Tips Packing Barang Saat Traveling Bareng Bayi

Dulu saat masih single, saya dan suami tipe yang super praktis banget.Termasuk dengan barang bawaan saat traveling. Ringkes bin ajaib. Maka packingbarang bukanlah momok, sampai negara api menyerang alias Gayatri lahir. Hahaha,kami punya anak, dan tiba-tiba saja barang bawaan menjadi berlipat ganda.

KURASI BARANG BAWAAN

Apalagi sekarang Gayatri sudah toddler ya. Dia sudah punya “barangfavorit” sendiri yang biasanya dia “putuskan” untuk ikut dibawakemanapun kami pergi.

“Nanti Kim dibawa ya. Kasian kalau ditinggal”, begitu katanya. Kim adalah boneka beruang berpakaian gadis Korea kesayangannya. Apalagi kalau tahu bawa mobil atau kendaraan sendiri. Maka list barang favorit kesayangan yang akan dibawa pasti bertambah panjang. Dari mulai buku Dinosaurus sampai sepeda roda 4.

Tugas saya tentulah jadi kurator. Mana yang HARUS dibawa, mana yangsekiranya BOLEH dibawa, mana yang sangat amat TIDAK PERLU dibawa. Hahaha….Kadang negosiasi seperti ini yang bikin packing barang jadi lama dan ribet.

That’s why, kalau Gayatri mulai ikut turun tangan, packingnya ditundabiar agak selow. Hihihi….

SPARE WAKTU, JANGANMUEPEEET!

Jadi walaupun saya dan suami sudah sering bepergian dengan bayi(mengingat kami pernah LDM), dan lumayan terlatih, kami tetap spare waktu yangcukup banyak untuk packing barang saat mau traveling bareng Gayatri.

Seperti saat mau liburan lebaran kemarin. Beberapa hari menjelangberangkat, saya sudah nyicil list dan juga nyicil menyiapkan barang apa sajayang perlu dibawa. Kebiasaan ini menurut saya adalah kebiasaan yang baik ya.Karena liburan jadi lebih nyaman dan lancar kalau semuanya sudah well prepared.

Pengalaman tahun lalu, saat packing barangnya nggak bagus, perjalananjadi rada riweuh. Pasalnya, popok bayi ketinggalaaaaaan!!!! Hahaha…. Alhasilpas anak kami pup di perjalanan, kami langsung heboh nyari minimarket. Yangternyata, paling dekatnya ada di 500 m. Hoaaaaaa, bauuuuuu!!!!

So, setelah kami beranjak lebih senior dalam dunia perorangtuaan, kami punya beberapa formula atau bisa dibilang tips ya…. Untuk dapat packing barang dengan rapi, efisien namun tetap kumplit, saat melakukan perjalanan bersama bayi.

Selain kurasi barang dan spare waktu diatas, setidaknya ada 2 hal yangperlu dilakukan:

  1. Menggunakan tas-tas kecil, pouch atau kompartemen di dalam koper atau travel bag.
  2. Menggunakan checklist.

Sounds like saya tu overly rajin gitu ya? Atau OCD? Wkwkwkwk…. Enggakkok. Malah sebaliknya, karena saya tu rada malas ribet di tempat tujuan,makanya mending saya agak ribet sedikit di persiapannya. Malas juga pasbaliknya barang pada ketinggalan gitu…. Males banget lah….

So berikut adalah tips packing barang dari kami. Semoga bermanfaat yaaaa!

MENGGUNAKAN POUCH ATAU TASDI DALAM TAS

Menggunakan pouch memudahkan saya mengorganisir barang di dalamkoper. Terutama yang kecil-kecil seperti sabun, peralatan makan anak, makanan,obat-obatan, P3K, charger, make up, dll. Jadi tidak bercampur jadi satu.

Menggunakan pouch juga meminimalisasi bongkar-bongkar koper/ tasterlalu dalam, apabila ternyata ada yang perlu digunakan dalam perjalanan.Untuk hal ini, saya juga selalu memisahkan antara barang yang kemungkinandigunakan di perjalanan dan mana yang hanya digunakan di tempat tujuan, kedalamkoper dan tas.

Last but not least, menggunakan pouch juga meminimalisasi ada barangyang tercecer karena jadi lebih mudah mengidentifikasinya, dicek per pouch.

Satu pouch favorit saya adalah seri Travel Kit dari Sleek Baby yang kolaborasi dengan Mbak Puty Puar. Bahannya kain blacu gitu, jadi nggak kaku dan nggak menuh-menuhin tempat. Selain itu satu pouch uda sepaket sama essential travel kit yang berisi perlengkapan kebersihan bayi. Jadi praktis banget dan wajib dibawa kalau traveling. Apalagi produknya ini yang alami tapi mengandung antiseptik gitu.

Saya bahas tentang Sleek Baby Tavel Kit ini di bagian bawah artikel iniya….

MENGGUNAKAN CHECKLIST

Checklist is a must karena beberapa alasan sebagai berikut.

Yang pertama, karena kalau sudah punya anak, kegiatan packing seringbanget multitasking bareng ngurusin anak. Jadi disambi-sambi. Naaaah,sebagaimana multitasking pada umumnya, hal ini menurunkan konsentrasi lo. Untukitu perlu checklist atau catatan sebagai pengingat, sampai dimana ya tadipackingnya. Uda apa aja yang masuk ke koper dan mana yang belum.

Kedua, supaya lebih kelihatan mana barang yang harus diprioritasin, danmana yang bisa dikeluarkan kalau ternyata kopernya nggak muat.

Yang ketigaaaaa…. adalah sebagai catatan pas packing pulang. Jangansampai ada yang ketinggalan yak. Apalagi kalau nginepnya di penginapan atauhotel. Duh, males ngurusnya.

Kelihatannya ribet ya, harus nyatet nyatet dulu. Percayalah, usaha kecilitu bermanfaat besar banget loh. Buat saya si gitu ya. Hihihi….

Buat yang mager banget bikin checklist, saya bikinin nih checklist barang bayi yang perlu dibawa saat traveling. Bisa diunduh di bawah ini ya PRINTABLE CHECKLIST BARANG BAYI. Kalau yang buat orang dewasa perlu dibuatkan juga nggak? Nggak kali ya…. Hihihi….

REVIEW SLEEK BABY TRAVELKIT

Seperti kata saya di tengah artikel tadi, paket travel kit dari SleekBaby ini life saver banget buat yang mau traveling bareng bayi. Uda adapouchnya yang gemes banget karena ada ilustrasi dari Mbak Puty Puar, ilustratorkesayangan ibuk ibuk seIndonesia Raya.

Trus gitu, isinya pun produk bayi, perlengkapan bersih-bersih kumplit ya. Dari Antibacterial 2in1 Hair & Body Liquid Soap (sabun sekaligus shampo bayi), sabun cuci piring dan perlengkapan makan bayi lainnya ( Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser), sabun cuci baju Sleek Baby Travel Wash daaaan Antibacterial Diaper Dream.

Semuanya mengandung antiseptik alami yang aman untuk bayi. Ini pentingbanget ya, kalau traveling menggunakan pembersih yang mengandung antiseptik.Apalagi buat bayi dan anak-anak yang masih dalam masa 1000 hari perlindungan.

Seslebor-slebornya saya, kalau anak baru dari perjalanan jauh atau dariplayground, pasti saya mandiin pakai sabun yang mengandung antiseptik. Demimembunuh kuman yang dari luar bok.

Sebagai catatan, antiseptiknya Sleek Baby ini juga bukan triclosan ya.Jadi nggak perlu kawatir akan membunuh kuman baik dan mengakibatkan resistensikuman jahat.

Favorit saya, selain si Sleek Baby 2 in 1 ini adalah Travel Wash-nyayang asli, beda dari yang lain. Jadi ini sebenernya sabun cuci pakaian tapibentuknya gel kental gitu. Kita nggak perlu takut bakal tumpah di jalan. Iniadalah kemasan kedua ya. Pertama saya punya travel wash ini pas mudik tahunlalu.

Kalau Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleansernya saya pakaisejak Gayatri masih minum ASIP dulu. Buat nyuci botol susu ampuh bangetngilangin lemak. Jadi walaupun sekarang uda nggak nyusu lagi, masih sering sayapakai buat cuci makanan dan peralatan makannya.

Antibacterial Diaper Creamnya juga bisa dipakai bayi baru lahir, loh.

Keempat produk ini juga dikemas dalam ukuran yang travel friendly, jadihemat tempat, dan nggak jadi beban kalau mau dibawa-bawa.

Oke banget si pokoknya. Consnya cuma satu: nggak semua minimarket jual.Tapi tenang, kita bisa beli secara online kok di KINOOfficial Store di Lazada.Dan mau liat info lainnya bisa langsung cek di FacebookSleek Baby dan IGSleek Baby.

Nah, kalau temen-temen, biasanya barang apa aja yang wajib dibawa waktutraveling? Ada tips dan trik khusus nggak untuk packing saat traveling barengbayi? Sharing doooong!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah