Ketar-Ketir Khawatir Berakhir Bersama Fitur Keamanan GOJEK

Kondisi lalu lintas yang kadang berbahaya membuat saya sering khawatir atas perjalanan diri maupun orang yang saya sayangi. Saya senang banget GOJEK menanggapi masalah ini dengan merilis beberapa fitur keamanan GOJEK yang membuat ketar-ketir khawatir saya berakhir. #UninstallKhawatir

“Pak, sudah sampai mana?” tanya saya saat itu kepada suami saya melalui pesan aplikasi chat di handphone. Saat itu, kami kebetulan sedang janjian mau liburan keluar kota bersama keluarga besar. Pada saat bersamaan, kakak ipar yang sedang bersama saya pun sadar dan menanyakan, “Lagi chat Domas ya?” 

Ya, saat itu kami semua memang sedang khawatir suami saya mengalami hambatan di perjalanan sehingga dapat membuat jadwal liburan bersama keluarga molor. 

“Ting!” Tak berselang lama pesan jawaban suami saya masuk. “Sudah naik GO-CAR nih,” kata dia. Dalam pesan itu pun terdapat kiriman link. Saya mengira itu awalnya adalah share location dari salah satu aplikasi maps, tapi ternyata itu dari aplikasi GOJEK

Saat itu saya baru ngeh kalau ada fitur yang membuat kita bisa memantau perjalanan orang-orang yang sedang dinantikan via aplikasi GOJEK. Bahkan, saya bersama kakak ipar sempat mengagumi fitur baru GOJEK ini.

“Eh, Domas sudah masuk gang depan nih. Ayoo, siap-siap semua,” kata kakak saya saat mengetahui suami akan segera tiba di rumah dari fitur baru tersebut.  Kami pun bergegas dan langsung masuk ke minibus setelah suami sampai di rumah. Khawatir yang tadi saya dan kakak ipar rasakan pun sirna. 

Nah, teman-teman sudah pada tahu belum fitur baru GOJEK ini? Seperti apa sih detailnya? Simak ya pembahasan saya di bawah ini.

4 Fitur Keamanan Gojek
Fitur Keamanan GOJEK #UninstallKawatir

1 . Fitur Bagikan Perjalanan

Sebagaimana saya ceritakan di atas, fitur Bagikan Perjalanan membuat kita bisa menerima link untuk memantau perjalanan pengguna jasa GO-CAR atau pun GO-RIDE. 

Misalnya, saat sedang dalam perjalanan dan handphone saya lowbat,  saya bisa mengirim lokasi saya sekarang ke suami atau keluarga yang sedang menunggu di rumah. Hal ini tentu akan membuat saya bisa berhemat baterai dan rekan atau keluarga pun tidak perlu khawatir menantikan kehadiran saya.

Bagaimana cara menggunakannya? Mudah kok, tinggal klik tombol perisai pada halaman booking GOJEK saat telah dilakukan penjemputan oleh driver. Lalu, pilih fitur Bagikan Perjalanan. Nah, untuk lebih jelasnya teman-teman bisa lihat di dua foto berikut, ya…

Fitur UninstallKawatir Gojek
Share Location GOJEK

Dengan fitur ini, kita bisa mengirimkan atau mengetahui beberapa info sebagai berikut, titik pick up dan drop off, informasi pengendara secara detail (nama, nomor & jenis kendaraan dan nomor pemesanan), dan live location.

Fitur ini bisa dipantau dari handphone lain dengan cara mengakses shareable link dari aplikasi GOJEK. Link tersebut bisa dibagikan via Whatsapp, LINE, hingga SMS.

Fitur Bagikan Perjalanan GOJEK

2 . Fitur Tombol Darurat

Selain fitur di atas, ternyata ada fitur keamanan GOJEK lain yang bisa mengikis rasa kekhawatiran kita. Namanya adalah Tombol Darurat, seperti emergency button gitu, lho.

Kalau ternyata ada kendala darurat dalam perjalanan, seperti kecelakaan atau tindak kriminalitas, kita bisa panggil bantuan darurat dengan tekan tombol ini. Nantinya, tombol tersebut akan langsung terhubung ke Unit Darurat GOJEK yang siap 24/7 untuk membantu customer-nya dalam kondisi terburuk.

Hmm.. Saya jadi teringat zaman masih Long Distance Marriage sama suami. Kalau pulang kantor, dari halte TransJakarta terdekat, saya masih harus menaiki ojek lagi menuju daycare anak. Nah, jalur terdekat menuju daycare tersebut harus melewati kebun luas yang sepi banget. Terkadang, kalau pulang selepas magrib, suasananya udah horor banget, deh. 

Related Post: Pejuang LDM

Nah, untungnya, dulu driver GOJEK tetap mau antar ya, walaupun harus melewati daerah sepi yang kabarnya juga rawan tindakan kriminal tersebut. Sementara kalau pakai jalur lain, saya bisa pulang dua kali lipat lebih lama, melebihi jam jemput daycare. Duh, dilematis banget deh waktu itu…

Kadang dia mengajak saya ngobrol untuk mencairkan suasana agar suasana tidak kerasa horor dan khawatir. Hehe. Saya berpikir, dengan adanya fitur Tombol Darurat ini sepertinya rasa khawatir penumpang bisa teratasi. 

Fitur Tombol Darurat ini sudah bisa diakses oleh pengguna GO-CAR se-Indonesia dan semoga segera bisa diakses di GO-RIDE juga ya! Tapi, semoga kita enggak perlu menggunakan fitur ini karena tentunya siapa sih yang mau mengalami situasi seperti di atas. Hehe.

Fitur Panggilan Darurat GOJEK

3 . Asuransi GO-RIDE

Selain itu, ada juga asuransi untuk customer yang menggunakan layanan GO-RIDE. Asuransi ini otomatis aktif, berlaku di seluruh Indonesia sejak waktu penjemputan hingga tiba di tujuan. Untuk hal ini, GOJEK bekerjasama dengan platform asuransi digital.

Jadi kalau terjadi kecelakaan atau pencurian di perjalanan, kita bisa memanfaatkan perlindungan asuransi ini. 

4 . Driver Hebat

Last but not least, adalah tentang drivernya. Seperti yang saya ceritakan tadi, sepanjang menggunakan GOJEK, saya sering terkesan dengan keramahan dan kesopanan para drivernya.

Ini semua karena GOJEK melakukan proses rekrutmen yang ketat untuk menyeleksi driver-driver pilihan serta GOJEK juga menyediakan modul pelatihan pada setiap driver, mengenai cara menggunakan aplikasi pengarah jalan, cara merawat kondisi kendaraan, patuh pada peraturan lalu lintas, dan cara memberikan pelayanan yang baik.

Enggak berhenti di situ, sekarang pun GOJEK bekerja sama dengan Rifat Drive Labs. Kerjasama ini berbentuk program pelatihan juga bagi para driver GOJEK. Oh iya, pada kenal Rifat Sungkar kan?!?! Public figure Indonesia sekaligus Duta Keselamatan Berkendara inilah yang menginisiasi program RDL GOJEK di atas.

Selama empat tahun sudah ada lebih dari 300 ribu mitra pengendara GOJEK di 20 kota di Indonesia yang bergabung dalam program ini. Sampai saat ini program ini masih berjalan dan diikuti sekitar 10 ribu driver per bulannya.

Fitur Keamanan GOJEK
ps. Foto dipost atas seizin driver.

Selain itu, GOJEK juga memberikan edukasi kepada mitra driver melalui #TrikNgetrip, program edukasi yang menyampaikan pesan dengan cara yang menyenangkan dalam memberikan layanan terbaik dan tips dalam berkendara serta perjalanan.

Tak hanya itu, GOJEK juga menyelenggarakan serangkaian workshop dalam upaya meningkatkan keterampilan mitra driver melalui Bengkel Belajar Mitra. Program ini rutin diselenggarakan di berbagai kota Indonesia dengan menggandeng para profesional di bidangnya masing-masing untuk memberi pembekalan kepada driver GOJEK dalam meningkatkan layanan dan mengasah pengetahuan di bidang lainnya.

Lalu kalau kalian ketemu driver dengan pin pada jaketnya, berarti temen-temen sedang dilayani oleh Driver Jempolan tuh! Jadi nggak hanya pelatihan, GOJEK pun berupaya terus meningkatkan kualitas drivernya dengan penghargaan Driver Jempolan ini. FYI, Driver Jempolan adalah apresiasi bagi driver yang telah memberikan pelayanan prima dan memiliki kontribusi lebih di masyarakat.  Jadi jangan sungkan untuk dipuji ya kalau ketemu mereka. 

Jadi, tetaplah berinovasi terus ya, GOJEK-ku, sayang. Terima kasih sudah membuat ketar-ketir khawatir kami berakhir. 

Sekian sharing dari saya. Buat teman-teman, yuk mari dicek aplikasi GOJEK-nya. Kalau fitur keamanan GOJEK dan layanan-layanan di atas belum muncul, coba di update dulu aplikasinya agar kalian dapat #UninstallKhawatir. Gampang, kan! Semoga sharing kali ini bermanfaat ya. Yuk, udah saatnya pakai GOJEK! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah