Tutorial Menghias Pulpen

Dapat ide menulis tutorial menghias pulpen centil ini pas baca artikel tentang pulpen penerima tamu kondangan. Lupa tapi artikel dimana, please do not hesitate buat mengakui ya, nanti aku credit deh :) Setelah itu, saya bongkar kotak isi pernak pernik yang lama ga dipakai dan nemu bros bunga-bunga yang kayanya ngehits beberapa tahun lalu. Bulatlah tekadku bikin pulpen centil ini, hihihi. Apalagi ada stok tali sisa ngerajut yang buanyak pollll di gudang…

Eh, tapi sebelum ngebahas cara bikin pulpen centil. Ak mau bahas tentang Mario Teguh bentar. Gatel juga saya mau ikutan komen juga sama berita yang lagi santer di belahan bumi bagian Indonesia ini. Komen saya ga serius2 amat si, cuma ini: manusia, mau itu presiden, motivator, ustad, penyanyi lagu rohani, guru, vegan, hijaber, apalagi cuma blogger kaya saya ini kan emang tempatnya salah dan cela ya. Jadi kalo salah, boleh sih di cela. Tapi klo nyela-nya baper banget, kayanya itu nunjukin kalo selama ini para penyela (penyela apa pencela yak???) adalah orang yang menganggap figur-figur tersebut adalah selevel di atas manusia. Manusia setengah dewa gitu loh. Yang pas ketahuan ternyata punya dosa, semuanya jadi heboh, jadi kaget. Jadi kalo kita (kita, sekali lagi kita, self reminder jg buat saya) emosi dan nyesek denger ribut-ributnya Mario Teguh, mungkin kitanya terlalu ngefans (walaupun sebenernya saya engga ngefans sama Om Mario, tapi berlaku juga buat tokoh lain kali ya).

Jadi saya peringatkan dari sekarang, sebelum jumlah follower saya jadi 7,733,239 (jumlah follower twitter Mario Teguh per 14 September 2016), saya peringatkan sekali lagi Sodara-sodara… saya hanya manusia biasa, jangan terlalu ngefans! Kalo punya goldenways dalam membuat kerajinan tangan yang lebih praktis, lakukanlah sesuai caramu. Tapi jangan lupa tinggalin komen ya, siapa tau saya mau niru cara kamu… Hehehe… Saya uda meringatin lho ya…

Oke balik lagi ke urusan pulpen centil…

Pembuatan pulpen centil ini cuma ga perlu keahlian khusus. Hanya perlu sedikit hati-hati karena kita akan memakai lem tembak, which is ujung alat dan lem lelehnya rada panas. Anak-anak usia SD bisa diajak ikut serta, dengan pengawasan dalam penggunaan lem tembak tadi. Oce buund??

Alat dan Bahan:

tutorial-menghias-pulpenPulpen

Bunga/ hiasan lain

Tali

Lem tembak

Tembakan lem

Gunting

Cara Membuat:

1 . Siapin peralatan yang diperlukan. Pada saat ini, tembakan lem sudah bisa dinyalakan, agar ketika proses penempelan akan dimulai, lemnya sudah cukup mencair dan bisa dioleskan ke bidang yang diinginkan.tutorial-menghias-pulpen2 . Jika kamu menggunakan bros bekas seperti saya, lepaskan dulu kaitan/ peniti bros dari bunganya. Gunakan hanya bunganya saja.step-1-lepas-bunga-dari-peniti3 . Beri lem tembak pada bagan tengah bunga. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Kata lagu dangdut yang sedang-sedang saja. ;D

Oiya, beberapa teman menanyakan dimana membeli tembakan (alat tembak) lem seperti di gambar di bawah ini. Saya sendiri membelinya di toko buku Intermedi*. Harganya tidak sampai 50k. Di beberapa toko craft juga tersedia. DI Man’s playground aka AceH*rdware juga tersedia dalam beberapa ukuran. Disesuaikan saja dengan kebutuhan. Lebih bagus jika ada tombol on offnya, agar tidak perlu mencabut steker. Ada pula yang bisa dicharge/ atau menggunakan baterai. Alat yang tidak terkait kabel akan memudahkan pergerakan kamu ketika membuat kerajinan. Karena ga erlu deket-deket sumber listrik, bisa ngerjain craft dimana aja dan juga ga belibet dengan kabelnya, tapi harganya relatif lebih mahal dari yang saya punya ini. Hehehe…

step-2-beri-lem-tembak4 . Tempelkan ujung belakang pulpen (pantat pulpen) dengan bunga.

step-3-tempelkan-pulpen5 . Rapihkan. Buat kelopak bunga bagian bawah menutupi bagian pantat pulpen, buat bunga mekar sealamiah mungkin seolah bunga tersebut memang tumbuh dari pulpen dan pulpen tersebut adalah tangkai bunganya.

step-4-rapikan-bunga6 . Buka isi pulpen. Ikat tali di isi pupen tersebut, sampai terkait.step-5-ikat-tali-pada-isi-pulpen7. Tutup pantat pulpen, sehingga tali terjepit di dalam pulpen.

step-6-tutup-belakang-pulpen8. Matikan area tersebut dengan mengolesi lem tembak secara melingkar agar tutup belakang pulpen tidak dapat dibuka lagi.

step-7-lem-tutup-belakang-pulpen9. Lilit tali ke atas, menutupi bagian-bagian yang kena lem tadi sampai pangkal bunga, kemudian lilit turun ke arah ujung pulpen. Hati-hati ketika melilitkan tali pada bagian yang masih terdapat lelehan lem. Jangan dbiarkan terlalu lama juga karena lem mudah mengering.

step-8-lilit-tali10. Sesekali diberi lem tembak agar tali melekat dengan kuat pada badan pulpen.

step-9-beri-lem-sesekali11. Lilit terus sampai bagian ujung. Di bagian akhir beri lem tembak lagi secara melingkar. Lalu tutup dengan tali. Rapikan.

tutorial-menghias-pulpen12. Gunting jika masih ada tali yang menjuntai dan tidak rapi.

step-11-potong-tali-dan-rapikan13. Kira-kira hasil akhirnya akan seperti ini… Cantik ya?

step-12-pensil-centil-siap14. Pulpen centil siap digunakan untuk pulpen penerima tamu kondangan, di resepsionis, atau buat cakep-cakep di meja kerja kita… Suka suka kitaaaa :)

tutorial-menghias-pulpenSegitu aja si tutorialnya, sebenarnya stepnya cuma lem lem lalu gulung gulung. Cuma kalo ditulis per step printilannya jadi banyak juga ya… Kalau mau lebih gampang bisa cek juga video di youtube aku sbb. Semoga bermanfaat yaaaa… Buat yang mau bikin, atau uda bikin feel free komen pamerin hasil bikinannya atuh… :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Hamu dan Biji Bunga Matahari, Literasi Keuangan Anak

Review ASI Booster di Alfamart / Indomaret yang Enak Banget

Storytel, Aplikasi Audiobook Bikin Baca Buku Lebih Mudah Lebih Murah