Review Buku Montessori Play and Learn Lesley Britton

Sejak tertarik dengan metode Montessori sebagai salah satu cara pandang parenting, saya sering hunting review buku Montessori. Buat beli yang cucok tentunya. Kenapa buku? Karena saya pengen tahu prinsip-prinsip mendasar dari metode ini. Soalnya banyak banget kan konten-konten di media sosial terutama instagram yang menggunakan embel-embel #montessori tapi dengan bentuk yang beraneka ragam. Biar tidak bingung pengennya si punya pegangan yang tepat gitu….

Awalnya sempat tertarik pada bukunya Maria Montessori sendiri yang Absorbent Mind. Namun setelah baca reviewnya di beberapa portal buku, saya mundur. Banyak yang berpendapat buku ini terlalu “ilmiah” dan “susah dikunyah” untuk orang baru yang sama sekali nggak punya latar belakang pengetahuan tentang montessori.

Berhubung saya memang awam sekali dengan metode ini; tak pernah datang di sekolah murni montessori. Jadinya saya undur untuk membacanya dan mencari yang lebih handy.

2018-12-15 01.48.46 2

Tertarik dengan bukunya Lesley Britton setelah sekilas lihat promonya di @kotakmainmainan dan baca-baca reviewnya. Sepertinya ini buku yang saya cari: ringan dan easy digest. Cucok meyong buat saya yang super beginner ini.

Deskripsi Buku

Judul: Montessori Play and Learn

Buku ini diterjemahkan dari Montessori Play and Learn terbitan Vermilion yang diterbitkan pada tahun 1992. Buku yang saya miliki ini cetakan ke tiga di bulan Maret 2018, diterbitkan oleh B First (PT Bentang Pustaka) dan didistribusikan oleh Mizan Media Utama.

Penulis: Lesley Britton, seorang Montessorian dan founder London Montessori Centre. Diterjemahkan oleh Ade Kumalasari, disunting oleh Noni Rosliyani dan Ranny Afandi.

Jumlah Halaman: 280 halaman.

Resume:

Di sampul buku ini disampaikan bahwa tujuan dari buku ini adalah mengoptimalkan potensi anak dengan permainan untuk usia 2 – 6 tahun. Berisi tentang:

  1. Selayang pandang Montessori; siapa itu Maria Montessori dan apa esensi metode Montessori,
  2. Bagaimana menerapkan Montessori di rumah, dalam hal ini tips merencanakan rumah ramah anak,
  3. Ide aktivitas Montessori praktis sehari-hari di lingkungan rumah maupun wilayah sekitarnya.

Buku ini berisi enam bab utama:

  1. Siapa Maria Montessori?
  2. Esensi Metode Montessori
  3. Menerapkan Metode Montessori
  4. Merencanakan Rumah Ramah Anak
  5. Menjelajah Lingkungan Sekitar
  6. Menemukan Dunia

Bab yang paling berkesan bagi saya tentunya adalah Bab 2. Esensi Metode Montessori. Pada bab ini dibahas tentang:

  • Cara kerja otak anak yang memengaruhi cara anak belajar. Poin ini dijelaskan melalui pandangan Maria Montessori: Absorbent Mind. Atau pandangan bahwa anak memiliki cara belajar dengan menyerap apa yang di lingkungannya menggunakan panca indra yang dimilikinya. Kurang lebihnya mungkin seperti itu, cmiiw.
  • Pada bab ini saya juga belajar tentang enam periode sensitif yang dialami anak-anak: 1) sensitif pada keteraturan, 2) sensitif pada bahasa, 3) sensitif pada berjalan kaki, 4) sensitif pada aspek sosial kehidupan, 5) sensitif pada benda kecil dan 6) sensitif pada belajar melalui indra. Keenam-enamnya dibahas di bab dua.

2018-12-15 01.48.46 1

2018-12-15 01.48.45 1

Review (In My Humble Opinion)

Daaaaaannnn…. Serius saya bersyukur banget baca buku ini. Enak banget di baca. Terjemahannya oke banget. Semuanya pas, mudah dipahami. Selanjutnya saya ikut workshop singkat tentang Montessori di Sunshine Training Center, dan materi yang ada di buku ini beneran membantu saya banget dalam memahami materi-materi workshop.

What I love

Poin plus pertama dari buku ini: enak dibaca.

Poin plus berikutnya adalah: compact. Jadi materinya tu disampaikan singkat padat dan jelas.

Jadi untuk ibu-ibu yang waktunya terbatas, cocok banget lah. Saya nggak sampai seminggu sepertinya baca buku ini. Padahal bacanya malam-malam setelah Gayatri bobok atau sebelum saya berangkat kerja.

Ga bertele-tele dan langsung ke pokoknya. Ini kalau makanan semacam uda jadi sari-sarinya itu.

Manfaat Buku Ini

Bagi yang ingin mendalami Montessori:

  • Bisa mendapatkan gambaran umum yang sederhana, sebelum mempelajari lebih jauh. Jadi seperti menyicipi dulu kulit-kulitnya gitu loh.

Bagi orang tua secara umum:

  • Seperti saya yang walaupun tertarik namun tidak berencana menjadi montessorian yang saklek, buku ini tetap memberikan manfaat yang baik: memberikan wawasan dan pandangan tentang kepengasuhan. Wawasan ini memang tidak serta merta mengubah saya menjadi orang tua yang sempurna seperti perubahan Power Rangers yang instan, namun cukup memberikan saya “pengingat” bagaimana seharusnya memosisikan diri sebagai orang tua terhadap minat dan potensi anak.
  • Membantu saya memahami beberapa fenomena atau tingkah laku unik yang dilakukan anak saya.
  • Membantu saya menemukan ide aktivitas bersama anak di rumah.
  • Memberi saya wawasan tentang bagaimana sebaiknya menata rumah agar rumah lebih ramah anak.

How to Buy:

Saya membelinya via Shopee kalau tidak salah di tokonya kotakmainmainan, seharga kurang lebih Rp 60.000,00-an sebelum ongkir (eh tapi pas itu free ongkir deng, karena beli barang lainnya juga). Kira-kira ya, saya lupa pastinya. Di Gramedia juga ada, tapi sepertinya harganya lebih mahal, hehehe….

Nah, sekian review singkat ala nyonyamalas. Selain buku ini saya baca dua buku lain tentang Montessori. Akan saya review mungkin beberapa minggu lagi ya…. So stay tune, dan semoga reviewnya bermanfaat ya!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah