The Moment Being Alone (Cerita Pejuang LDM dan Senjatanya)

Bagi orang yang sudah pernah menjalani momen long distance marriage (LDM) pasti tahu “senjata” apa yang paling ampuh dalam menembus jarak antara mereka. Iya! Alat komunikasi! Orang tua saya dulu juga sempat menjalani LDM. Alat komunikasi mereka jaman dulu: surat! Dikirim via pos yang mungkin baru semingguan sampai. Papa saya kangen hari Senin baru tersampaikan ke Mama saya di hari Jumat.

Dan surat-surat tersebut dilaminating dong sama Mama saya, jadi bukti cinta Papa yang kalau lagi berantem (pas sudah nggak LDM) tu surat-surat sering dikeluarin dan diungkit-ungkit. Papa tengsin, kita (anak-anak)-nya ngempet ketawa mau ngakak. 

hehehe

Terpujilah Martin Cooper! Penemu handphone, yang mana kini makin canggih sehingga  membuat hidup saya sebagai pejuang LDM lebih mudah, lebih ringan tekanan kangennya dan lebih produktif.

Yah memang si, bukan berarti semua masalah menghilang. Ada beberapa momen dimana kami tetap harus menghadapi tantangan. Saya yakin momen-momen menantang ini juga dialami oleh sebagian besar Pejuang LDM lainnya…. So siapin tisu ama cemilan ya…. Saya mau tjoerhaaaatttt…..

The Moment Being Alone

Foto-foto di bawah adalah momen-momen Suami mengantarkan kami ke Jakarta. Syahdu, haru berkecamuk menjadi satu….

gayatri dan bapak

gayatri dan bapak 2

gayatri dan bapak 3

1 . Kehilangan Sosok Seorang Ayah

“Bapaaqq,” seru Gayatri sambil tangannya menunjuk nunjuk ke arah halaman kosan. Saat itu sekitar pukul 23.00, malam pertama kami (saya dan Gayatri) menginap di kos. Bapaknya ada di Surabaya. Cukup lama saya mencoba menjelaskan pada Gayatri jika Bapaknya tidak di halaman. Tidak bersama kami lagi.

Gayatri tidak mengerti. Usianya baru setahun lebih beberapa bulan. Sulit baginya memahami konsep ada dan tiada. Buat dia, tidak kelihatan berarti tidak ada. Dan itu membuatnya sedih. Dia mulai menangis….

hiks

“Oke,” pikir saya saat itu. Sebenarnya terbersit kekawatiran akan keamanan kami, namun, saya pikir ini momen yang penting bagi Gayatri untuk memahami kondisi kami. Jadilah saya menggendong Gayatri tengah malam buta. Mencari Bapaknya di halaman kosan. Tak menemukan Bapaknya, Gayatri mengajak saya keluar pagar. Kemudian saya ajak dia keluar. Saya ajak dia berjalan berputar-putar dekat pos satpam. Sampai akhirnya dia lelah, dan kemudian tertidur di gendongan saya.

Keesokan harinya, saya mulai membiasakan Gayatri “bertemu” Bapak melalui layar.

1 ) Video Call

Video call adalah salah satu cara yang paling efisien mempertemukan muka dua orang berjarak jauh secara real time. Namun, naas, ternyata posisi kamar saya yang seperti bunker, di lantai paling bawah gedung 2,5 lantai, membuat sinyal sulit sekali lancar. Putus nyambung seperti lagu BBB. Untung saya punya mifi kan. Saya pasang dah tu mifi di lubang angin jendela. Yah membaik si…. Tapi ya masih begini ni kira-kira hasil gambarnya:

video call bapakBluuurrrr…. Perpaduan antara sinyal yang tak bersahabat dengan kamera depan yang seadanya. Wkwkwk…. Tapi ya lumayan lah, sekarang kalau Gayatri dan suami uda biasa video call melepas kangen. Hanya kalau kamera depan dan tekhnologi penangkap sinyalnya lebih baik, tentu video call dapat dilakukan lebih nyaman.

2 ) Rajin Kirim Foto Update

Setiap hari pun saya sering mengirimkan foto-foto kelakuan bocah yang happy dan lucu itu ke suami untuk meminimalisasi rasa kawatirnya atas keadaan kami yang jauh. Saking seringnya saya mendokumentasikan aktivitas sehari-hari, handphone saya sampai ngehang-ngehang karena storagenya kecil. Akhirnya setiap take foto, setelah kirim, biasanya langsung saya hapus dari storage. Hmmmm…. sepertinya saya perlu ganti gadget #kode wkwkwk….

2 . Keamanan dan Keselamatan

Dua hal yang kami putuskan saat saya kembali bekerja di Jakarta adalah 1) daycare dan 2) kosan. Dua hal ini terkait keamanan dan keselamatan kami.

1 ) Daycare

Kami memilih daycare terdekat dengan kantor saya, selain karena maslah jarak juga karena daycare tersebut komunikatif sekali dengan orang tua. Jadi kalaupun saya antar dalam kondisi kurang enak badan, pengawasannya bagus, dan setiap kali saya tanya responnya cepat.

Selain itu, daycare Gayatri juga menyiapkan fasilitas CCTV yang bisa orang tua akses langsung lewat gadget. Sayangnyaaaaaa…. Lagi-lagi karena storage handphone saya yang ala kadarnya, saya jadi tidak bisa instal aplikasi untuk akses CCTV ituuuu di HP. Hiks…. Jadi yang memantau adalah si Bapak….

CCTV daycare

2 ) Kosan

Banyak yang bertanya mengapa kami memilih untuk menyewa kosan dibandingkan sewa rumah saja. Alasan kami yang terutama adalah karena serem saja si kalau tinggal di rumah hanya berdua dengan Gayatri. Setidaknya kalau di kos kan ada Bapak dan Ibu Kos serta Teman-teman Kos. Jadi kalau saya sakit, ada yang bisa dimintai bantuan. Atau kalau amit-amit ada kriminalitas, kami bisa saling mengamankan.

3 . Produktivitas

Ada yang sempat DM saya tentang akhir-akhir ini saya jarang update blog. Yaiyalah, kan saya prioritas kerja di kantor. Sampai di rumah megang bocah. Sebenarnya si draft tulisan banyaaaak pisan, ada 36 draft yang siap rilis tapi mangkrak. Bisa sebanyak itu draftnya karena selama perjalanan dari dan ke kantor biasanya saya ngetik di note handphone. Yang bikin saya nggak posting draft tersebut karena nggak sempat edit visualnya.

Saya tahu si kalau sebenarnya beberapa aplikasi grafis online bisa diakses melalui handphone. Tapiiiiii….

Hahaha…. Pasti bisa nebak kan ya…. Betuuul! Lagi-lagi karena handphone saya tidak mumpuni, hiks….

Tantangan-tantangan di atas, awalnya membuat saya yang tipikal “istri manja” ini stres. Sempat mengalami insomnia, mood swing, berat badan naik turun dan siklus menstruasi jadi tidak teratur. Namun seiring berjalannya waktu, kami mulai bisa melihat hikmah dibalik tantangan LDM ini.

Best Moment of Being Alone

Momen LDM ini menjadi salah satu best momen dalam pernikahan kami. Ya, best momen yang tidak indah memang. Tapi best momen yang mengajarkan kami beberapa hal penting dan mendasar dalam pernikahan:

1 . Best Moment: Kesederhanaan dan Perjuangan

Seperti sempat saya sebut di atas, jujur, saya bukan perempuan yang tegar. Nama blog ini mungkin cukup menggambarkan seperti apa saya. Malas. Atau mungkin lebih tepatnya manja. Tak pernah hidup bergelimang harta, namun orang tua saya tak pernah membuat saya menderita. Sepertinya selama ini apa yang saya butuhkan selalu terpenuhi.

Mungkin karena itu di antara saya dan suami, momen LDM mempengaruhi lebih banyak ke karakter saya. Saya ditantang untuk menjadi lebih mandiri. Membiasakan diri mengasuh dan memelihara Gayatri sendiri. Mengatur support system kami dengan lebih teliti karena tiada suami yang akan mengecek “bagian” saya lagi.

setrong

Pun, berjuang hidup lebih sederhana. Agar kami dapat bertemu setidaknya dua minggu sekali. Wkwkwk, tiket pesawat pp-nya aja bisa nembus 2 jeti, book, wkwkwk. Namun kami rela.

Berkaitan dengan itu, keinginan membeli gadget demi menghadapi ketiga tantangan sebelumnya pun saya tekan kuat-kuat. Tabungan kami makin menipis walaupun kami sudah berusaha berhemat. Makanya saya seneng banget waktu di blognya, sujiwo.com, Mbak Pungky dan suami bikin giveaway handphone yang spec-nya sesuai banget sesuai harapan saya. Nanti saya bahas di bawah ya. Sekarang lanjut curhat lagi….

2 . Best Moment: Penghargaan atas Kehadiran

Saya jadi menyadari bertapa berharganya kehadiran suami saya. Yang biasanya saya take it for granted. Saya rindu pada guyonan recehnya yang selalu berhasil membuat saya tertawa. Saya rindu pada teguran-teguran tajamnya, yang biasanya benar. Saya rindu pada kehadirannya. Hanya dengan hadir saja, dia bisa membuat suasana berbeda.

Saya yakin suami saya pun merasakan hal yang sama.

Berikut adalah foto-foto di tanggal 5 Mei 2018, momen di saat suami saya mengantarkan saya dan Gayatri di kosan baru. Momen perpisahan pertama kami setelah menikah:

gayatri dan kos

gayatri dan kos 4

gayatri dan kos 3

Saya menyebutkan dua best momen di atas bukan sedang sugar coating ya. Saya tidak mau meromantisasi perpisahan kami. Saya akui kalau LDM itu berat sebagaimana tantangan yang saya ceritakan di awal, dan punya banyak konsekuensi dalam kehidupan kami. Saya tidak merekomendasikan untuk melakukan hal ini, karena LDM memang bukan hal yang ideal terjadi dalam kehidupan rumah tangga.

Namun apabila itu harus terjadi, berjuanglah. Dan carilah hal-hal yang bisa memudahkan perjuangan.

Pejuang LDM dan Senjatanya

Saat saya membaca sekilas blog Mbak Pungky dan suaminya, awalnya saya tidak terlalu tertarik untuk ikut giveaway yang sedang mereka jalankan. Namun setelah saya membaca-baca lagi tentang hadiah yang ditawarkan, saya menjadi semangat banget. Bagaimana tidak, sepertinya inilah cara supaya saya bisa mendapatkan “senjata” yang lebih yahud menghadapi momen LDM ini: HUAWEI Nova 3i!

huawei nova 3i camera

Mungkin bagi teman-teman yang sedang mencari handphone juga, saya mau sharing spec-nya:

  1. Konektivitas yang Kuat

Konektivitas Huawei Nova 3i didukung fitur canggih:

  • fitur EMUI 8.2 alias elevator modeyang dapat mengoptimalkan kinerja jaringan dan memulihkan sinyal 4G secara cepat,
  • fitur Huawei GEO 1.5 yang memungkinkan pengguna mendapatkan layanan meski di tempat tertutup, nah, pas banget kan handphone ini untuk mengatasi tantangan sinyal di kama saya yang seperti bunker itu….
  • fitur AI Noise Removal yang dapat menganalisis suara sehingga dapat meningkatkan kualitas telepon (call maupun video call) seperti meminimalisasi suara background yang berisik atau malah memperjelas suara rendah yang teridentifikasi sebagai suara kita. Canggih ya….

konektivitas huawei nova

2 . Prosesor Grafis yang Mumpuni

HUAWEI nova 3i mengadopsi tekhnologi grafis yang keren banget:

  • Kirin 710 berteknologi 12 nm, HUAWEI nova 3i yang memberikan hasil responsif yang halus, serta pengalaman bermain yang imersif dengan ISP (prosesor sinyal gambar) independen dan DSP (prosesor sinyal digital).
  • Diperkuat dengan GPU Turbo (graphic processing unit) yang pada akhirnya bakal memberikan pengalaman lebih baik dalam memakai smartphone, termasuk ketika menjalankan game kelas berat. GPU Turbo yang ada di smartphone Huawei akan meningkatkan efisiensi pemrosesan grafis sebesar 60 persen sekaligus mengurangi konsumsi energi SoC (System on Chip) sebesar 30 persen yang berarti akan bikin baterai lebih hemat. Semua proses memaksimalkan kinerja ini dilakukan secara legal di smartphone Huawei yang berarti tidak akan merusak perangkat dan garansi.

Kedua tekhnologi di atas akan menjadi favorit bagi para gamer pengguna handphone. Namun bagi saya, yang tidak suka main game pun akan bermanfaat karena bisa jadi senjata pendukung produktivitas saya dalam hal editing grafis materi-materi blog.

  1. Kamera dengan Artificial Inteligent (AI)

Memiliki kamera yang diperkuat AI yang membuat hasil foto yangmemiliki kejernihan yang tinggi dan juga bisa untuk efek bokeh yang profesional karena punya aperture f/2.2 di kamera belakang. Kece kan. Kamera depan: kamera AI 24 MP + 2 MP. Kamera belakang: kamera AI 16 MP + 2 MP.

Dengan fitur 16X Super Slow Motion pengguna juga bisa merekam gerakan super detail dalam rekam lambat yang dramatis. Kebayangnya si ngerekam video Gayatri pertama kali terjun ke kolam renang, atau permainan gelembung sabun bakal jadi ekstra menarik dan berkesan.

Saya juga tidak perlu kawatir ribet dengan pengaturannya, karena dengan artificial inteligent HUAWEI nova 3i mampu merekognisi 22 kategori pengaturan settingan momen, sebagai berikut:

huawei camera ai

Oiya, dengan adanya kamera yang mumpuni di handphone, saya juga dimudahkan karena pirantinya jadi ringkas dan ringan.

Selama ini, kalau saya sedang ada job review produk, saya akan menenteng kamera mirrorless saya plus tripod yang segede gaban. Agak repot ya, mengingat saya masih harus menggendong Gayatri juga. Kalau punya gadget ini, saya nggak perlu lagi menenteng kamera mirrorless dan tripod yang besar, saya tinggal bawa HUAWEI nova 3i dan monopod/ tongsis kemudian pengambilan gambar bisa dengan remote atau timer.

Selain mendukung produktivitas, adanya kamera depan dan belakang yang berkualitas di handphone juga akan membantu saya capturing aktivitas sehari-hari yang kemudian saya kirim ke suami saya tanpa takut kehilangan momen penting.

  1. Storage

Tebak berapa besar storage yang dimiliki oleh Huawei nova 3i? 128 GB!!!! Paling besar di kelas smartphone mid-end saat ini. Dengan storage sebesar itu, mau ambil foto sebanyak apapun dan video sesering apapun, saya tak perlu sering-sering menghapusi gambar.

Selain itu, saya pun jadi bisa menginstal lebih banyak aplikasi pengolah gambar, infografis dan video di handphone. Dan bisa mengerjakannya selama saya duduk di Transjakarta pulang pergi ngantor. Asyik banget kan! Tak perlu lagi mengorbankan waktu tidur saya atau waktu bermain saya dengan Gayatri.

  1. Desain yang Fungsional Sekaligus Menarik

Senjata yang mumpuni ini juga punya tampang yang kece dengan tiga pilihan Black, Iris Purple dan Camaro. Ketiganya sama kecenya si…. Kalau ukurannya sendiri layar 6,3 inch FHD+ (2340 x 1080). Cukup besar untuk mengerjakan beberapa pekerjaan, namun cukup ringkas untuk masuk di kantong ataupun pouch.

huawei nova 3i

Spesifikasi lebih detailnya bisa diintip di web HUAWEI ya…. di Spesifikasi HUAWEI Nova 3i.

Sekian curhat tentang Best Momen saat menjalani Long Distance Marriage dengan suami. Semoga sharing kali ini bisa memberikan sudut pandang lain gitu, biar para pejuang LDM tidak melulu galau. Tapi tambah semangat mencari solusi dan “senjata” yang mempermudah kehidupan mereka.

Semangaaaat semuanyaaa!!!!

“Tulisan ini diikutsertakan dalam giveaway blognya Jiwo”

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah