Cara Mengatasi Mual saat Hamil

Halo Nyaaah, sudah agak lama ya saya nggak update cerita cerita kehamilan di blog. Seperti yang saya ceritakan di beberapa artikel lalu, di trimester pertama kehamilan ketiga saya ini, rasa mualnya memang agak sedikit “menantang” dibandingkan dengan kehamilan sebelumnya. Tapi syyukurnya di trimester kedua, saya sudah punya cara mengatasi mual saat hamil yang cukup ampuh dan cocok untuk saya.

Jadi di artikel kali ini saya mau bahas apa saja tips mengurangi mual saat hamil beserta satu produk yang akhir-akhir ini saya konsumsi untuk membantu mengatasi. Semoga sharing dan review produknya bermanfaat yaaa!!

hamil muda mual muntah

Cara Mengatasi Mual saat Hamil

Saya bersyukur walaupun mual muntah yang saya alami agak ekstrim, namun nafsu makan saya masih cukup besar. Jadi kadang saya abaikan mual muntah yang saya alami selama kehamilan, karena “Toh, nanti juga bisa makan lagi, hehehe”.

Namun, saya mulai agak concern, karena dokter kandungan saya memperingatkan berat badan saya yang menurun dari bulan ke bulan di trimester pertama. Saya jadi paham, kalau strategi makan setelah muntah yang saya jalani, ternyata tidak efektif. Karena terbukti, sebanyak apapun saya makan, ternyata masih defisit, hingga berat badan saya berkurang.

Akhirnya saya mulai mencermati pola mual yang saya alami dan menyesuaikan diri.

1 . Mengetahui Pola Mual dan Menyesuaikan Jadwal Harian

Mual muntah saya di trimester pertama tidak mengenal waktu. Kalau kebanyakan ibu hamil mengalami hanya morning sickness, saya nggak peduli mau pagi, siang, sore, malam bisa muntah. Walaupun saya dapati kalau mual saya akan lebih parah di pagi hari, jika sepagian saya hanya gegoleran di kasur.

Beraktivitas Ringan

Agak dilema ya, hihihi, kalau lagi mual kan enaknya tidur-tiduran ya. Hihihi, tapi ternyata itu bikin mual saya makin parah, huhuhu. Jadi walaupun mual, saya mulai mengusahakan untuk bangun pagi, duduk duduk santai sambil beraktivitas ringan. Jika merasa nggak lemas, kadang saya jalan jalan pagi di sekitaran kamar dan menghirup udara segar. Kalau pagi saya segar, biasanya sepanjang hari jadi better mualnya.

Makan dengan Teratur

Pola mual saya yang lain adalah akan mual kalau terlambat makan. Sedikit saja merasa lapar, pasti akan mual dan kemudian muntah. Dan muntah saat perut kosong itu kan sangat tidak menyenangkan ya. Jadi tips berikutnya, yang saya lakukan dan berhasil adalah disiplin menjada jadwal makan, dan selalu sedia makanan ringan.

Jadi ketika merasa lapar, tapi belum jam makan, saya bisa ngemil sedikit sedikit untuk menghindari rasa mual menyerang.

2 . Menghindari Makanan yang Membuat Mual

Tips berikutnya untuk mengatasi mual saat hamil yang saya lakukan adalah menghindari makanan yang membuat mual. Nah, buat teman-teman memang harus eksplore masing–masing ya apa saja makanan yang membuat teman-teman merasa mual saat hamil.

Menghindari Makanan Berbau

Secara teori si, makanan pedas dan berbau kuat disinyalir bisa membuat mual. Tapi saya pribadi mengalami, hal ini sangat personal. Bahkan di kehamilan sebelumnya dan sekarang pun berbeda makanan yang membuat mual.

Contohnya saja, saya makan gulai tidak mual, makan soto (yang relatif lebh light rasanya) malah mual. Hihihi….

Mengurangi Makanan Bergluten dan Beragi

Selain itu, yang cukup menonjol di kehamilan ketiga saya ini adalah saya mual kalau makan makanan yang mengandung gluten dan beragi, seperti mie, roti-rotian, dsb. Saat saya nggak hamil, bahkan di kehamilan pertama dan kedua saya woles banget lo dengan gluten-glutenan, nggak bikin mual sama sekali. Tapi kali ini nggak tahu kenapa beda….

Pas saya ngobrol dengan temen saya yang bidan, dia bilang memang masa kehamilan bisa membuat ibu yang tadinya tidak sensitif terhadap suatu bahan makanan menjadi lebih sensitif.

Jadi yang saya lakukan aalah mencari subtitusi makanan yang gluten free. So far, walaupun nggak 100% menguranginya tapi it works for me! Yeayyyyy!!!!

3 . Mengonsumsi Makanan/ Suplemen yang Mengurangi Rasa Mual

Di trimester pertama, karena dokter kandungan saya mengkhawatirkan berat badan saya yang turun alih-alih naik, dan juga mual muntah saya yang parah, saya sempat diresepkan obat anti mual for rescue.

Setelah habis, saya mencoba mencari alternatif makanan/ minuman lain yang mengurangi rasa mual. Salah satu yang saya coba adalah minuman jahe. Sampai adik ipar saya membelikan saya sirup jahe emprit dari Salatiga lo, agar saya tidak kerepotan membuat wedang jahe sendiri. Hihihi…. Thanks banget ya perhatiannya!

Produk yang saya coba akhir-akhir ini dan juga membantu banget mengatasi rasa mual saat hamil yang saya alami adalah suplemen kehamilan dari Mama’s Choice.

Review Mama’s Choice Supplement Pregnancy: Morning Sickness Relief

Deskripsi produk dalam kemasannya adalah sebagai berikut, “Mama’s Choice Pregnancy Supplement adalah suplement kesehatan dengan kandungan Ekstrak Jahe dan Vitamin B6 untuk membantu meredakan rasa mual dan muntah pada ibu hamil.

Manfaat yang Dirasakan: Beneran Mengatasi Mual Saat Hamil?

Saya mengenal produk ini saat kehamilan bulan kelima, dan sudah menggunakannya selama kurang lebih dua minggu, yaitu 10 sachet dari 15 sachet dalam satu kotak produknya. Berdasarkan pengalaman saya, sesuai dengan klaim yang diberikan produk ini memang mampu meredakan rasa mual dan muntah yang saya rasakan saat hamil.

Selain rasa mual dan muntah yang teratasi, saya juga berasa badan saya jadi lebih nyaman. Pegal-pegal yang biasanya saya rasakan di punggung bagian bawah alias boyok berkurang. Beraktivitas jadi lebih menyenangkan. Tentang ini saya juga sedang mencoba produk massage oilnya, tapi mungkin akan saya bahas di artikel yang berbeda ya!

Efek dari suplemen ini paling signifikan terasa saat saya konsumsi rutin di hari ketiga. Berbeda dengan obat-obatan yang instant, efek suplemen yang berbahan baku alami memang membutuhkan waktu.

Rasa Produk

Dari sisi rasa, rasa yang dominan adalah rasa jahe. Rasa jahenya tidak sestrong jahe emprit, terasa ada pedasnya dan hangat di tenggorokan, namun terasa mild di perut. Nggak bikin panas di perut gitu. Nyaman banget, saya suka.

Rasa dan bau lemonnya tipis-tipis, jadi tidak berasa asam, tapi berasa seger after tastenya.

Tekstur dan Warna Produk

Produknya dijual dalam kotak kardus, dan di dalamnya terdapat 15 sachet yang berisi serbuk suplemen masing-masing 5 gram. Serbuknya sendiri warnanya seperti bubuk jahe tanpa pewarna, ketika sudah diseduh pun warnanya sama dengan wedang jahe alami.

Dan karena bentuknya sachet, jadi ringkas dan praktis banget kalau mau dibawa kemana-mana.

Kalau di saran pembuatan, disarankan diseduh dengan air hangat, namun, saya kemarin beberapa kali mencoba menyeduhnya dengan air suhu ruangan juga bisa larut dengan baik. Jadi kalau teman-teman sedang di kantor atau di perjalanan pun bisa membuatnya dengan praktis.

Bahkan kadang saya menambahkan es batu, dan rasanya kaya limun jahe. Anak-anak 90an yang baca buku Lima Sekawan mungkin related, wkwkwk….

Keterangan lain dalam kemasan:

  • Waktu terbaik adalah dikonsumsi pada pagi hari untuk menemani sarapan,
  • Aturan Penggunaan: 1-2 kali sehari, per minum satu sachet,
  • Ulangi konsumsi Mama’s Choice Pregnancy Supplement pada saat mengalami mual, dengan aturan minum 1-2 sachet per hari,
  • Dapat dinikmati bersama biskuit, sereal, roti dan makanan lain.

Ingredients

Ekstrak Rimpang Jahe, Vitamin B6, Lemon Powder Extract, Lemon encapsulated, Sucralose (pengganti gula, tanpa kalori).

  • Jahe dipercaya sebagai bahan yang membantu mengurangi mual, meningkatkan imunitas tubuh serta meningkatkan nafsu makan,
  • Vitamin B6 diklaim dapat membantu metabolisme energi, mendukung pembentukan jaringan dan perkembangan otak bayi,
  • Lemon dapat melegakan tenggorokan dan melancarkan pencernaan.

Pada kemasan juga dicantumkan gramasi serta persentase AKG masing-masing bahan, sehingga teman-teman bisa mengecek dan menyesuaikannya dengan produk yang sedang dikonsumsi sebagai berikut:

POM dan Kode Halal MUI

Produk ini sudah terdaftar di BPOM dengan nomor POM SD.192254461. Serta sudah memiliki logo halal MUI 00130089550718.

Semoga makin bikin tenang teman-teman, sesama ibu hamil yang sedang mencari produk khusus ibu hamil yang aman, halal serta alami ya…. #KurangiWorry #KurangiMual #PilihanAmanMama

Produsen dan Distributor

Bangga banget si karena produk bagus ini adalah buatan anak bangsa sendiri. Diproduksi oleh PT Setia Kawan Abadi, yang berlokasi di Jakarta, Indonesia serta didistribusikan oleh PT. MAMAC DISTRIBUSI INDO, atau yang dikenal dengan Mama’s Choice yang berlokasi juga di Jakarta, Indonesia.

Info lebih lanjut tentang Mama’s Choice bisa diperoleh di website resminya atau akun social medianya.

Where to Buy, Harga dan Voucher

Where to Buy: Website atau Official Store Mama’s Choice di Shopee, klik link di sini.

Harga: Rp 149.000,00 per box (sedang diskon 20% jadi Rp 119.000,00)

Voucher Diskon Tambahan: Pakai Kode Voucher MAMAEMAC untuk ngedapetin potongan Rp 25.000,00 dengan pemberlian Rp 150.000,00 (untuk semua produk Mama’s Choice).

Woooohhh, sekali nulis panjang juga yak. Hihihi, semoga sharing kali ini bermanfaat yaaa! Teriring doa semoga kita semua sehat-sehat selaluuuu! Salam sayang!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah