Resep dan Tips Membuat Sapi Lada Hitam

Sejak hamil saya mual kalau mencium bau masakan. Jadi jarang banget ke dapur untuk masak. Syukurlah, suami saya a.k.a Tuan Besar bukan tipe yang tidak mau turun gunung masuk dapur buat masak. Kali ini yang beliau masak adalah sapi lada hitam dengan paprika kuning. Masaknya gampang karena lada hitamnya pakai yang sudah setengah jadi, bukan yang masih bulet-bulet. Tapi rasa lada hitamnya tetap nendang endang bambang gurindang.

bumbu-bamboe-lada-hitam

Oiya, pas saya share foto masakan ini di IG banyak yang nge-like. Tuan Besar sebagai pria biasa, merasa dikagumi gitu jadinya sama nyonya-nyonya…. Hihihi…. Trus saya dikasih resep dan tips membuat sapi lada hitam tsb untuk ditulis diblog. Bahkan beliau rela saya ajak ke Hero, buat nyari dan fotoin bumbu yang dia pakai sebelumnya. Demi melengkapi tulisan ini buat nyonya-nyonya loh, hahaha. Cuma karena pas dia masak, tidak difoto-foto, mohon maaf kalau tidak ada foto step by stepnya ya…. Tapi gampang banget kok….

resep-dan-tips-sapi-lada-hitam

Resep Membuat Sapi Lada Hitam

Bahan:

200 gr daging sapi khas dalam

1 sendok makan tepung maizena

4 sendok makan minyak goreng (suami saya menggunakan minyak kelapa)

1 bungkus bumbu lada hitam merk Bamboe (suami menekankan harus merk ini, merk favoritnya)

1/2 buah paprika kuning ukuran sedang, potong dadu

1/2 buah bawang bombay ukuran sedang, potong dadu

4 sendok makan air

Cara membuat:

1 . Lumuri daging dengan tepung maizena sampai merata.

2 . Panaskan minyak goreng.

3 . Tumis daging sampai berwarna kecokelatan.

4 . Masukkan bawang bombay dalam tumisan daging. Tumis sampai bawang bombay layu.

5 . Masukkan paprika. Aduk rata.

6 . Masukkan bumbu lada hitam. Aduk kembali sampai bumbu menempel ke semua bahan.

7 . Tambahkan air. Aduk sampai air menyusut dan kuah mengental.

8 . Sajikan dengan nasi hangat dan sayur pendamping agar lebih sehat.

Tips Membuat Sapi Lada Hitam

1 . Gunakan bumbu sapi lada hitam merk Bamboe

Seratus persen bukan iklan. Tapi memang suami sendiri yang bilang demikian. Beliau memang agak fanatik dengan merk bumbu ini. Dia juga menambahkan, bumbu lain dari merk ini juga ga kalah enak. Nah, jika di supermarket atau pasar, nyonya-nyonya menemukan ada dua jenis kemasan bumbu Bamboe seperti pada foto di bawah ini, keduanya asli loh.

dua-varian-bumbu-bamboedua-varian-bumbu-bamboe-rendang

Untuk yang resep khas masakan Indonesia lebih enak yang bungkus abu-abu. Tapi untuk varian yang lain tidak ada yang bungkus abu-abu. Termasuk untuk yang sapi lada hitam ini. Jadi yang kami pakai adalah bumbu Bamboe dengan kemasan cokelat.

bumbu-bamboe-lada-hitam-cokelat

2 . Gunakan paprika kuning

Paprika warna kuning rasanya lebih manis dan tidak pedas dibandingkan paprika hijau, merah maupun yang orange. Memang sesuai selera. Kami memilih paprika yang warna kuning untuk menyeimbangkan rasa pedas dari bumbu lada hitamnya. Namun, untuk yang menyukai rasa lebih pedas atau lebih langu, bisa memilih jenis paprika lain.

resep-dan-tips-sapi-lada-hitam-paprika

3 . Sajikan dengan sayur pendamping yang rasanya tidak terlalu kuat

Sebagai teman dari sapi lada hitam ini kami memilih tumis kailan. Kailannya hanya kami tumis dengan bawang putih yang dikeprek. Tanpa garam tambahan atau bumbu lain. Pilihan tersebut jatuh pada tumisan sayur polos, selain karena praktis juga agar ketika makan tidak campur-campur rasanya. Semakin simpel sayur pendampingnya, semakin menonjol rasa lada hitamnya.

resep-dan-tips-sapi-lada-hitam-untuk-bekal

Sekian resep dan tips membuat sapi lada hitam. Kalau nyonya-nyonya punya resep sapi lada hitam dan juga tips yang beda, feel free untuk share di komen yaaa… Semoga bermanfaat ya Nyaaaahhh…. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Review dan Pricelist/ Harga Mom n Jo Bintaro