat ILU

Pijat ini aalah pijatan yang adik saya ajarkan, dan ternyata juga adalahh jenis pijat bayi yang cukup hits ya. Banyak ibu-ibu yang saya kenal juga mempraktikkannya ketika anaknya sembelit dan cucok meong karena membantu banget melancarkan pencernaan bayi.

Biasanya saya melakukan pijatan ini setelah mandi, sambil menggunakan minyak telon atau minyak lainnya.

Pijatannya kurang lebih seperti dalam video Bidan Kriwil berikut ini:

Setelah pijat ILU, biasanya saya lanjutkan dengan gerakan seperti menggowes sepeda pada kedua kaki bayi. Ingat untuk tetap melakukannya dengan lembut ya….

Sering sekali setelah dipijat, bayi akan kentut atau sendawa gitu. So cute!

Tips Memijat Bayi Kolik Ala Mama’s Choice

Ketika anak kedua saya lahir, saya mencoba satu produk baru khusus bayi yang menarik, yaitu Mama’s Choice Calming Tummy Oil. Produk ini nanti akan saya review di bagian bawah artikel ya.

Nah, di kemasan produk ini terdapat juga tips/ cara memijat bayi kolik. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Usap tubuh bayi secara perlahan,
  2. Usap perut searah jarum jam,
  3. Pijat dengan ibu jari melawan jarum jam,
  4. Usap telapak tangan ke arah pusar,
  5. Usap bagian pusar,
  6. Sentuhan jari berjalan ke arah pusar.

Untuk memudahkan pemahaman saya tampilkan gambarnya ya….

cara memijat bayi kolik

Review Mama’s Choice Calming Tummy Oil

Selain ada tips cara memijat bayinya, produk ini menurut saya menarik karena klaimny yang spesifik untuk meredakan gangguan pencernaan serta untuk membantu bayi tidur lebih nyenyak. Dilihat dari ingredientsnya maupun dari pengalaman pribadi, kedua klaim tersebut memang terbukti sih.

mama's choice calming tummy oil

Ingredients Mama’s Choice Calming Tummy Oil

Tidak seperti minyak telon yang biasa ditemukan di pasaran, Mama’s Choice Calming Tummy Oil ini mengandung Nutmeg Oil (minyak biji pala) yang emang dipercaya meredakan gangguan perut seperti kembung.

Selain itu, minyak ini juga mengandung Lavender Oil dan Chamomile Oil yang memiliki manfaat relaksasi.

Tekstur produk ini cair, cukup nyaman untuk dipakai melumasi kulit bayi saat memijat bayi, namun tidak lengket. Saya juga sangat suka dengan baunya yang enak.

Saya menggunakan produk ini baik untuk Gayatri yang usianya 3 tahun dan bayi saya yang berusia 1 bulan. Syukurlah keduanya tidak mengalami iritasi atau tanda-tanda sensitivitas, karena memang produk ini didesain aman bagi kulit bayi yang sensitif. Namun, for extra cautious, bagi teman-teman yang bayinya memiliki kulit sangat sensitif, please tetap cek di bagian ingredients berikut ini ya.

Where to buy

Temen-temen bisa membeli produk ini di web mamaschoice.id Ada tambahan diskon juga sebesar Rp 25.000,00 dengan pembelian minimal Rp 90.000,00 apabila temen-temen pakai voucher diskon MAMAELLA.

Demikian cara memijat bayi yang biasa saya lakukan untuk membuat bayi nyaman dan mencegah terjadinya rewel/ kolik, serta review produk Mama’s Choice Calming Tummy Oil. Tak kalah pentingnya adalah orang tua harus tetap tenang dan tidak terpancing emosi ketika bayi rewel ya.

Teman-teman juga harus segera konsultasi/ membawa bayi ke tenaga kesehatan apabila rewelnya bayi disertai dengan tanda-tanda bahaya seperti lemas, muntah, kejang, demam, mengalami gangguan pernapasan, dll.

Semoga sharing kali ini bermanfaat yaaa….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah