Penyebab Iritasi Kulit Bayi dan Cara Menanganinya

Iritasi kulit pada bayi bisa bermacam-macam ya penyebabnya. Dari dalamtubuh si bayi sendiri yang kulitnya masih sensitif (atau ditambah punya riwayatalergi dalam keluarga) maupun dari faktor eksternal.

Mengetahui faktor-faktor penyebab ini penting, demi penanganan yangtepat, sehingga cepat juga diatasi. Terlihat sepele memang, namun bisa berujungpada rewelnya bayi dan kesehatannya secara umum.

Berikut saya bahas beberapa pengalaman kami terkait iritasi kulit bayi,penanganannya dan review produknya yaa! Semoga bermanfaat bikin para bayi happytanpa iritasi….

iritasi kulit bayi

Penyebab Iritasi Kulit Bayi

Penyebab iritasi kulit bayi yang dialami adalah: 1) karena penggunaan pakaian serta diapers yang kurang tepat, 2) karena cuaca yang lembab atau sebaliknya karena terlalu lama di dalam AC yang terlalu kering, serta 3) karena penggunaan produk perawatan bayi tertentu, seperti produk sabun mandi/ pencuci pakaian yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate/ Anionik Surfactant.

Tentu saja faktor-faktor ini kami kenali, dari menduga-duga denganmelihat rewelnya bayi dan memeriksa tanda-tanda iritasi kulit bayi yang munculdi tubuhnya.

1 . Iritasi karena Pakaian/Diaper

Tanda iritasi:

Poin 1 paling sering dialami Gayatri saat di bawah usia 6 bulan.Tanda-tandanya cukup mudah didapatkan (kalau diapers) karena lokasinya yangspesifik di pantat. Kalau ada iritasi di pantat, bisa dipastikan, kalau bukankarena masalah higienitas, ya kemungkinan besar karena faktor diapernya.

Cara menangani iritasi:

Berdasar pengalaman saya, cara menanganinya adalah dengan mengganti diaper, mencuci pantat bayi setelah pup/ pipis dengan bersih, mengeringkan pantat bayi dengan sempurna saat berganti diaper, memilih diaper yang berkualitas (saya pernah menulis tema ini sebelumnya). Produk diaper cream pun bisa dipilih untuk mempercepat penyembuhan.

Kalau untuk pakaian, yang pasti, ketika memilih pakaian bayi, betterpilih yang katun dan ada logo SNInya ya….

2 . Iritasi karena BiangKeringat

Gayatri, anak kami sering mengalami biang keringat sejak kami pindahrumah ke Surabaya. Ya, faktor udara yang panas dan lembab sangat berperan.

Tanda iritasi:

Tanda-tanda yang terlihat adalah kulit kemerahan di bagian leher, dadadan punggung. Karena Gayatri juga ada kecenderungan atopic, seringkali juga adakemerahan di bagian lipatan siku, lipatan belakang lutut dan juga ketiak.Seringkali, kemerahannya diikuti dengan beruntusan di kulit.

Cara menangani iritasi:

Cara mengakalinya adalah dengan memakaikannya pakaian tanpa lengandengan harapan sirkulasi udara ke kulitnya baik, memilih bahan yang katun sertamenggunakan bedak cair untuk menyerap keringat berlebih. Untuk malam hari kamimenggunakan AC di kamar tidur.

3 . Iritasi karena Detergent SLS/ Anionik Surfactant pada Produk Bayi

Tanda iritasi:

Tanda yang paling menonjol tentunya adalah apabila terjadi rekasi dilokasi penggunaan produk bayi tertentu sesaat setelah menggunakannya ya.

Kalau buat anak saya, yang paling sering memicu iritasi adalah sabun mandi bayinya dan sabun cuci pakaiannya.

kulit sensitif
Kondisi kulit Gayatri beberapa waktu lalu.

Tanda-tanda kalau tidak cocok dengan sabun bayi, biasanya adalahkulitnya jadi kering. Kadang sampai bersisik dan mengelupas.

Kalau tanda tidak cocok dengen detergen bayi, biasanya Gayatri akansering garuk-garuk di bagian punggung, dada dan leher (namun bagian bawah, ataudi sekitaran kerah) dan bagian-bagian tersebut memerah.

Cara membedakannya denganbiang keringat:

Tentunya harus diperiksa tanda lain yang mendukung ya, untuk membedakanapakah merahnya karena biang keringat atau karena salah produk. Misalnya cek/raba kausnya. Kalau kausnya basah karena keringat, fakta tersebut mendukung kebiang keringat. Kalau kausnya kering namun terasa kaku dan berbulu-bulu seratkainnya, bisa jadi faktor sabun cuci pakaiannya yang tidak cucok.

Cara mengatasi:

Tentunya adalah dengan memilih produk sabun bayi dan deterjen bayi yang lembut di kulit bayi (ditandai dengan tidak adanya kandungan Sodium Laury Sulfate atau anionic surfactant), namun juga tetap efektif membersihkan.

Kalau poin 1 dan 2 sudah beberapa kali saya bahas di artikel sebelumnyaya. Untuk yang poin 3, saya bahas lebih lanjut dibawah ini.

Memilih Produk Sabun danDetergen Bayi

“Apakah produk bayi mahal selalu jadi jawaban?” pertanyaannyademikian ya. Menurut saya tidak selalu si. Yang penting adalah memeriksa diingredients produk, ada atau tidak bahan yang menyebabkan iritasi kulit.

Dalam artikel ini, saya mau mereview dua contoh produk bayi yang diklaimlembut di kulit bayi yang sensitif sekalipun.

1 . Hindari bahan yangmenyebabkan iritasi.

Klaim yang menarik bagi saya tersebut, didasarkan oleh tidak adanyakandungan Sodium Lauryl Sulfat/ Sodium Laureth Sulfat/ Sodium Myrate Sulfat/Anionik Surfaktant yang memiliki potensi iritan. Produk-produk ini jugamemiliki pH 5,5 yang sesuai dengan kulit bayi.

2 . Pastikan prosesproduksinya diawasi oleh otoritas.

Selain itu pilih yang memiliki nomor BPOM ya….

Yang menarik lagi, produk yang mau saya review ini berada di bawah pengawasan perusahaan farmasi, Novell Pharmaceuticall group. Novel Phamaceuticall Group ini adalah group yang memroduksi Lacto B itu lo, seems familiar ya dengan produk ini. Sehingga mulai dari bahan baku, proses produksi, bahan kemas sampai dengan jadi produk sesuai dengan standar kualitas Good Manufacturing Practice Farmasi.

Produknyaapakah ituuuuu????

Kedua produk tersebut adalah Purebaby Liquid Soap dan Purebaby LaundryLiquid.

produk sabun bayi  untuk kulit sensitif

Sabun Mandi Bayi: PurebabyLiquid Soap

Perkenalan pertama saya dengan produk sabun mandi bayi Purebaby LiquidSoap ini cukup mengesankan ya. Karena saya pertama kali menggunakannya setelahGayatri selesai berenang.

Seperti kita tahu, berenang memang baik untuk kesehatan. Namun, untukkulit seringkali menjadi masalah, karena kandungan kaporit dan garam-garam lainyang terkandung di dalam air kolam. Serta karena lamanya air tersebutberinteraksi dengan kulit bayi. Hal-hal tersebut bisa membuat kulit bayi/ anakmengalami kering dan iritasi.

Untuk itu diperlukan sabun bayi yang efektif membersihkan residu kaporitnamun juga tetap lembut di kulit bayi.

sabun bayi yang aman untuk kulit sensitif
sabun bayi mengobati biang keringat

Yang perlu digarisbawahi adalah klaim kandungan Triple Moisturizer “Oatkernel Extract, Chamomile, Pro Vit B5” yang mampu merawat kulit dari iritasikulit seperti ruam, alergi, dermatitis dan biang keringat ya.

Teksturdan Busa

Tekstur Purebaby Liquid Soap ini cenderung kental kalau saya bilang.Lebih kental daripada sabun cair yang biasa saya pakai di rumah. Malah sepertilotion ya.

Saat digunakan busa yang dihasilkan tidak banyak-banyak banget, namuncukup. Saya hanya menggunakan dua pump untuk tubuh Gayatri. Satu pump untuktubuh bagian atas sampai perut. Satu pump untuk tubuh bagian atas.

Yang saya rasakan (saya terbiasa mencoba produk bayi terlebih dahulu, sebelum digunakan ke anak) adalah, kulit terasa lembab dan tidak kesat sesaat setelah mandi. Kalau menggunakan sabun biasa kan kadang ada rasa ketarik gitu ya kulitnya, di Purebaby ini tidak. Hal ini tanda yang bagus, buat saya, karena setelah dikeringkan akan terasa lebih lembab dan lembut.

sabun hipoalergenic
sabun untuk kulit sensitif

Aroma

Aromanya mild banget. Saya suka, karena tidak nyegrak sama sekali.

Setelah bilas, bau air kaporit yang biasa menempel di kulit Gayatrisetelah berenang hilang tuntas loh. Sama sekali tidak tercium. Digantikan wangisabun bayi yang mild. Saya berharap hilangnya bau kaporit tersebut menandakanbahwa sabun ini memang efektif menghilangkan kotoran di kulit.

Setelah beberapa hari menggunakan sabun bayi, kulit Gayatri juga terasatidak sekering biasanya. Berarti memang benar, klaim kandungan TripleMousturizernya itu bekerja ya….

kulit sensitif bayi

Kurang lebih pemakaian selama empat hari, kulit keringnya yangmengelupas di belakang telinga, sudah hilang. Tentu saja rangkaian perawatankulit yang lain tetap saya jalankan. Namun, penggunaan sabun ini kerasa bangetbedanya.

Detergen Bayi: PurebabyLaundry Liquid

Untuk mencegah terjadinya iritasi di kulit bayi, tidak hanya sabun mandiyang perlu diperhatikan. Tetapi sabun cuci pakaian baji juga sangan pentinguntuk diperhatikan.

Ada tiga hal yang mengakibatkan detergen bayi atau sabun cuci baju bayi berpotensi mengakibatkan iritasi kulit. Yang pertama adalah 1) karena residu dari bahan aktifnya tidak terbilas dengan baik sehingga dapat berinteraksi dengan kulit saat dipakai. Yang kedua, 2) karena menghasilkan serat kain yang kaku/ berbulu setelah pakaian kering. Dan yang terakhir, adalah 3) karena bahan aktifnya tidak efektif dalam membersihkan pakaian, sehingga noda dan bakteri jahat masih “bertengger” di pakaian bayi.

Ketigahal di atas seharusnya tidak terjadi di detergen bayi yang bagus.

Trus gimana dengan Purebaby Laundry Liquid?

detergen bayi yang bagus mencegah iritasi kulit
detergen bayi non sls

Komposisi detergen bayi Purebaby Laundry Liquid dapat dilihat dalam kemasannya, seperti gambar di atas. Tampak jika pada produk ini SLS free ya…. Serta hypoallergenic dan direkomendasikan bahkan untuk kulit bayi yang sensitif.

Teksturdan Busa

Sebagaimana foto di bawah tampak tekstur produk ya, saya rasa teksturnyacukup oke, dan juga mudah larut di air.

Busa yang dihasilkan juga tidak terlalu banyak. Ini juga nggak masalahbuat saya. Karena kan yang membersihkan pakaian sebenarnya bukan busa ya, tapibahan aktif pembersihnya. Setahu saya produk ini menggunakan Alkylpoliglucosideyang berasal dari minyak kelapa dan gula jagung sebagai zat pembersih.

sabun pakaian bayi
detergen untuk kulit sensitif

Untuk melihat apakah benar produk ini bisa membersihkan noda, saat sayamencuci menggunakan Purebaby dan mesin cuci, setelah 8 menit spin pertama, sayapause, dan coba melihat rendamannya. Ternyata hasilnya abu-abu keruh (lihatfoto di bawah), tanda noda dan kotoran terangkat.

detergen bayi non sls

Aroma

Biasanya saya tidak akan panjang bahas sisi aroma dari suatu produk ya.Tapi kalau produk detergen bayi, akhir-akhir ini jadi sorotan saya. Hihihi.Soalnya Gayatri sedang toilet training. Hihihi, jadi sering banget celananyakena pup atau kena ompol. Yang…. yaaaaaa, tahu sendiri kan ya, kalau nyucinyanggak bersih, bau aduhainya bisa tertinggal. Iyuuuuhhh….

Saya juga nggak suka kalau detergennya terlalu wangi, tapi nggak bersih.Jadi tetep pesing tapi berbaur sama wangi. Iyuuuuuuhhhh #2…. Hihihi….

Syukurlah, sekarang nggak perlu iyuuuh iyuuhh lagi, soalnya Purebaby ternyata efektif banget menghilangkan bau pesing, tanpa harus diimbuhi dengan parfum yang terlalu wangi. Jadi ya seger aja gitu. Lagi pula, kalau terlalu wangi, saya malah kawatir dengan residu/ fragrance yang juga bisa memicu reaksi alergi di kulit bayi.

Hasilcucian:

Hasil cuciannya segar. Serat kainnya juga cenderung nurut. Gak yang kakudan berdiri-berdiri gitu. Jadi pas dipakai nggak bikin gatal dan iritasi. Noda-nodanyajuga tak berbekas lagi.

Tips nyucibekas ompol biar nggak ribet ala nyonyamalas:

Untuk celana yang terkena pup atau pipis, sebaiknya dibilas dulukotorannya. Kemudian sediakan satu ember khusus berisi air ditambah sedikitPurebaby Laundry Liquid, rendam. Ketika akan dicuci diperas dulu. Biasanya sayadi sore hari baru cuci semuanya bareng dengan pakaian yang lain. Begitu relatifaman kok. Ga bau apek dan juga nggak pesing.

Where ToBuy

Dulujaman saya masih di Bintaro, yang paling kumplit produk Purebabynya setahu sayadi Maebebe Baby Shop (Bintaro Sektor V), langganan saya di situ. Selain di situ,setahu saya produk Purebaby juga bisa dibeli di Ranch Market, Food Hall,Farmers, Kelapa Gading, Aeon, Lulu, Grand Lucky, Diamond dan Baby Shop. UntukPurebaby Liquid soap juga bisa didapatkan di apotek, Kimia Farma salah satunya.

Ranch Market, Galaxy Mall, Surabaya

Demikian sharing tentang iritasi kulit bayi kali iniiiiii! Semoga bermanfaat yaaa! :) Teriring doa supaya bayi/ anak-anak kita sehat selalu….. Salam sayang!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah